-->

Sponsor

Postingan Artikel

Home » , » Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini - Artikel ini Lanjutan dari Perkembangan Bahasa Anak.

Silahkan Baca Dulu : Perkembangan Bahasa Anak Di Sini 

Pada artikel ini akan membahas tentang Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini yang perlu kita perhatikan, dimana metode ini menurut saya sangat penting untuk kita pelajari dalam mendidik di Satuan Pendidikan (SP) masing-masing.

Metoda Pengembangan bahasa Anak Usia Dini

Metoda yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini.

1. Metoda Bercerita

a. Pengertian
Metoda bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi Anak Usia Dini dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan. Cerita yang dibawakan guru harus menarik dan mengundang perhatian anak.
Penggunaan bercerita sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk Anak Usia Dini, haruslah memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Isi cerita harus terkait dengan dunia kehidupan anak, sehingga anak memahami isi cerita tersebut
  2. Kegiatan bercerita diusahakan dapat memberikan perasaan gembira.lucu dan mengasyikan sesuai dengan kehidupan anak yang penuh suka cita.
  3. Kegiatan bercerita diusahakan menjadi pengalaman yang bersifat unik dan menarik bagi anak.
Untuk dapat bercerita dengan baik, pendidik harus memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Menguasai isi cerita secara tuntas
  2. Memiliki ketrampilan bercerita
  3. Berlatih dalam irama dan modulasi suara secara terus-menerus
  4. Menggunakan perlengkapan yang menarik perhatian anak
  5. Menciptakan situasi emosional sesuai dengan tuntutan cerita.
Teknik-teknik yang bisa digunakan guru dalam membacakan cerita:
  1. Membaca langsung dari buku cerita
  2. Bercerita dengan menggunakan ilustrasi gambar dari buku
  3. Menceritakan dongeng
  4. Bercerita dengan papan flannel
  5. Bercerita dengan menggunakan media boneka
  6. Dramatisasi suatu cerita
  7. Bercerita sambil memainkan jari-jari tangan
b. Manfaat bercerita bagi anak:
  1. Bagi Anak Usia Dini mendenganrkan cerita yang menarik yang dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengaksyikan.
  2. Guru dapat menanmkan kegiatan bercerita untuk menanamkan kejujuran, keberanian,kesetiaan, keramahan,ketulusan,dan sikap-sikap positif yang lain daalm kehidupan lingkungan keluarga, sekolah dan luar sekolah.
  3. Memberikan sejumlah pengetahuan sosial, nilai-nilai moral dan keagamaan.
  4. Memberikan pengalaman untuk belajar dan berlatih mendengarkan
  5. Memungkinkan anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, efektif maupun psikomotorik.
  6. Memungkinkan dimensi perasaan anak.
  7. Memberika informasi tentang kehidupan sosial anak dengan orang-orang yang ada di sekitarnya dengan bermacam pekerjaan.
  8. Membantu anak membangun bermacam peran yang mungkin dipilih anak, dan bermacam layanan jasa yang ingin disumbangkan anak kepada masyarakat.
  9. Tujuan Kegiatan Bercerita bagi Anak Usia Dini :
  • Menanamkan pesan-pesan atau nila-nilai sosial, moral dan agama yang terkandung dalam sebuah cerita.
  • Guru memberikan informasi tentang lingkungan fisik dan lingkungan sosial yang perlu diketahui oleh anak.
d. Tema Kegiatan bercerita bagi Anak Usia Dini
Tema yang dipilih sebagai materi sangatlah banyak dan beragam, diantaranya adalah tema-tema yang berkaitan dengan kehidupan anak sehari-hari.

e. Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Bercerita:
  1. Menetapkan tujuan dan tema cerita
  2. Menetapkan bentuk bercerita yang dipilih
  3. Menetapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan bercerita
  4. Menetapkan langkah-langkah kegiatan bercerita

2. Metoda Bercakap-cakap

a. Pengertian Metoda
Metoda bercakap-cakap merupakan suatu penyampaian pengembangan yang dilaksanakan melalui bercakap-cakap antara guru dengan anak.
Tujuan meroda bercakap-cakap menurut Moeslihatun (1999) adalah:
  1. Mengmbangkan kecakapan dan keberanian anak dalam menyampaikan pendapat kepada siapapun.
  2. Memberi kesempatan pada anak untuk berekspresi secara lisan
  3. Memperbaiki lafal dan ucapan anak
  4. Mengembangka intelegensi anak
  5. Menambah perbendaharaan kosa kata
  6. Melatih daya tangkap
  7. Melatih daya fikir dan fantasi anak
  8. Menambah pengetahuan dan pengalaman anak
  9. Memberikan kesenangan pada anak
  10. Merangsang anak untuk belajar membaca dan menulis
b. Bentuk metoda bercakap-cakap
  1. Bercakap-cakap bebas
  2. Bercakap-cakap menurut pokok bahasan
  3. Bercakap-cakap dengan menggunakan gambar seri

3. Metoda Tanya Jawab

Metoda tanya jawab biasanya dapat digunakan dengan metoda lain yang disebut metoda bantu.Menurut Depdikbud (1998) adalah suatu metoda dalam pengembangan bahasa yang dapat memberi rangsangan agar anak aktif untuk berfikir, melalui pertanyaan-pertanyan guru, anak akan berusaha memahaminya dan menenukan jawabannya.

4. Metoda Bermain Peran

Metoda bermain peran merupakan salah satu metoda yang dapat digunakan dalam mengmbangkan kemampuan bahasa dimana diupayakan untuk membantu anak dalam menemukan makna dari lingkungan yang bermanfaat dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan kelompok sebayanya.

Kesimpulan:
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi, dapat digunakan untuk berfikir, mengekspresikan perasaan dan melalui bahasa dapat menerima pikiran dan perasaan orang lain.

Perkembangan bahasa dimulai sejak bayi dan mengandalkan perannya pada pengalaman, penguasaan dan pertumbuhan bahasa.

Pengembangan kemampuan berbahasa bagi Anak Usia Dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya.

Konteks pengembangan bahasa meliputi: mendengarkan , berbicara, membaca, dan menulis dini. Dalam mengembangkan kemampuan bahas anak, guru/tutor dapat memilih strategi dan metoda secara bervariasi. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa adalah kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan mendengarkan, berbicara dam menulis. Metoda bercerita merupakan salah satu metoda yang banyak dipergunakan untuk Anak Usia Dini.Cerita yang dibawakan guru harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidaj lepas dari tujuan pendidikan bagi Anak Usia Dini.


Demikian Artikel Tentang Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Metoda Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment