-->

Download Juknis Apresiasi Bunda PAUD 2015

Download Juknis Apresiasi Gugus PAUD 2015

Peran serta Bunda PAUD dalam mengembangkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayahnya masing-masing adalah tugas mulia karena anak-anak dipersiapkan untuk menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter pada tahun 2045. Bunda PAUD diharapkan dapat mendukung ketersediaan layanan PAUD, ketersediaan sarana prasarana, pendidik, maupun peserta didik. Bunda PAUD merupakan figur dan tokoh sentral di daerahnya yang diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan pergerakan pelaksanaan PAUD kecamatan, kelurahan dan nagari.

Meningkatnya akses dan mutu layanan PAUD semata-mata bukan hanya ditentukan oleh Pemerintah, akan tetapi peran aktif Bunda PAUD di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sampai kecamatan dalam mendukung dan membangun kepedulian masyarakat terhadap PAUD.

Untuk memberikan motivasi kepada Bunda PAUD dalam mendukung program PAUD, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal mengadakan Apresiasi.

Pengelolaan Data Master Sekolah PAUD 2015

Salam sahabat edukasi, kali ini saya akan membagikan informasi tentang Pengelolaan Data Master Sekolah PAUD 2015, sebenarnya sama saja seperti Pengelolaan Data Master Tingkat Dikdas dan Dikmen tidak ada perbedaan sama sekali.

Info tersebut sebenarnya memberikan pencerahan kepada kita sebagai Pengelola Data Satuan Pendidikan Non Formal yaitu satuan Pendidikan Anak Usia Dini, pemerintah sudah mulai meliriknya dan tidak meutup kemungkinan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) Dikdas dan Dikmen  akan diterbitkan dari Pendidikan Anak Usia Dini sehingga Tingkat Dikdas dan Dikemn tidak usah mengajukan NISN baru lagi, bahkan kemungkinan Pendidikan Anak Usia Dini kedepannya akan di wajibkan setelah melihat perkembangan Pengelolaan Data Referensi Kemendikbud, untuk itu marilah kita melakukan Update Data Master Sekolah PAUD kita, dengan demikian saya memberikan Referensi Tatacara Pengelolaan Data Master Sekolah PAUD 2015, silahkan simak langkah demi langkah di bawah ini :

1. Persiapan
Siapkan Camera dengan fitur GPS atau Handphone dengan camera berfitur GPS. Disini kami praktikan dengan Handphone dengan camera berfitur GPS.

Jadi nanti selain update Citra(foto), dengan Handphone dengan camera berfitur GPS kita langsung mendapat titik koordinat dan di referensi akan langsung update secara otomatis untuk Spasial(membaca koordinat yang ada di foto tersebut), jadi tidak perlu update Spasial secara manual;

2. Setting Handphone 
Masing-masing merk handphone kami rasa tidak jauh berbeda settingnya, bisa juga buka website resmi dari merk handphone Anda untuk mengetahui informasi dari handphone masing-masing;

Kami contohkan salah satu handphone android di bawah ini, internet tidak harus on, yang penting provider yang dipakai dapat signal dan disetting sebagai Data Service Network (bukan voice call).

Masuk ke Quick setting atau ke menu Settinguntuk mengaktifkan GPS (kotak merah) :

Gambar 1 Langkah Ke 1
Gambar Langkah Ke 2
3. Setting Camera dan hasil foto :
a. Gambar 1 : cek pada menu location service;
b. Gambar 2 : pilih resolusi terkecil dengan tujuan file size kecil dan ringan diupload;
c. Gambar 3 : contoh hasil fotonya, koordinat terbaca;
d. Gambar 4 : file size di bawah 1MB, jadi tidak perlu resize lagi untuk mendapatkan size kecil.


Gambar 1 dan 2
Gamabr 3 dan 4
4. Pengelolaan Data Master Sekolah
Silahkan login dengan akun SDM masing-masing ke http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/. Jika belum mempunyai akun SDM silahkan registrasi terlebih dahulu di link berikut (max 1x24 Jam sudah diapprove) http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/UPTDBaru dengan melampirkan Surat Tugas dari Kepala UPTD masing-masing yang sudah ditandatangani dan stempel, format pdf dan size max 2MB.

Gambar Statistik 
Pilih salah satu Satuan Pendidikan yang akan diedit, klik pada menu Edit; Jika ada Satuan Pendidikan yang belum tercantum, silahkan koordinasi dengan KK DATADIK Dinas Kab/Kota setempat, agar diajukan pengaktifan melalui akun vervalSP Dinas dan menunggu approval dari Admin PDSP-K.

Gambar Memilih Satuan Pendidikan
Langsung ke bagian Foto dan klik menu Edit ;
Gambar : Edit Gambar
Klik menu Browse untuk mencari foto yang sudah disimpan di PC Dekstop atau Notebook masing-masing > klik Jenis Foto > terakhir klik menu Simpan. Proses upload foto dilakukan satu per satu;


Gambar : Proses Upload

Berikut report jika foto sukses upload, dan menunggu konfirmasi dari Admin Pusat (PDSP-K) ;
Gambar : Report Foto Sukse

Demikian Tutorial Cara Pengelolaan Data Master Sekolah PAUD 2015, Mudah-mudahn bisa dipahami dan dilaksanakan dengan baik. Amin... Jika ada pertanyaan silahkan masukan komentarnya di kolom komentar yang sudah disediakan. Terimakasih