-->

Data Pokok Pendidikan Diharapkan Dapat Dijadikan Dasar Pengambilan Kebijakan

Peserta Training of Trainer Regional Bandung
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan membagi informasi penting yang saya dapat dari Website Resmi http://www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/7359.html yang berisi sebagai berikut :

BANDUNG, PAUD dan Dikmas. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) merampungkan rangkaian Training of Trainer data pokok pendidikan (Dapodik) kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi. Para operator DAPODIK dari masing-masih Dinas ini diharapkan dapat menjadi pelatih operator pendataan di tiap-tiap lembaga. Sebelumnya kegiatan Training of Trainer sudah dilaksanakan di Medan, Surabaya, Makassar dan Bandung. 

 "Kedepannya Dapodik lembaga PAUD dan pendidikan masyarakat diharapkan dapat sepenuhnya dijadikan dasar pengambilan kebijakan perencanaan dan penganggaran kegiatan dan program, sehingga program pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar dilakukan tepat sasaran" ujar Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran, I Gede Panca pada pembukaan kegiatan Pendataan PAUD Terintegrasi Dapodik, di Bandung (9/9). Kegiatan tersebut diselenggarakan di kantor PP-PAUDNI Regional I Jayagiri hingga 9 September 2015.

Panca menuturkan,  data merupakan elemen yang sangat penting dalam kegiatan perencanaan dan penganggaran program pendidikan sehingga petugas pendataan juga perlu mendapatkan apresiasi, pungkasnya.

(Tim ICT)

Cerita Singkat Menemukan Kode Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Salam Sejahtera – dengan adanya intruksi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini bahwa setiap Satuan Pendidikan PAUD agar menggunakan Aplikasi Dapopaudni atau Dapodik PAUD-Dikmas yang telah disediakan atau di publikasikan secara umum di http://www.paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ .

Baca Juga : Cara Cek Hasil Sinkronisasi DAPODIK PAUD-DIKMAS

Pada kesempatan ini saya akan meberikan sebuah artikel tentang Cerita Singkat Menemukan Kode Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS. ketika saya masih dalam kebingungan akankah lembaga PAUD saya memiliki Aplikasi Dapopaudni,…?. Pada saat itulah saya browsing sana sini apa sih persyaratakan mendapatkan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS …? Bahkan saya langsung mencari website resmi tentang ke PAUD an, disanalah saya menemukan jawabannya. Aplikasi Dapododik PAUD-DIKMSA bisa kita download secara mandiri dan dapat kita install pada PC kita sendiri, Aplikasi pun sudah terinstal dengan sempurana, langkah selanjutnya langsung saya registrasi, ternyata Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS harus mempunyai KOREG yang sering sisebut Kode Registrasi Oleh para OPS baik OPS Dikdas maupun OPS Dikmen.
Dengan begitu terharunya Apakah PAUD saya sudah mendapatkan Kode Registrasi ….?? pada saat itulah saya membuka website Resmi lagi tentang Pendidikan Anak Usia Dini di alamat http://www.paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ (waktu itu), kemudian saya klik tab Dapodik Dikmas, disanalah saya menemukan Group FB Admin Dapodik PAUD DIKMAS, tidak lama kemudian saya disetujui menjadi Angota grup.

Setelah saya disetujui menjadi Group Dapodik PAUD-DIKMAS, disanalah saya mengajukan pertanyaan-pertanyaan sambil membaca-baca Postingan Teman-teman, kemudian saya mengajukan pertanyaan Apa saja persyaratan mendapatkan Kode Registrasi untuk mendaptarkan Lembaga Paud saya.
Tidak lama kemudian banyak teman-teman yang menanyakan hal tersebut, dan saya terus memantaunya, pertanyaan saya pun terjawab walapun peratanyaan saya belum sempat saya publikasikan.

Persyaratan mendapatkan Kode Registrasi PAUD adalah Cuma ada beberapa persyaratan yang harus kita lengkapi, peratama Lemabaga yang kita kelola harus sudah memiliki NPSN, dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan Anak Usia dini dan di Referenis Kemdikbud. Pada saat itulah saya langsung cek Lembaga saya Karena lemabaga saya sudah memiliki perijinan dari Dinas Pendidikan itu juga salah satu mendapatkan NPSN.
Pada saat itu KOREG belum saya dapatkan, dengan demikian saya tanyakan langsung kepada Admin dalam Group Dapodik PAUD-DIKMAS, dengan mengajukan pertanyaan, Kemanakah saya mencari Kode Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS, Admin pun menjawab (tidak bisa saya sebutkan namanya). Beliau menyarankan agar langsung menanyakannya ke Dinas Pendidikan Setempat kemungkinan Kode Reistrasi sudah ada di Dinas Pendidikan Setempat.

Selang waktu satu minggu saya pun meluncur, kebetulan saya mengurus E-PUPNS yang harus disetorkan ke dinas pendidikan. Disanalah saya menemukan Kode Registrasi Lembaga saya.
Cukup sekian Cerita Singkat tentang Menemukan Kode Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS, dengan tatanan bahasa yang kurang baik, tapi apalah yang penting Artiekel bermanfaat, dan Artikel ini akan saya lanjutkan/Update dikemudian hari. 

Bagi sahabat yang mempunyai pengalaman-pengalaman yang unik silahkan kirimkan artikelnya di Blog ini dan artikel tersebut akan saya postingkan disini apabila artikel tersebut sudah layak dipublikasikan.
Salam Satu Data Satu Tujuan.

Tata Cara Pembuatan Rombel (Rombongan Belajar) pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Salam Sejahtera - Semoga malam ini kita diberi kesehatan walafiat, sebelum Tutorial Resmi tentang Pendataan PAUD melalui Aplikasi Dapopaudni atau Dapodik PAUD-DIKMAS di luncurkan maka saya berkeinginan memberikan Tutorial Penggunaan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Ingat ini cuma sekedar....!! dan mudah-mudahan bisa membantu para sahabat OPS Dapodik PAUD-DIKMAS.
Pada kesempatan ini saya memberikan judul pada artikel malam ini tentang  Tata Cara Pembuatan Rombel (Rombongan Belajar) pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS untuk langkah-langkahnya silahkan Ikuti Pengalaman saya di bawah ini :

Pertama :
Yang Jelas Sobat Login dulu yeh.....!! jika sudah login dengan Aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas sobat, silahkan Klik Tab Menu "Rombongan Belajara" jika sobat masih bingung silahkan sobat lihat pada Gambar di bawah ini :
Gambar : Pertama
Kedua :
Nanti akan muncul seperti gambar di Bawah ini :
Gambar : Kedua
Langkah selanjutnya, silahkan sobat Edit/Isi Layanan sesuai keadaan sekolah sobat diisi oleh Kelompok A/B bahkan masih banyak pilihan "Pokonya sesuaikan dengan Sekolah sobat".
Jangan Lupa Isi "Kurikulum" ---> Sesuaikan dengan Keadaan Sekolah sobat. Isi juga Nama "Rombel" ---> Sesuaikan dengan keadaan sebenarnya. Isi Juga Wali/Guru Kelas. Jangan Lupa isi prasarana. (siswa tersebut belajarnya dimana), ruangkelaskah, apa ruang lainnya. 

Cukup sekian dan terimakasih mudah-mudahan Tutorial Tata Cara Pembuatan Rombel (Rombongan Belajar) pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, ini bermanfaat dan mudah di pahami. Terimakasih 
Jika ada pertanyaan langsung saja masukkan pada kolom komentar di bawah yang sudah disediakan, ingat admin lebih merespon/menjawab dikotak komentar fb.

Tata Cara Generate Prefill Dapodik PAUD-DIKMAS 2015

Salam Sejahtera - Kadang kita disuguhkan dengan permasalahan-permasalahan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, permasalahan tersebut jangan dijadikan dasar untuk tidak Update Data PAUD kita sendiri, ada masalah pasti ada penyelesaiannya.
Sehubungan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS masih baru meluncur bahkan di Group Sosial media banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum sempat Admin Dapodik PAUD-DIKMAS Balas/jawab, sehingga dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka saya buat jawabannya di Web ini, walapun saya tidak ada kewajiban untuk menjawabnya, tapi biarlah ga apa-apa ... yang penting saya bisa membantu mereka yang sangat membutuhkan jawaban tentang Bagaimana Cara Generate Prefill Dapodik PAUD-DIKMAS 2015. untuk itu silahkan sobat ikuti langkah-langkah saya di bawah ini :

Pertama :
Silahkan sobat masuk pada Web resminya disini : KLIK DISINI, nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini :
Gambar : Beranda 
Kedua :
Silahkan sobat Klik Manajemen Prefill & Data ---> Klik Unduh Prefill, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Ketiga :
Silahkan sobat masukkan KODE REGISTRASI -nya. ---> Klik OK Jika sudah di Masukkan tampilannya seperti gambar di bawah ini :
 

Keempat :
Langkah terakhir silahkan sobat unduh dan simpan prefill yang sudah sobat generate tadi, dan silahkan mulai memasukkannya pada aplikasi sobat.

Jika Link Generate Tidak bisa dibuka, Jangan Lupa Baca : Server Manajemen PAUD Beralih Ke Alamat manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Jika sinkronisasi berhasil/selesai 100 % pada progres pengiriman kemungiknan data sobat sama dengan Data yang disinkronkan sebelumnya.
Mudah-mudahan artikel Tata Generate Prefill Dapodik PAUD-DIKMAS 2015 ini bermanfaat dan mudah dipahami. Terimakasih

Salam Satu Data Satu Tujuan

Ayo ...!! Daftarkan Operator Sekolah PAUD Di Verval SDM PDSP Tahun Ajaran 2015 - 2016

Salam Sejahtera - Dalam rangka pendataan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ke depannya, setiap PAUD dimungkinkan akan ada 1 (satu) petugas khusus pendataan online pada jenjang PAUD yakni Operator Sekolah PAUD.

Baca Juga : Tata Cara Generate Prefill Dapodik PAUD-DIKMAS 2015

Berikut cara untuk daftar / registrasi operator sekolah PAUD di SDM PDSP, selengkapnya sebagai berikut :

1.   Kunjungi links http://sdm.data.kemdikbud.go.id 
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
2.   Klik pada Tab “Registrasi Anggota”. Kemudian pilih “Operator Sekolah”.
Klik Operator Sekolah
4. Setelah itu upload scan file dari SK Penugasan sebagai Operator PAUD Anda pada File dalam format PDF dengan ukuran Max. 2Mb (Ditandatangani Kepsek dan Cap). 
5.   Kemudian klik “Registrasi

Cek Status Pendaftaran

Setelah registrasi berhasil, silahkan cek proses registrasi Anda pada status pendaftaran. Terimakasih

Baca Juga : Data Pokok Pendidikan Diharapkan Dapat Dijadikan Dasar Pengambilan Kebijakan

Untuk Contoh SK Operator Dapodik PAUD-Dikmas Ada DI SINI .....

Tata Cara Pengisian Data Pelengkap Prasarana/Sarana pada Aplikasi Dapodik PADU-DIKMAS

Salam Sejahtera - Mudah-mudahan malam ini adalah malam yang terbaik bagi kita, seiring dengan berjalannya pendataan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, maka dari itu kita sebagai Operator Sekolah PAUD harus pro aktif di bidang ICT, agar permasalahan atau ke tidak taukan kita menjadi pembelajaran yang berharga. 

Dalam artikel sebelumnya saya telah memberikan Tutorial Cara Pengisian Sarana Prasarana Pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS dengang menggunakan Aplikasi Versi 1.1.2. 

Di dalam Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS kita wajib mengisi bagian Menu Sarpras (Sarana Prasarana) yang kita miliki sesuai dengan Kondisi yang ada di Lembaga Kita masing-masing. Bagi sobat yang masih bingung untuk pengisiannya silahkan ikuti langkahnya di bawah ini :

Baca Juga : Ayo ...!! Daftarkan Operator Sekolah PAUD Di Verval SDM PDSP Tahun Ajaran 2015 - 2016

Pertama :
Silahkan Login pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS ---> Klik Jenis Prasarana yang mau kita isi Data Pelengkap Yaitu Sarana atau Buku dan Alat. Kemudian Klik Tambah yang ada di bawah. Lihat Gambar di bawah ini :
Gambar : Langkah Ke-1
Gambar : 2
Kedua :
Jika sudah beres dalam Pembuatan Pelengkap Sarana maupun Buku dan Alat Jangan lupa "Lengkapi Data Priodik (Ganjil .... / ...... ). Untuk lebih jelasnya silahkan Lihat Gambar di Bawah ini :
Gambar : Langkah Ke - 2
Jika sudah diklik "Lengkapi Data Priodik ...." akan muncul menu baru silahkan isi Jumlah sarana yang dipilih sesuai Prasarana. setelah itu Klik  "SAVE AND CLOSE". Lihat Gambar di bawah ini :
Gambar : Langkah ke - 3
Untuk Lebih Jelasnya silahkan Lihat Videonya di Bawah ini :

Baca Juga : Tata Cara Pembuatan Rombel (Rombongan Belajar) pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Cukup sekian dan terimakasih Tutorial Tata Cara Pengisian Data Pelengkap Prasarana/Sarana pada Aplikasi Dapodik PADU-DIKMAS  yang bisa saya buat, mudah-mudahan bermanfaat. Amin

Silahkan Baca Artikel Selanjutnya Tentang Tata Cara Pengisian PTK pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS DISINI ....

Cara Pengisian Sara Prasarana pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Salam Sejahtera - Mudah-mudahan malam ini adalah malam yang terbaik bagi kita, seiring dengan berjalannya pendataan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, maka dari itu kita sebagai Operator Sekolah PAUD harus pro aktif di bidang ICT, agar permasalahan atau ke tidak taukan kita menjadi pembelajaran yang berharga. 

Dalam artikel sebelumnya saya telah memberikan Tutorial Tata Cara Pengisian Lembaga pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS dengang menggunakan Aplikasi Versi 1.1.2. 

Di dalam Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS kita wajib mengisi bagian Menu Sarpras (Sarana Prasarana) yang kita miliki sesuai dengan Kondisi yang ada di Lembaga Kita masing-masing. Bagi sobat yang masih bingung untuk pengisiannya silahkan ikuti langkahnya di bawah ini :

Pertama :
Silahkan Login pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS ---> Klik Tab Sarpras. Kemudian Klik Tambah yang ada di pojok atas. Lihat Gambar di bawah ini :
Gambar : Pertama kali memilih menu "Sarpras"
Selanjutnya silahkan isi data-data yang ditanyakan, seperti Ruang Teori/Kelas, dan jika ingin menambahkan Jenis Sarpras lagi silahkan klik "TAMBAH" lagi dan seterusnya. Ingat sesuaikan dengan keadaan sebenarnya, tidak ada rekayasa Data.

Kedua :
Jika sudah beres pembutan Prasarana, silahkan lakukan Pengisian Input Kondisi Prasarana yang dibuat tadi. lebih jelasnya lihat Gambar di bawah ini :
Gambar 1
Gambar 2
Ketiga :
Jika sudah beres pengisian. Jangan Lupa Simpan and Close. Jika sudah beres penginputan Kondisi langkah selanjutnya, kita akan mengisi Data Pelengkap Per Jenis Prasarana/Sarana.


Demikian tutorila ini tentang Cara Pengisian Sara Prasarana pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS yang bisa saya bagikan mudah-mudahan mudah dipahami dan dimengerti. Terimakasih

Tata Cara Pengisian "Data Lembag" Pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Assalamau'alaikum Wr. Wb... Salam sejahtera - Postingan Kali ini saya akan memberikan Tutorial Tata Cara Pengisian Lembaga Pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS. Langsung saja deh Kagag Panjang Lebar... saya tidak ahli dalam bidang Bahasa.... Hehe....

Peratama :
Silahkan Login pada Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS sobat.... (Wajib Hukumnya). 

Kedua :
Silahkan Masuk/Klik Menu Tab yang ada pada Aplikasi sobat. Lihat Gambar di Bawah ini :
Tampilan Menu Lembaga
Silahkan isi dengan keadaan sebenarnya, Jika sudah merasa lengkap dan sudah benar pengisian silahkan "SIMPAN" ---->. Lihat Gambar di Bawah ini :
Tampilan "SAVE"
Ketiga :
Kita akan mempersiapkan pengisian Data Pendukung yang ada di Bawah yang kita Isi tadi, silahkan Kumpulkan berkas yang dibutuhkan, seperti : Data Rincian, Data Priodik, Sanitasi, Blockgren, Akreditasi, Layanan, dan Yayasan.

Untuk Tata Cara Pengisiannya sama halnya dengan pengisian Data Lembaga yang sudah saya paparkan di Atas. Jika ada yang ditanyakan silahkan masukkan dalam komnetar yang sudah disediakan, dan bisa langsung Chating langsung dengan saya pada menu blog ini di menu Chataing.

Untuk Lebih Jelasnya Lihat Videonya di Bawah ini : KLIK PLAY


(Jangan Lupa Komentarnya sobat, agar blog ini selalu eksis)

Tata Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS

Salam Sejahtera - sahabat PAUD Baitul Fiqri, Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya yang saya telah mempublikasikan tentang Tata Cara Instal Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS dan pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial Tentang Tata Cara Registrasi Dapodik PAUD-DIKMAS.

Silahkan Baca Dulu : Tata Cara Registrasi Dapodik PAUD SMTR 2 VERSI 2.0.0

Bagi sahabat yang sudah menginstal Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS dan masih bingung untuk menggunakannya, bahkan Registrasi pun belum di lakukan, alangkah baiknya sobat mengikuti tutorial ini langkah demi langkah. 

Pertama :
Silahkan sobat buka aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS yang telah terpasang di PC sobat, nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini, silahkan Klik Registrasi, untuk lebih Jelasnya silahkan Lihat Tampilan seperti Gambar di Bawah ini :
Gambar : Langkah Pertama untuk Registrasi
Kedua :
Next ----> Nanti akan muncul Tab Isian Registrasi yang terlihat pada Gambar di Bawah ini :
Gambar : Langkah Kedua
Ketiga :
Silahkan Isi 1. Nama Lengkap Operator 2. User Name (Email Aktif) 3. Paswor (Pasword ini untuk Login nanti), 4. Silahkan Ulangi Pasword Tadi, 5. Nomor Telepone, 6. Masukan Kode Registrasi yang telah diberikan Oleh Dinas Pendidikan/UPTD/PLS/Korcam (Ingat Kode Registrasi bersifat Rahasia), 7. Klik Buka File Prefil yang sudah di Download Sebelumnya. Untuk lebih Jelasnya silahkan Lihat Gambar di Bawah ini :
Gambar : Pengambilan File Prefill
Jika sudah memasukkan file Prefill selanjutnya silahkan Klik Kirim (Update : Ingat sewaktu kita registrasi Disarankan Terhubung dengan Koneksi Jaringan Internet supaya Bisa Masuk/Login di Manajemen Pengguna).

Silahkan Tunggu Proses Pengambilan Data Sekolah sampai selesai, Seperti Gambar di Bawah ini :

Gambar : Pengambilan Data Prefill Lembaga
Gambar : Proses Pengambilan Data Prefill 100% Sukses
Next ----> Klik OK ... Selanjutnya Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS akan mereload dan Akan tampil ke Semula silahkan Lakukan Pilih Tahun Pelajaran dan Login Menggunakan Emai dan Pasword yang tadi didaftarkan.

Gambar : Login Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS
Gambar : Tampilan Pertama


Cukup sekian Tutorial tentang Tata Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS yang bisa saya bigikan, mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat dan mudah dipahami, jika ada pertanyaan silahkan masukan dalam Kotal Komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

Tata Cara Instal Dapodik PAUD-DIKMAS

Salam sejahtera - pada artikel sebelumnya kita telah mempublikasikan tentang Download Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, bagi sahabat saya yang masih bingung tentang Tata Cara instalnya silahkan ikuti langkah demi langkahnya di Bawah in,

Sebelum sobat menginstal Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS alangkah baiknya sobat menyiapkan perangkat/aplikasi yang harus di sediakan, adapun yang wajib sobat punya sebelum menginstal adalah sebagai berikut :
1. Sudah Pasti Sobat Mempunyai komputer/leptop yang standar
2. Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS yang sudah sobat download. Bagi sobat yang belum mendownloadnya silahkan Download DISINI ....
3. Kode Registrasi (yang didapat dari Dinas Pendidikan/UPTD/Pengawas/Penilik/Korcam)
4. Prefill yang sudah Di Download dengan menggunakan Kode Registrasi.

Jika sudah lengakap persyaratannya, kita sudah bisa langsung menginstal Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS di PC kita.

Langkah Pertama :
Buka Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS yang sudah Sobat Download Tadi. (Klik Dua kali Aplikasi exe. nya atau Klik Mouse kanan lalu  Klik Run as administator. Lebih Jelasnya silahkan lihat Gambar di Bawah ini :
Langkah Pertama
Langkah Kedua
Jika sudah melakukan langkah pertama, nanti akan muncul Tab baru yang isinya akan memberikan intruksi Jika ingin menginstalnya Klik "Ya" selah itu akan muncul Tahap Pertama penginstalan, seperti Gambar di bawah ini :

Langkah Kedua
Klik Lanjutkan  ---> Setelah itu Muncul Dialog Baru, silahkan Centang Bagian "saya setuju" lihat Gambar di Bawah ini :
Langkah Ketiga
Langkah Keempat
Langkah Ke Lima
Langkah Ke Enam
Langkah Ke Lima
Langkah Keenam --> Jika muncul seperti Gambar di atas Klik

Langkah Ketujuah --> Klik Selesai

Cukup sekian Tutorial Tata Cara Instal Dapodik PAUD-DIKMAS saya Bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat dan mudah dipahami. Jika sobat masih bingung silahkan Bertanya langsung di sini dengan memasukan Pertanyaannya pada Kotak Komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

Untuk Langkah Registrasi silahkan Pantau Terus Web www.paudbfqnaskdb.blogspot.com pada PC atau Ponsel sobat.

Salam Satu Data Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.

Pendidik PAUD Tidak Lagi Dibedakan


JAKARTA, PAUD dan DIKMAS. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, menegaskan agar pendidik anak usia dini terus mengembangkan kompetensi kualitas pendidik anak usia dini.
Hal tersebut disampaikan Menteri saat menghadiri acara Gebyar Kreativitas Finger Painting sekaligus memperingati ulang tahun Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Istana Anak-anak TMII, Jakarta Timur, Minggu (30/8). 

”Di keluarga, pendidiknya adalah bapak ibu. Tapi di luar rumah, pendidik mengambil peran tersebut. Pendidik memiliki peran penting dalam menentukan perjalanan masa depan anak. Karena itu, jika sekarang anak-anak mengerjakan finger painting, di setiap diri kita ada finger print (sidik jari) pendidik anak usia dini,” jelas Anies

Dalam kesempatan itu, Anies menegaskan bahwa pendidik bukan hanya untuk pendidikan formal saja, tapi juga mencakup pendidikan anak usia dini. ”Tadi saya sudah bicara pada pak Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, bahwa kita ke depan ingin menyamakan aktivitas yang menyangkut guru. Antara guru SD maupun pendidik usia dini tidak bisa lagi dibedakan,” tegasnya.
”Undang-undangnya mungkin cakupannya terbatas. Kalau kita mengerjakan kurang dari 6 jam, itu salah. Jadi kita bisa mengerjakan lebih dari 6 jam,” tambahnya.

Dalam perjalanan 10 tahun HIMPAUDI, Anies memberikan apresiasi tinggi kepada para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini yang telah bekerja dengan hati nurani serta ikhlas dalam mendidik anak-anak usia dini.

”Mari kita sama-sama jaga stamina fisik, stamina intelektual dan stamina moral. Hari ini, diperjalanan ke depan, HIMPAUDI bukan hanya memberikan finger printing, tapi memiliki finger print yang kuat bagi perjalanan masa depan anak-anak,” pungkasnya. (BGA)

Ayo Baca Informasi "Bantuan Operasional PAUD Akan Dilipatgandakan"

JAKARTA, PAUD dan DIKMAS.Pemerintah akan meningkatkan Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2016. Langkah ini diambil untuk menjamin mutu dan sebagai bagian dari Gerakan Nasional PAUD Berkualitas. 

Pada tahun ini Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat telah menyediakan Bantuan Operasional untuk 74.848 lembaga. "Tahun depan jumlahnya akan ditingkatkan dua kali lipat menjadi sebanyak 158.700 lembaga," ujar Direktur Pembinaan PAUD Ella Yulaelawati, pada acara Gebyar PAUD Provinsi Riau, di Pekanbaru, Minggu (30/8). 

Bantuan tersebut akan diberikan bagi lembaga PAUD yg telah berdiri minimal setahun, dan memenuhi sejumlah persyaratan, antara lain memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak. Bantuan diberikan sebesar Rp 5 juta hingga Rp 7,2 juta pertahun bergantung dari jumlah peserta didik di lembaga PAUD tersebut. 

Bantuan Operasional PAUD dapat digunakan untuk beragam keperluan yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan belajar. 
Antara lain untuk subsidi bantuan keringanan biaya pendaftaran  peserta didik kurang mampu, biaya pembelian buku bacaan, alat permainan edukatif, dan keperluan lain yang terkait dengan pembelajaran. 

"Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat dalam memasukkan anaknya ke lembaga PAUD adalah keterbatasan ekonomi. Bantuan Operasional PAUD kami harap dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala tersebut," ujar Ella. 

Pemberian Bantuan Operasional juga menjadi salah satu strategi dalam membangun lembaga PAUD yang berkualitas. Berdasarkan data Direktorat Pembinaan PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada akhir 2014 jumlah lembaga PAUD di Indonesia telah mencapai lebih dari 188 ribu. "Namun sebagian belum memenuhi standar PAUD dan masih perlu dibenahi kualitasnya," ucap Ella. 

Membangun PAUD yang berkualitas sudah menjadi kebutuhan masyarakat dan komitmen internasional. Kian banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya PAUD berkualitas untuk pengembangan karakter dan masa depan anak. 

Ella mengutip hasil penelitian James Heckmen, peraih nobel ekonomi dari Universitas Chicago, menyebutkan bahwa imbal hasil investasi pada pendidikan usia dini sangat besar dibanding jenjang pendidikan lain. "Heckmen menyebut bahwa investasi sebesar 1 USD pada PAUD yg berkualitas akan memeroleh imbal hasil sebesar 7 USD," kutip Ella.

PAUD berkualitas berarti tersedianya tempat yang aman, sehat dan nyaman bagi tumbuh kembang serta  belajar anak. PAUD berkualitas juga bercirikan memiliki pendidik yang kompeten. "Bila seluruh anak mendapat PAUD yang berkualitas, ini akan menjadi titik awal yang cerah dan modal memasuki jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih gemilang," ucap Ella. 

(Yohan Rubiyantoro/HK)

DOWNLOAD APLIKASI DAN FORMULIR INSTRUMEN DAPODIK PAUD-DIKMAS 2015


Salam Sejahtera - Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi tentang DOWNLOAD APLIKASI DAN FORMULIR INSTRUMEN DAPODIK PAUD-DIKMAS 2015, sebenarnya artikel ini adalah artikel sebelumnya yang sudah saya publikasikan, karena masih banyak dari teman-teman saya sulit untuk menemukan Linknya, maka saya menyempatkan diri untuk memberikan sebuah informasi tersebut.

Bagi sahabat Admin yang setia dan masih bingung untuk menemukan Link-liank Aplikasi Dapodipaudni, Formulir Instrumen Pendataan Dapodikpaudni, dan Pendukungnya, silahkan sobat Download Pada Link yang sudah disediakan.





Demikian informasi tentang DOWNLOAD APLIKASI DAN FORMULIR INSTRUMEN DAPODIK PAUD-DIKMAS 2015 mudah-mudahan Link-link tersebut bermanfaat bagi sahabat semua. 

NB : 
Jika ada salah satu link yang sudah tidak aktif silahkan laporkan kepada saya melalui Kotak Komentar yang sudah di sediakan, sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah berkunjung.

Salam Satu Data Satu Tujuan.....


Download Aplikasi Frontend DAPODIK PAUD-DIKMAS

Salam Sejahtera - Bagaimana kabar sahabat http://paudbfqnaskdb.blogspot.co.id/ mudah-mudahan kita diberikan kesehatan. Malam ini saya akan memberikan informasi tentang Download Aplikasi Frontend DAPODIK PAUD-DIKMAS. Aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas telah meluncur dengan nama Aplikasi Frontend DAPODIK PAUD-DIKMAS sehingga hati saya terketuk untuk memberikan informasi ini. Kemungkinan Aplikasi tersebut masih dalam uji coba, dan saya juga belum mengetahui kegunaannya tetapi setelah saya membaca buku panduan Petunjuk Teknis DAPODK PAUD-DIKMAS sudah jelas Aplikasi tersebut sama halnya dengan Dapodik SD, SMP, SMA, SMK yang sudah digunakan sekarang. 

Untuk itu alangkah baiknya kita semua  berkordinasi langsung dengan Dinas Pendidikan untuk menanyakan Apakah sudah ada perintah untuk menggunakan Aplikasi tersebut Apakah masih menunggu dari PAUDNI Pusat. 


Aplikasi Dapodik Paud-Dikmas - seperti kita ketahui SD dan SMP sudah menggunakan Aplikasi Pendataan Dapodikdas sedangkan untuk SMA dan SMK menggunakan Aplikasi Dapodikmen Nah .....  Bagaimana dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ......?. Ini dia Berita mengenai Road map merupakan pengembangan Sistem Dapodik Tahun 2015-2019 yang bertujuan untuk pendataan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas).

Adapun pengelolaan dapodik paud-dikmas ini adalah Pemanfaatan Infrastruktur Infrastruktur yang meliputi Jaringan, Hardware, Sarana Pendukung, Rincian Tugas Pengelola DAPODIK dan pemanfaatan data dapodik. nah berikut adalah sistem "Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS" yang bisa anda lihat seperti penampakan pada gambar di bawah ini :

Gambaran Aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas
Adapun Aplikasi tersebut meliputi: DAPODIK PAUD, DAPODIK DIKMAS, dan DAPODIK LKP. Berikut ini adalah Jadwal rinci kegiatan pengembangan DAPODIK PAUD-DIKMAS selama periode 2015 - 2019 setiap tahunnya. 

Silahkan Download juga file lengkapnya mengenai Petunjuk Teknisnya "Kegiatan Pengembangan DAPODIK PAUD-DIKMAS" "DOWNLOAD Frontend DAPODIK PAUD-DIKMAS"

Demkian informasi yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada sahabat setia saya, mudah-mudahan kita dilindungi dan dimudahkan segala urusan kita semua oleh Allah swt. Amin

Salam Satu Data Satu Tujuan


Kegiatan Pengembangan Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015


Perancangan Instrumen & Struktur Database PAUD

DAPODIK yang valid dan akurat serta terintegrasi secara Realtime ke DAPODIK melalui Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemendikbud sangat dibutuhkan kementerian. Integrasi data PAUDNI ke DAPODIK dilakukan untuk semua program PAUDNI meliputi program PAUD, DIKMAS, dan LKP, walaupun saat ini masih diprioritaskan untuk program PAUD.

Sebagai tahap awal pelaksanaan pengembangan DAPODIK PAUDDIKMAS tahun 2015, sekaligus untuk mereview formulir/instrument DAPODIK dan pemetaan mutu yang telah disusun pada tahun 2014, perlu disusun dan dirancang formulir / instrumen serta struktur data basenya. Persiapan ini dilakukan melalui kegiatan review pengembangan formulir/instrumen, serta fi nalisasi struktur DAPODIK PAUDNI dengan melibatkan unsur terkait, antara lain Tim DAPODIK Ditjen PAUDNI (Setditjen PAUDNI dan Direktorat terkait, tim DAPODIK PDSP dan Tim Pengembang DAPODIK Kemendikbud).

Gambaran Aplikasi Dapodik PAUDNI
Review formulir/instrumen ini dilakukan untuk merancang dan memfi nalkan formulir/instrumen pendataan program PAUD yang terintegrasi dengan DAPODIK, memfi nalkan struktur database PAUDDIKMAS, menyusun formulir/instrumen LKP dan DIKMAS yang terintegrasi serta melakukan review untuk formulir/instrumen pemetaan mutu PAUDNI yang didasarkan formulir/instrumen tahun 2014. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Januari 2015 dan Februari 2015.

Perancangan struktur database meliputi rancangan, penyesuaian struktur data, pengisian data referensi dan MOCK UP aplikasi DAPODIK. Untuk mempersiapkan pengembangan pendataan Dikmas dan LKP yang terintegrasi dengan DAPODIK juga akan dirancang dan disusun formulir/ instrumen untuk program dikmas meliputi lembaga PKBM, TBM dan RUMPIN serta formulir / instrumen untuk lembaga kursus dan pelatihan.

Pengembangan Apliksi Back-end & Front-end PAUD
1. Aplikasi front-end untuk satuan PAUD-DIKMAS meliputi pengembangan aplikasi DAPODIK PAUD (client/lembaga). Aplikasi back-end meliputi pengembangan migrasi data existing dengan struktur database DAPODIK dan pengembangan aplikasi\ sinkronisasi antara database PAUD-DIKMAS dengan PDSP.
2. Aplikasi Sinkronisasi merupakan aplikasi yang berfungsi melakukan/ pengiriman data dari client ke server DAPODIK. Hal ini meliputi pengembangan siknronisasi di sisi client maupun di sisi server.
3. Aplikasi manajemen DAPODIK merupakan aplikasi yang digunakan oleh Tim DAPODIK PAUD-DIKMAS provinsi, kabupaten/kota dan satuan PAUD-DIKMAS. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor kemajuan/perkembangan pengiriman data dari satuan pendidikan. Selain itu juga menyediakan installer dan updater aplikasi serta berita seputar DAPODIK.
4. Aplikasi Manajemen Helpdesk, merupakan aplikasi yang memberikan layanan konsultasi pengguna DAPODIK untuk operator di tingkat dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota maupun di tingkat satuan pendidikan.

Penyiapan SDM dan Infrastruktur DAPODIK PAUD
Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infastruktur DAPODIK PAUD berupa Tim DAPODIK merupakan salah satu bagian yang penting di dalam pengembangan DAPODIK PAUD-DIKMAS.
Tugas tim DAPODIK antara lain mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan pengelolaan DAPODIK di tingkat provinsi, kabupaten/ kota dan satuan pendidikan. Kegiatan pertama adalah pembentukan tim DAPODIK yang meliputi : (1) Penanggung jawab/koordinator; (2) Tim DAPODIK Pusat yang terdiri dari tim DAPODIK Ditjen PAUDNI; (3) Tim pengembang DAPODIK; (4) Tim help desk (manajemen help desk yang didukung oleh Aplikasi help desk dan panduan sistem aplikasi); (5) Tim DAPODIK provinsi; (6) Tim DAPODIK kabupaten/kota.

Untuk Lebih jelasnya silahkan Download Petunjuk Teknis DAPODIK PAUD-DIKMAS di Bawah ini :