Download Instrumen Akreditasi PAUD (TK, RA, KB, TPA, BA, SPS)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. - Salam sejahtera, pada malam ini saya akan membagikan Instrumen Akreditasi PAUD (TK RA KB TPA BA SPS), mudah-mudahan instrumen ini bermanfaat bagi lembaga PAUD yang membutuhkan.


Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Akreditasi PADU (TK, RA, KB, TPA, BA dan SPS). Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) adalah melaksanakan akreditasi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan satuan beserta program PNF berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan. Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu 1) Standar Kompetensi Lulusan, 2) Standar Isi, 3) Standar Proses, 4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 5) Standar Sarana dan Prasarana, 6) Standar Pengelolaan, 7) Standar Pembiayaan dan 8) Standar Penilaian Pendidikan. Khusus PAUD, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP).
Gambar Ilustrasi : Instrumen Akreditasi PAUD (TK, RA, KB, TPA, BA, SPS)
Instrumen akreditasi digunakan untuk memperoleh data berkaitan dengan 8 (delapan) SNP yang menggambarkan kondisi PAUD secara obyektif. Untuk itu, instrumen ini harus diisi oleh pengelola PAUD atau pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD. Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan harus sesuai dengan prosedur akreditasi PAUD yang telah ditetapkan oleh BAN-PNF.

Petunjuk Umum

  1. Sebelum mengisi instrumen akreditasi ini, Saudara harus membaca dan memahami Pedoman Persyaratan dan Pedoman Pengisian Instrumen Akreditasi PAUD ini terlebih dahulu.
  2. Saudara harus meyiapkan seluruh dokumen pendukung yang diperlukan sebagai kelengkapan jawaban untuk setiap pertanyaan/pernyataan yang diajukan pada setiap butir dalam instrumen akreditasi.

Petunjuk Khusus

1. Instrumen akreditasi PAUD ini terdiri atas 2 bagian, yaitu: 
  • Bagian Pertama adalah pernyataan dan identitas yang memuat : 1) Pernyataan Pimpinan Lembaga, 2) Identitas PAUD & Identitas Pengisi Instrumen, 3) Panduan Penyusunan Dokumen Permohonan dan Daftar Lampiran Akreditasi. 4) Pedoman Persyaratan Akreditasi PAUD, 5) Pedoman Pengisian Instrumen Akreditasi PAUD
  • Bagian Kedua adalah Instrumen Akreditasi PAUD yang berisi butir-butir pertanyaan/ pernyataan yang mencakup 8 (delapan) SNP. Butir-butir pertanyaan/pernyataan tersebut bersifat: 1) terbuka, yaitu pertanyaan/pernyataan yang harus dilengkapi, diisi atau diberi penjelasan lebih rinci oleh asesi dan 2) tertutup, yaitu pertanyaan/pernyataan yang telah disediakan pilihan atau jawaban dan asesi hanya memilih yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
2. Pengisian data untuk pertanyaan/pernyataan terbuka dilakukan dengan menjawab/mengisi data pada tempat jawaban/isian yang tersedia. Apabila tempat isian tersebut tidak mencukupi, maka data dapat dituliskan pada lembar terpisah dengan memberi nomor butir pertanyaan/pernyataan dan halaman instrumennya. Sedangkan untuk pertanyaan/pernyataan tertutup, asesi dapat memberi tanda (√) pilihan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

3. Asesi harus mengisi data secara lengkap dan konsisten untuk pertanyaan/pernyataan yang saling berkaitan satu sama lainnya.

4. Asesi harus melengkapi fotokopi dokumen pendukung secara lengkap dengan informasi terbaru
dan disusun secara sistematis menurut pertanyaan/pernyataan dalam instrumen akreditasi.


Bagi lembaga yang membutuhkan Instrumen Akreditasi PAUD (TK, RA, KB, TPA, BA, SPS) silahkan Download di bawah ini :

Download Instrumen Akreditasi PAUD (TK, RA, KB, TPA, BA, SPS)


Cukup sekian Instrumen Akreditasi PAUD (TK, RA, KB, TPA, BA, SPS) yang bisa saya bagikan kembali, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

1 Response to "Download Instrumen Akreditasi PAUD (TK, RA, KB, TPA, BA, SPS)"

  1. assalamualaikum , ini udah tidak bisa di donload yah instrumen akreditas nya ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel