-->
Home » , » Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi

Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi

Hallo sobat selamat malam, bagaimana Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi ? nah hal ini membuat bingung Operator Sekolah baru, mungkin hal ini sudah tidak biasa lagi bagi OPS lama, ini adalah Warning biasa bukan warning yang mengakibatkan Gagal Sinkron atau tidak bisa sinkron.

Seiring berjalannya pendataan Dapodik PAUD Terbaru 2016 ini banyak perubahan yang harus diperhatikan oleh operator salah satunya adalah "Warning Email Harap Diisi".

Mungkin pada diri sobat bertanya-tanya kenapa Email PTK / Guru Wajib diIsi, pada postingan sebelumnya saya sudah menggambarkan apa manfaat dari email PTK/Guru yang di isikan di Aplikasi Dapodik, dan kenapa harus di isikan oleh PTK/Guru Masing-masing.

Baca Dulu : Informasi Tentang Verval NUPTK di Web GTK

Email yang dimasukan dalam Dapodik kegunaannya adalah untuk kepentingan ketika sudah dimulai Verval PTK oleh PTK masing-masing, kemudian email yang dimasukan dalam dapodik digunakan untuk Login pada Web GTK.Kemdikbud. 

Nah.. artinya setiap PTK/Guru wajib memiliki Email untuk kepentingan yang akan dibutuhkan ketika sudah dimulai verval setiap guru/ptk.

Baca Dulu  : Panduan Cara Verval PTK / Verval NUPTK Tahun 2016

Nah.. Jika sobat sudah memahami maksud dan tujuannya,mungkin bertanya-tanya juga dimana saya untuk mengaktifkan Email tersebut? dan Bagaimana cara memasukkan EMail PTK untuk menghilangkan Warning Email Harap Diisi pada Validasi Dapodik?

Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi


1. Buka Aplikasi Dapodik PAUD

Pertama silahkan sobat buka Aplikasi Dapodik Terbaru 2016 sobat seperti biasanya baik Online atau Ofline tidak ada masalah yang penting Login Ke Aplikasi Dapodik.

Langkah selanjutnya silahkan sobat Klik Tab Validasi yang ada dibagian Beranda Dapodik Anda, dan jika hasilnya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Validasi Data PTK
Nah.. Jika tampilannya seperti di atas, berarti sobat wajib memasaukan email ptk/guru pada data rincian Guru/PTK yang dimaksud.

2. Memasukan Email

Langkah kedua adalah Operator / Guru memasukan Email masing-masing yang belum dimasukkan, jika Guru tersebut belum memili Email silahkan minta bimbingan kepada Operator Sekolah.

Dan Ingat Email yang dimasukan adalah email aktif bukan email asal buat dan tidak mempunyai akses (Email Piktif).

3. Menyimpan Email

Langkah terakhir silahkan sobat simpan perubahan data email ptk tersebut, dan kemudian silahkan lakukan Validasi Kembali.

Jika sudah hilang Warning Email Harap Diisi, silahkan Lakukan Sinkronisai kembali, dan silahkan tunggu Informasi selanjutnya.

Dibawah ini adalah Tutorial Menghilangkan Warning Email Harap Diisi di Aplikasi Dapodik PAUD :

1. Silahkan Tab Buka Bagian Validasi yang berada di sebelah kanan atas, seperti Gamabar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Validasi
2. Kemudian sobat akan menemukan keterangan seperti gambar di bawah, kemudian silahkan sobat perhatikan dan kemudian catat guru /ptk mana saja yang harus yang belum memiliki Email :
Gambar Ilustrasi Keterangan Validasi Data
3. Langkah selanjutkan silahkan sobat buka Tab PTK, kemudian cari nama PTK/Guru yang sudah dicatat sebelumnya, dan silahkan pilih PTK tersebut kemudian Pilih Tab Ubah :
Gambar Ilustrasi Edit Rincian PTK
4. Kemudian sibat akan dibawah ke Data Rincian PTK, silahkan sekrol ke bagian bawah dan silahkan isikan Emailnya :
Gambar Ilustrasi Mengisikan Email
5. Terakhir jangan lupa simpan, dan kemudian silahkan sobat Validasi lagi, dan hasilnya pun tidak akan ada tanda Warning lagi pada PTK yang dimaksud.

Baca Juga : Cara Mengisi Tambah User PTK di Dapodik PAUD Terbaru

Demikian artikel kali ini yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan mulai sekarang jangan bingung lagi Menghilangkan Warning Email Harap Diisi, pada Aplikasi Dapodik PAUD.

Dan silahkan tanyakan di sini mengenai permsalahan Dapodik PAUD-DIKMAS, saya akan membantu para sahabat Operator Dapodik PAUD. Terimakasih

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment