-->
Home » , » Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016

Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016

Hallo Sahabat Blog PAUD, kali ini saya akan memberikan Tips manjur buat sobat-sobat Opertaor Dapodik PAUD, dimana Tips ini tidak diragunkan dalam mengatsi Gagal Isntalasi dan tidak akan menemukan kegaglan dalam Registrasi dan lain sebagainya.

Baca Dulu : Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016

Kenapa saya bilang tidak akan menemukan Gagal Instalasi dan Gagal Registrasi? karena saya yakin ketika ada kegagalan dalam Install Dapodik PAUD 2016, maka bisa disebabkan beberapa kemungkinan :
Gambar Ilustrasi Berfikir Itu Pekerjaan yang Mulia

1. Operator Dapodik PAUD 

Operator Dapodik PAUD adalah User pengguna yang sangat penting kehadirannya dalam pendataan melalui Aplikasi Dapodik, dimana Opertor Dapodik mempunyai peran yang sudah diamanatkan :

Peran Operator Sekolah :
  • Mendistribusikan formulir pendataan kepada Sekolah, PTK, dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk diisikan ke dalam aplikasi.
  • Mengisi aplikasi Dapodik sesuai dengan formulir pendataan yang telah terisi.
  • Mengirim data ke server Pusat melalui Aplikasi Dapodik

Artinya Jika Operator Dapodik sebelum membaca dan memahami sudah melakukan tindakan, dimana hal tersebut tidak disarankan untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang dialamai. 

2. Aplikasi Dapodik Sebelemunya Belum di Unistall

Nah... Poin yang kedua ini adalah Poin yang sangat Fatal dilakukan, ketika Penginstalan Dapodik PAUD Baru Tahun 2016 dan Dapodik sebelumnya tidak dilakaukan Unistall terlebih dahulua, Kenapa Sampai Demikian?

Baca Dulu : Cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD

Mungkin mereka mengaggap Aplikasi Dapodik bisa di pasang walaupun Aplikasi sebelumnya tidak dihapus, karena beberapa alasan Data Takut Hilang, Gimana Kalau Gagal Install Data Otomatis akan Hilang... Padahal Jika dipahami, Data tidak akan hilang apabila sudah melakuna sinkronisasi sebelum batas waktu ditentukan tahun kemarin, dan datapun tersimpan di server pusat.

Jika sobat sudah memahami 2 hal di atas, mari kita langsung ke tofik pembahasan yaitu Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016 :

1. Sebelum Installer

Sebelum menginstall Versi Baru yakni Versi 3.0.0, silahkan lakukan terlebih dahulu uninstalasi/penghapusan Aplikasi DAPODIK versi terdahulu atau sebelumnya  (2.x.x ke bawah).

2. Menonaktifkan Anti Virus Sementa

Beberapa Anti Virus dapat menghambat Instalasi. Oleh karenanya dianjurkan untuk mematikan sementara antivirus yang terinstall di komputer selama proses instalasi berjalan, baik pertama memuka apliksai maupun ketika berjalannya installasi.

3. Gunakan Browser yang di Sarankan

Silahkan sobat Gunakan Browser yang disarankan. Browser yang disarankan dalam menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD 2016 adalah menggunakan Browser Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge tanpa Plugin/Aplikasi tambahan browser.

Plugin adalah sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan browser, yang dapat digabungkan dengan browser menggunakan akses poin dan metode yang disediaka

4. Gunakan Registrasi Online

Poin inilah yang suka saya gunakan ketika melakukan Registrasi Dapodik baik Dapodik PAUD maupun Dapodikdasmen. 

Bagi yang memiliki koneksi internet memadai, disarankan untuk melakukan registrasi online saja dan sobat sudah mengetahuinya bahwa registrasi online "Tidak Perlu Menggunakan File Prefil"

5. Kode Registrasi

Kode Registrasi ini bisa anda dapatkan dari Dinas Pendidikan setempat, dimana  Kode Registrasi ini sangat rahasia, dan perlu sobat ketahui Jangan Peranah Secrean Shot Kode Registrasi Anda ketika mempunyai masalah Dapodik dan di Upload ke Facebook atau media Online sejenisnya.

Baca Juga : Download Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Kode Registrasi yang lama dari Tahun Ajaran/semester sebelumnya masih dapat digunakan, untuk dipakai di Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.

6. Pengguna Baru

Untuk pengguna baru Dapodik PAUD, mungkin butuh proses dalam memahami mulai dari Unduh Aplikasi, Unistall, Installer, dan lain sebagainya sangat disarankan untuk membaca Buku Panduan atau membaca Isi dari Blog Solusi Dapodik ini.

Silahkan Baca : Kategori Dapodik PAUD-DIKMAS

Pengguna Baru (pertama kali menggunakan DAPODIK) silahkan meminta Kode Registrasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.

Demikian Informasi yang bisa kami bagikan Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016, semoga bermanfaat dan bisa membantu sahabat Operator Dapodik di Nusantara ini.

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

4 komentar:

  1. permisi bu..
    punya saya registrasi dapodik versi 3.0.0 kok selalu gagal ya? padahal versi sebelumnya sudah saya uninstall dan sudah saya hapus dari drive C, juga antivirusnya sudah saya nonaktifkan. kira-kira kenapa ya bu? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Tips ini :
      1. Silahkan Update ke Versi Terbaru
      2. Jika masih Gagal Registrasi, silahkan Masuk ke manajemen Dapodik PAUDni, silahkan Login kemudian silahkan Ubah Password,
      3. silahkan Registrasi dan sesuaikan dengan Pasword baru tadi

      Delete
    2. terima kasih bu.. akan saya coba..

      Delete