-->

Sponsor

Postingan Artikel

Download Contoh SK Sekolah Aman untuk Pengisian Dapodik Terbaru

Download Contoh SK Sekolah Aman untuk Pengisian Dapodik Terbaru - Hallo sahabat semuanya, semoga kita diberikan kesehatan wal'afiat, rilisnya Aplikasi Dapodik terbaru yaitu Versi 2016 banyak mengalami perubahan dan pembaharuan yang harus diperhatikan oleh Operator Dapodik.

Baca Juga : Cara Unistall Dapodik yang Benar untuk Menghindari Kegagalan Istaller V.2016
Download Contoh SK Sekolah Aman untuk Pengisian Dapodik Terbaru
Gambar Ilustrasi SK Sekolah Aman
Mungkin sahabat Opertor Dapodik sudah membaca Daftar Perubahan Aplikasi Terbaru yang terdapat di Aplikasi Dapodik, tetapi tidak ada salahnya kami tuliskan kembali daftar perubahan tersbut, berikut adalah Daftar Perubahan Aplikasi Terbaru :

[Pembaruan] Pembaruan tampilan antarmuka pengguna
[Pembaruan] Fungsi ganti gambar profil pengguna
[Pembaruan] Penambahan menu Sekolah Aman pada data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan kolom isian pada sanitasi di data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan kolom Aktifitas Peserta didik pada tabel MOU Kerjasama untuk SMK pada data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan isian nama wajib pajak di form sekolah
[Pembaruan] Menu dropdown di data rinci sekolah
[Pembaruan] Penambahan penilaian komponen pada input kondisi
[Pembaruan] Status tingkat kerusakan
[Pembaruan] Sidebar data periodik sarana, buku dan alat
[Pembaruan] Status kolom "vld"
[Pembaruan] Menu validasi (hanya 1 kali perbaikan)
[Pembaruan] Kolom ID Bank, Rekening Bank, dan Rekening atas nama
[Pembaruan] Kolom nama wajib pajak pada PTK
[Pembaruan] Sidebar daftar tugas tambahan
[Pembaruan] Menu paging pada tabel PTK
[Pembaruan] Penambahan kolom penerima KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nomor KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nama di KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nomor KKS pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom nomor registrasi akta lahir pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom alasan menolak KIP pada Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan kolom NIK ayah, ibu, dan wali pada Peserta Didik
[Pembaruan] Menu paging pada tabel PD
[Pembaruan] Pengelompokan validasi berdasarkan tabel sekolah, sarpras, peserta didik, ptk, rombongan belajar, pembelajaran
[Pembaruan] Penambahan 100 rule validasi pada (to do list)
[Perbaikan] Mengubah pengaturan bahasa tampilan standar menjadi bahasa Indonesia
[Perbaikan] Bug tidak bisa simpan pengguna pada tambah pengguna di menu manajemen pengguna
[Perbaikan] Bug tidak bisa tambah program pengajaran baru untuk SMA
[Perbaikan] Penonaktifan menu tambah/ubah/hapus di tabel akreditasi sekolah dan tabel blockgrant
[Perbaikan] Penyeragaman deteksi kepala sekolah di beranda dan validasi
[Perbaikan] Validasi email dan website pada DuDi
[Perbaikan] Perubahan nama kolom "keterangan" menjadi "spesifikasi"
[Perbaikan] Verifikasi format penulisan NPWP
[Perbaikan] Pengaturan pengisian no SK dan TMT berdasarkan jenis kepegawaian PTK
[Perbaikan] Perubahan nama kolom dari "NIK" menjadi "NIK/No. Passport untuk WNA" pada formulir PTK
[Perbaikan] Penguncian data rw. sertifikasi, inpassing non-PNS pada data rinci PTK
[Perbaikan] Perbaikan nama tab "Buku" menjadi "Buku yang pernah ditulis" pada data rinci PTK
[Perbaikan] Tambah baru PTK pada aplikasi dinonaktifkan
[Perbaikan] Penambahan kolom referensi "kembali bersekolah"
[Perbaikan] Perubahan penamaan kolom dari "Paket Keahlian" menjadi "Program Pengajaran" pada rombongan belajar
[Perbaikan] Informasi jumlah jam per kelompok matpel pada pembelajaran
[Perbaikan] Unduh excel validasi per kelompok validasi

Di atas adalah daftar Perubahan/Perbaikan yang bisa kita pahami, sehingga ketika kita masuk pada Aplikasi jangan kaget. 

Di sini kami tidak akan menjelaskan perbaikan-perbaikan dalam Aplikasi, sobat bisa membacanya lebih rinci pada buku panduan Aplikasi Dapodik Terbaru. Jika belum memilikinya silahkan Download dulu Di Sini .....

Salah satu Perbaikan dalam Aplikasi Dapodik Terbaru adalah terdapat Menu Sekolah Aman pada Bagian Menu Utama Sekolah, sobat disuruh memasukan seperti Satuan Tugas bisa sobat pilih (Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah), Nama Satuan Tugas, Instansi, Tingkat Satuan Tugas, SK Tugas, TMT SK Tugas, TST SK Tugas, dan Lain sebagainya.

Dengan demikian kami akan menyajikan Contoh SK Sekolah Aman yang bisa sobat jadikan sebagai Bahan Referensi dalam membuat SK Sekolah Aman. Jika sobat berminat silahkan Download di bawah ini :

Download Contoh SK Sekolah Aman

Jika sudah sobat Download silahkan masuk ke dalam Aplikasi Dapodik Terbaru, kemudian silahkan isikan data yang dipinta SK Tugas, TMT dan TST SK Tugas yang tertera dalam sk yang dibuat oleh satuan pendidikan masing-masing.

Demikian informasi kali ini yang bisa kami bagikan kembali, semoga bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan SK Sekolah Aman di satuan pendidikan masing-masing, jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih

Cara Unistall Dapodik yang Benar untuk Menghindari Kegagalan Istaller V.2016

Cara Unistall Dapodik yang Benar untuk Menghindari Kegagalan Istaller V.2016 - Kali ini kami akan memberikan tutorial Cara Unistall Aplikasi Dapodik dengan Benar, hal ini sudah biasa kita lakukan, tetapi tidak menutup kemungkin Operator Sekolah akan kebingungan Bagaimana Cara Unistal Dapodik.

Sebelum melakukan Installer Dapodik terbaru tentunya kita wajib menghapus/unistal Aplikasi Dapodik sebelumnya, tetapi cara ini masih saja ada kesalahan yang dilakukan oleh Operator, sehingga Penginstallan pun banyak kesalahan.

Pada Artikel kali ini kami lengkapi dengan Video Tutorial Cara Unistall pada akhir artikel untuk memudahkan para Opertor yang masih bingung dalam memahami Tutorial tertulis. 

Cara Unistall Dapodik yang Benar untuk Menghindari Kegagalan Istaller V.2016


1. Silahkahn sobat buka Control Panel, kemudian silahkan Pilih Unistall a Program, kemudian sobat akan di bawa ke sub Unistall or Change a program. Lebih jelasnya perhatikan Gambar di bawah ini :
Langkah Pertama
Langkah Kedua
 2. Jika Sobat sudah melakukan Unistall Aplikasi, Jangan lupa silahkan periksa bagian Drive C:/ silahkan sobar periksa pastikan tidak ada sampah yang tersisa. Biasanya masih terdapat Folder Dapodikpaudni, Dapodik baik Dapodikdas maupun Dapodikmen. 

Untuk lebih jelasnya kami sajikan sebuah Video Tutorial Cara Unistall Dapodik yang Benar untuk Menghindari Kegagalan Istaller V.2016 yang bisa sobat simak di bawah ini :


Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan bagi Operator Dapodik dalam mengatasi Unistall Dapodik yang benar untuk menghindari kegagalan ketika Penginstallan dimulai.

Jika sudah mengerjakan langkah-langkah Unistall di atas, mari kita simak Video di bawah ini yaitu Bagaimana Cara Install Dapodik terbaru dengan Benar tanpa ada kesalahan sedikitpun.


Mengenal Hewan Untuk Anak PAUD dengan Dedaunan

Hallo sahabat semuanya, selamat malam dan selamat beristirahat kali ini kami akan mengajak sobat Mengenal Hewan Untuk Anak PAUD dengan Dedaunan. Dedaunan ini bisa kita gunakan sebagai metode pembelajaran yang sangat disukai oleh anak kami yakin metode ini sangat efektif.

Jika Metode ini kita gunakan di satuan pendidikan anak usia dini maka metode ini tergolong metode yang sangat kreatif baik guru maupun siswa, bahkan ini unik sekali dan metode ini juga sudah kami gunakan di lembaga PUAD.

Bahan-Bahan yang Harus Disediakan :
1. Silahkan kumpulkan Dedaunan seperti Gambar di Bawah
2. Sediakan Kertas HVS kegunaannya untuk menempelkan Dedauan
3. Spidol
4. Lem (Bebas)

Dari Empat bahan di atas bisa sobat persiapkan untuk memulai mengajak Anak Mengenal Hewan dengan Dedaunan. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan Lihat Gambar-gambar di bawah ini, bahkan jika diperlukan silahkan Save/Simpan/Download Gambar untuk mempermudah dalam pengerjaan dan pengajaran di satuan pendidikan masing-masing :
Sorot Gambar Untuk Memperbesar

Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Bagian Gambar ini mungkin sebagai hiburan saja, masa gambar manusia dikatakan Hewan... Hee... Hee... tidak ada maksud apa-apa ya Bunda-bunda..... 
Sorot Gambar Untuk Memperbesar
Gambar di atas adalah sebagi contoh Mengenal Hewan Untuk Anak PAUD dengan Dedaunan silahkan sobat sesuaikan di lembaga PAUD masing-masing, baik dedaunannya maupun nama hewannya.

Oh Ya Bunda kami menyajikan Video Tutorial menarik yang bisa kita pelajari dan kita gunakan di lembaga PAUD untuk anak didik kita, mari kita simak Videonya di bawah ini :
  

Gejala Vaksin Cacar Air

Gejala Vaksin Cacar Air - Cacar Air juga disebut varisela merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicellazoster. Penyakit ini biasanya ringan, namun dapat menjadi berat pada Bayi dan orang Dewasa
Gejala Vaksin Cacar Air
Gambar Ilustrasi : Gejala Vaksin Cacar Air
Baca Juga : Informasi Vaksin untuk Orang Tua

Apa Gejala Cacar Air?


Ada beberapa Gejala cara air ini yang bisa kita baca dan bisa kita hindari. Berikut adalah Gejala Cacar Air 
  1. Cacar air diawali demam yang tidak tinggi, diikuti keluar lepuh (bintil) di kulit yang gatal terutama di punggung dan dada, menjalar ke muka dan anggota badan.
  2. Pada infeksi yang berat dapat menyebabkan radang paru (pneumonia).
  3. Virus cacar air dapat menular dari orang ke orang lain melalui udara atau dari cairan yang berasal dari lepuh cacar air
  4. Orang yang sudah pernah menderita cacar air setelah beberapa tahun dapat mengalami ruam kembali yang nyeri, yang disebut cacar ular (herpes zoster) apabila sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Siapa yang harus mendapat vaksin cacar air dan kapan vaksinasi tersebut harus diberikan?
  1. Anak-anak yang belum pernah menderita cacar air harus diberikan vaksin cacar aor pada umur 12 - 15 bulan.
  2. Anak yang berusia 13 tahun ke atas (yang belum pernah menderita cacar air atau belum pernah mendapat vaksin cacar air) harus diberikan dua dosis dengan interval sekurang-kurangnya 28 hari
  3. Vaksinasi cacar air dapat diberikan pada setiap orang yang belum pernah menderita cacar air. Vaksinasi diberikan dua dosis
  4. Vaksin cacar air dapat diberikan bersamaan dengan vaksin-vaksin lainnya

Siapa yang tidak dapat divaksinasi atau vaksinasi harus ditunda?
  1. Menderita sakit berat pada saat jadwal vaksin, maka harus menunggu sembuh
  2. Wanita hamil dan tidak boleh hamil dalam waktu 1 bulan setelah mendapat vaksin cacar air
  3. Keadaan yang menurunkan kekebalan tubuh
  4. Menderita HIV/AIDS atau penyakit lain yang mempengaruhi sistem imun
  5. Sedang mendapat terapi dengan obat yang mempengaruhi sistem imun
  6. Menderita kanker dan sedang menjalani pengobatan.
  7. Baru menerima Transfusi darah atau produk darah lainnya, vaksinasi perlu ditunda 2 minggu

Dari informasi di atas sangat disarankan bagi kita meminta informasi lebih lanjut pada Dokter untuk mengetahui secara rinci dan pasti. Artikel ini adalah sebagai gambaran saja dalam pembahasan Vaksin Cacar Air.

Baca Juga : 13 Jenis Imunisasi Dasar Anak

Mari kita simak Video di bawah ini, mengenai pembahasan Imunisasi dan Vaksin, berikut adalah kami sajikan vidonya :


Informasi Vaksin untuk Orang Tua

Hallo Sahabat semuanya, mudah-mudahan Informasi Vaksin untuk orang tua ini bermanfaat bagi kita semua.

Vaksin BCG adalah vaksin yang akan melindungi kita dari tuberkulosis atau lebih sering disingkat TB. TB merupakan penyakit berbahaya yang menyerang paru-paru. Dalam vaksin BCG terkandung bakteri TB yang telah dimodifikasi. Vaksin ini akan menstimulasi sisem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri TB.
Informasi Vaksin untuk Orang Tua
Gambar Ilustrasi
Baca Dulu : 13 Jenis Imunisasi Dasar Anak

Apakah Tuberkulosis It ?

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi disebabkan Mycobacterium tuberculosis Tuberkulosis paling sering mengenai selaput otak, tulang, kelenjar, dan lain-lain. Infeksi TB ditularkan melalui percikan ludah dari orang yang menderita TB aktif (terutama orang serumah).

Siapa yang Harus divaksinasi dengan BCG dan Kapan diberikannya?

Semua bayi harus mendapat vaksinasi BCG pada usia < 3 Bulan. Apabila usia telah > 3 bulan sebaiknya dilakukan uji tuberkulin terlebih dahulu. Vaksinasi BCG diberikan apabila hasil uji tuberkulin negatif. Tempat penyuntikan yang dianjurkan adalah lengan kanan atas.

Kapan Vaksinasi BCG tidak boleh diberikan?

Pada keadaan berikut tidak disarankan untuk mendapatkan vaksinasi BCG :
  • Reaksi uji tuberkulin > 10 mm
  • Pada saat kekebalan tubuh menurun seperti, menderita infeksi HIV atau dengan risiko menderita HIV atau menderita penyakit keganasan
  • Menderita giji buruk
  • Pernah sakit tuberkulosis
  • Kehamilan

Reaksi samping apa yang dapat timbul setelah divaksinasi BCG?

Penyuntikan BCG dilakukan di dalam kulit sehingga akan menimbulkan bisu pada 3 - 6 minggu setelah penyuntikan. Bisu akan sembuh sendiri dalam 2-3 bulan dan meninggalkan bekas luka (jaringan parut) bulat dengan diameter 4-8 mm.

Apabila terjadi reaksi samping sehubungan dengan vaksinasi BCG, kemana harus berobat ?

  • Segera bawa anak ke tempat vaksinasi diberikan atau rumah sakit terdekat
  • Tanyakan kepada dokter anda apabila ada hal yang ingin diketahui lebih lanjut

Baca Juga : Cara Pemeriksaan Kesehatan Sendiri

Semoga dengan informasi ini kita sebagai orang tua lebih hati-hati lagi dalam menjaga sibuah hati kita dari segala ancaman penyakit yang dialaminya, menghindari akan lebih baik daripada mengobati.

Yuk... Kita simak Video di bawah ini untuk lebih mendalam lagi tentang Informasi Vaksin untuk Orang Tua :


13 Jenis Imunisasi Dasar Anak

Hallo Sahabat Blog PAUD di Nusantara malam ini kami akan menuliskan 13 Jenis Imunisasi Dasar Anak yang dapat kita pelajari secara mandiri pada Blog sederhana ini. Mungkin sobat sudah mendengera sebelumnya jenis Imunisasi Dasar Anak, bahkan sudah mendengar dengan Vaksin Palsu...??

Kami yakin sobat sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Imunisasi. Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari bakteri (virus) tersebut telah dimodifikasi. Vaksin dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan atau diminum (oral).

Dari pernyataan diatas sudah dijelaskan bahwa imunisasi adalah proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukan vaksin.
13 Jenis Imunisasi Dasar Anak
Gambar Ilustrasi : 13 Jenis Imunisasi Dasar Anak
Dengan demikian kita patut mengetahui jenis-jenis Imunisasi Dasar Anak. Pernahkah sobat membaca bahwa Tahun 2019 Imunisasi Dasar Anak Menjadi 13 Jenis?? Nah... di sini kami akan memberikan rincian tersebut.

8 Vaksin Dasar Saat ini :


1. Polio

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan adapun gejala Polio dapat menimbulkan kelumpuhan atau lumpuh layu. Ini merupakan penyakit menular, namun untungnya dapat dicegah melalui imunisasi.

Setelah kita membaca dan memahami pengertian dan gejala polio tersebut, maka kita telah membayangkan bagaimana ganasnya virus tersebut. Bahkan jika kita teliti lebih lanjut apa respon masyarak awam dengan namanya suntik polio? masyarakat awam sangat ketakutan dengan adanya suntik polio, mereka mengkehewatirkan anaknya sakit, kejang dan sebagainya, padahal ada yang lebih ganas lagi jika kita tidak melakukan polio.

2. Campak

Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini akan memunculkan ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Campak bisa sangat mengganggu dan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Gejala campak mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Sangat di sayangkan bagi masyarakat yang tidak mengikuti suntuk campak yang telah diprogramkan oleh pemerintah, begitu bahayanya campak tersebut mari kita sadarkan masyarakat awam di lingkungan kita. 

3. Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. (Wikipedia)

4. Tetanus

Jika tidak dirawat dan diobati dengan benar, luka tersebut memiliki risiko terkontaminasi dan mengalami infeksi. Salah satu infeksi yang mungkin terjadi adalah tetanus. Tetanus merupakan infeksi yang tergolong serius dan disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani.

5. Pertusis

Pertusis adalah penyakit pernapasan akibat bakteri yang sangat menular dan menyebabkan batuk tidak terkendali, batuk rejan. Batuk dapat membuat kesulitan dalam bernapas. Suara batuk rejan yang dalam sering terdengar saat pasien mencoba untuk mengambil napas

6. Difteri

Difteri adalah penyakit akibat terjangkit bakteri yang bersumber dari Corynebacterium diphtheriae. Difteri ialah penyakit yang mengerikan di mana masa lalu telah menyebabkan ribuan kematian, dan masih mewabah di daerah-daerah dunia yang belum berkembang. (Wikipedia)

7. Pneumonia

Pneumonia adalah istilah medis yang menggambarkan sebuah penyakit pada paru-paru yang dapat terjadi ringan hingga serius dan mengancam nyawa.

Ada banyak kemungkinan penyebab pneumonia yang paling sering adalah karena infeksi bakteri dan virus dari udara yang kita hirup. Klasifikasi Pneumonia didasarkan pada jenis kuman penyebabnya itu dan di mana seseorang mendapatkannya.

8. Meningitis

Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. Sistem saraf dan otak bisa rusak pada beberapa kasus.

Meningitis jenis ini disebabkan bakteri dan menyebar melalui kontak jarak dekat. Jika tidak ditangani, bisa menyebabkan kerusakan otak parah, kehilangan indera pendengaran dan menimbulkan infeksi pada darah (septikemia). Penderita meningitis bakterialis kebanyakan bayi berusia di bawah satu tahun.

5 Vaksin  Dasar Tambahan 2019


1. Rubella

Rubella atau campak Jerman umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Penyakit ini disebabkan oleh virus rubella dan dapat menyebar dengan sangat mudah. Penularan utamanya dapat melalui titik-titik air di udara yang berasal dari batuk atau bersin penderita. 

2. Pneumokokus

Infeksi pneumokokus disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumonaiae atau pneumococcus. bakteri ini ermasuk kuman gram positif, yang memilikiciri khas diselubungi kapsul polisakarida.Terdapat sekitar 90 jenis kuman pneumokokus, tergantung kapsul sakarida-nya. jenis kapsul inilah yang menentukan serotipe dan apakah bakteri golongan ganas atau tidak. Untungnya hanya beberapa jenis kapsul atau serotipe yang berbahaya.

Bakteri hidup di tenggorokan manusia. Orang yang mengandung bakteri di tenggorokan belum tentu sakit, tetapi menjadi "pembawa bakteri". Pembawa bakteri ini dapat menularkan kemana-mana karena bakteri mudah sekali menyebar selwat percikan air ludah.

3. Rotavirus

Rotavirus adalah jenis virus yang menginfeksi usus. Virus ini juga menjadi penyebab umum dari penyakit diare pada bayi dan anak-anak di seluruh dunia. Hampir sebagian besar anak berusia hingga 5 tahun sudah pernah terinfeksi rotavirus.

4. Japanese Encephalitis (JE)

Japanese Encephalitis (JE) adalah infeksi otak yang disebabkan flavivirus yang berhubungan dengan demam berdarah, demam kuning dan virus West Nile. Virus ini menyebar pada manusia melalui gigitan nyamuk. Japanese Encephalitis adalah penyebab utama virus ensefalitis virus di negara-negara Asia

5. Inactivated Polio Vaccined (IPV)

Vaksin polio terdiri dari 2 jenis , yaitu Vaksin Virus Polio Oral (Oral Polio Vaccine = OPV) dan Vaksin Polio Inactivated (Inactived Poliomielitis Vaccine). 

Sejak tahun 1997 American Academy of Pediatric (AAP) dan Centers For Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan pemberian IPV untuk vaksinasi rutin pada semua bayi di Amerika Serikat. 

Sejak itu dilaporkan Kejadian Ikutan Paska Imunsasi Polio sangat menurun. Diperkirakan setiap 2,5 dosis OPV yang diberikan dapat mengalami kasus Paralitik Poliomielitis (Vaccine-Associated Paralytic Poliomyelitis atau VAPP). 

VAPP merupakan kejadian lumpuh layu akut (AFP) 4 – 40 hari setelah diberikan vaksin OPV dengan sekuele neurologis susulan yang mirip dengan polio setelah 60 hari. (Media Imunisasi)

Itulah 13 Jenis Imunisasi Dasar Anak yang bisa kami gambarkan melalui media online ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Mari kita simak Video di bawah Dampak Anak Tidak Imunisasi yang bisa kita dapat pelajari untuk pentingnya Imunisasi :


Belajar dan Mengenal Nama-Nama Buah untuk Anak PAUD

Hallo sahabat semuanya, mudah-mudahan kita dalam lindungan allah swt, kali ini kami akan menampilkan sebuah Video Belajar dan Mengenal Nama-Nama Buah untuk Anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan semoga video pembelajaran ini bisa membantu kita dalam membimbing dan mengajar anak-anak kita di sekolah.

Mari kita ajak anak didik kita belajar dengan cara menyenangkan supaya mereka tidak merasa bosan dengan apa yang sudah kita berikan kepada mereka. Guru harus mempunyai kempuan bagaimana cara mengajar anak supaya anak tersebut merasa nyaman dan tidak terbebani, maka dengan itu kami di sini akan menyediakan sebuah Video Pembelajaran Menganal Nama-Nama Buah.
Belajar dan Mengenal Nama-Nama Buah untuk Anak PAUD
Gambar Ilustrasi : Belajar dan Mengenal Nama-Nama Buah untuk Anak PAUD
Sebanrnya banyak metode yang bisa sobat gunakan untuk mengajar dan membimbing siswa dalam belajar. tetapi salah satu metode pembelajaran untuk usia dini adalah menggunakan media Video, metode ini sudah terbukti bahwa anak merasa nyaman ketika dalam belajar mengenal nama-nama buah.

Sebelumnya kami telah memposting Bagaimana Cara Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Baca Juga : Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk PAUD

Kami yakin sobat sudah membacanya bahkan mempraktikannya, postingan tersebut juga dilengkapai dengan Video Pembeljaran yang rincang semudah mungkin supaya kita sebagai guru mudah untuk mengaplikasikannya kepada peserda didik kita.

Jika sobat tertarik dengan Video Belajar dan Mengenal Nama-Nama Buah untuk Anak PAUD. silahkan simak/tonton Videonya di bawah ini :


Dari Video di atas, sudah jelas kita membutuhkan media tambahan yaitu sebuah Komputer/Laptop yang bisa kita gunakan supaya anak-anak bisa langsung melihat dan menyimaknya, bahkan kita bisa mentrasfernya ke Handphone orang tua supaya orang tua bisa memanfaatkan video pembelajaran tersebut di rumah untuk mengajari anak-anaknya.

Ingat Jangan dijadikan kendala apabila media tambahan tidak kita miliki, masih banyak cara untuk kita manfaatkan.

Cukuk sekian artikel kali ini yang bisa kami bagikan bagaimana Belajar dan Mengenal Nama-Nama Buah untuk Anak PAUD melalui Video Pembelajaran yang bisa kita manfaatkan. Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai Video Pembelajaran silahkan kunjungi Perpustakaan Video Pembelajaran di bawah ini :



Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Hallo Sahabat Blog PAUD .... Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak adalah hal utama dalam menunjang perkembangan anak baik mental maupun kemampuan anak, ada beberapa manfaat keterlibatan orang tua yang hendaknya kita ketahui dan bisa kita ambil sebagai bahan referenis.

Pada kesempatan ini kami akan menampilakan sebuah Gambar Ilustrasi saja, dan semoga bisa sobat pahami. Untuk lebih jelasnya silahkan sorot gambar yang ditampilkan untuk memperbesarnya agar mudah di baca abahkan sobat bisa mendownloanya :
Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Gambar Ilustrasi : Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak adalah sebagai berikut :

1.   Meningkatkan Kehadiran Anak
2.   Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak
3.   Meningkatkan Prilaku Positif Anak
4.   Meningkatkan Pencapaian perkembangan anak
5.   Meningkatkan keinginan anak untuk bersekolah
6.   Meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak
7.   Meningkatkan harapan orang tua pada anak
8.   Meningkatkan kepercayaan diri orang tua
9.   Meningkatkan kepuasan orang tua terhadap sekolah
10. Meningkatkan semangat kerja guru
11. Mendukung iklim sekolah yang lebih baik
12. Mendukung kemajuan sekolah secara keseluruahn 

Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Gambar Ilustrasi : Prinsip Kemitraan Keluarga dengan Sekolah

Prinsip Kemitraan Keluarga Dengan Sekolah:

1. Kesamaan hak, kesejajaran, dan saling menghargai
2.Semanat gotongroyong dan kebersamaan
3. Saling asah, saling asih, dan saling asuh
4. Saling melengkapi dan memperkuat

Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Gambar Ilustrasi : Membantu Pengelolaan Perpustakaan
Ayah dan Bunda bisa ikut mengelola perpustakaan PAUD dan mengadakan beberapa kegiatan seperti :
1. Membacakan buku untuk anak
2. Membantu menata buku
3. Membantu menambah koleksi buku, misalnya dengan meminta orang tua memberikan 1 buku yang sudah dibaca anak di rumah untuk perpustakaan

Mengapa Penting untuk Menghadiri hari ayah
Gambar Ilustrasi :Mengapa Penting untuk menghadiri hari Ayah
Mengapa Penting untuk Menghadiri hari ayah ?
1. Hari ayah sangat penting untuk mengingatkan para ayah bahwa kehadiran kehadiran mereka sangat diperlukan buah hati kit
2. Hari ayah juga mengingatkan para ayah bahwa kehadiran mereka sangat diperlukan buah hati kita
3. Kegiatan yang dilakukan pada hari ayah bisa merupakan kegiatan yang disepakati oleh para ayah, guru dan juga anak
4. Pada anak-anak yang ayahnya tidak memungkinkan hadir (misalnya karena meninggal atau bekerja di luar kota), ayah bisa diganti oleh kakek, paman atau laki-laki lain yang selama ini dianggap menjadi panutan anak. Jika mereka tidak ada, guru bisa minta bantuan ayah yang hadir untuk juga berperan sebagai ayah bagi anak lain.
5. Kehadiran ayah merupakan hal yang membanggakan untuk anak kita  

Gambar Ilustrasi : Mengapa Ayah dan Bunda perlu menghubungi guru Ketika anak kita tidak masuk sekolah
Mengapa Ayah dan Bunda perlu menghubungi guru Ketika anak kita tidak masuk sekolah?

Izin saat anak berhalangan masuk sekolah merupakan aturan baku semua sekolah, dengan tujuan anata lain :
1. Pihak sekolah mengetahui alasan anak tidak masuk sekolah dari orang tua/wali
2. Sebagai bahan catatan guru
3. Untuk menjalin komunikasi positif dengan pihak sekolah/guru

Biasanya, izin tersebut dilakukan dengan mengirim surat permohonan izin atau pemberitahuan dari orang tua/wali. Untuk memudahkan komunikasi, permohonan izin dapat memanfaatkan teknologi komunikasi, misalnya melalui telpon atau SMS.

Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Gambar Ilustrasi : Alasan perlunya Ayah dan Bunda terlibat aktif dan hadir pada acara pentas kelas pada akhir tahun ajaran
Alasan perlunya Ayah dan Bunda terlibat aktif dan hadir pada acara pentas kelas pada akhir tahun ajaran.
1. Penas kelas pada akhir tahun yang menampilkan semua anak di setiap kelas adalah ajang untuk anak menampilkan kebolehannya.
2. Acara ini merupakan kegiatan bersama antara peguyuban orang tua dengan guru
4. Anak bisa diberi penghargaan dengan berbagai macam kategori
5. Para orang tua yang dinilai memiliki peran menonjol dalam kegiatan bersama juga perlu memperoleh penghargaan.

Membantu membuat APE
Gambar Ilustrasi : Membantu membuat APE
Membantu membuat APE :
1. Saat menunggu anak di luar sekolah, Ayah dan Bunda bisa membantu ibu bapak guru membuat alat peraga edukatif (APE)
2. Dengan membantu bapak dan ibu guru, komunikasi dengan mereka akan terjalin dengan akrab
3. Keterampilan ini bisa dimanfaatkan di rumah, sehingga alat-alat permainan untuk anak tidak harus dibeli

Gambar Ilustrasi : Alasan perlunya ayah dan bunda hadir sebagai nara sumber atau membantu di kelas anak
Alasan perlunya ayah dan bunda hadir sebagai nara sumber atau membantu di kelas anak :
1. Kehadiran Ayah dan Bunda di kelas adalah hal yang membanggakan bagi anak
2. Jika Ayah dan Bunda menyampaikan tentang profesi yang dimiliki, maka sejak dini anak punya gambaran tentang beragam profesi
3. Kehadiran Ayah dan Bunda di Kelas dapat sekedar mengamati kegiatan anak di kelas

Gambar Ilustrasi : Alasan perlunya Ayah dan Bunda mengikuti pertemuan orang tua dengan wali kelas minimal dua kali dalam satu semester
Alasan perlunya Ayah dan Bunda mengikuti pertemuan orang tua dengan wali kelas minimal dua kali dalam satu semester:
1. Agar Ayah dan Bunda mengetahui perkembangan program sekolah
2. Agar Ayah dan Bunda mengetahui kemajuan pendidikan anak
3. Agar Ayah dan bunda dapat berkonsultasi dan berbagai pengalaman dalam mendukung tumbuh kembang anak di rumah
4. Agar Ayah dan Bunda dapat memberi saran dan masukan untuk kemajuan sekolah

Gambar Ilustrasi : Contoh Jadwal Keterlibatan orang tua di sekolah
Gambar Ilustrasi : Alasan perlunya Ayah dan Bunda mengikuti kelas orang tua 
Alasan perlunya Ayah dan Bunda mengikuti kelas orang tua :
1. Agar dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mendampingi anak dengan sesama orang tua
2. Agar dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam mendampingi anak
3. Agar dapat mengusulkan tema yang akan dibahas dalam kelas orang tua

Gambar Ilustrasi : Mengapa Ayah dan Bunda perlu memiliki nomor HP kepala sekolah, guru kelas, dan ketua komite
Mengapa Ayah dan Bunda perlu memiliki nomor HP kepala sekolah, guru kelas, dan ketua komite ?
1. Kepala sekolah, wali kelas, dan ketua komite adalah orang-orang penting di sekolah yang sewaktu-waktu dapat dihubungi jika diperlukan.
2. Diantara ketiganya, guru kelaslah yang paling sering berhubungan dengan orang tua. Menjalin komunikasi dengan guru kelas penting untuk mendukung perkembangan anak kita
3. Komunikasi dilakukan bukan hanya untuk keperluan izin saat anak berhalangan bersekolah, tetapi untuk keperluan lain yang terkait dengan perkembangan anak kita

Apa bentuk keterlibatan Ayah dan bunda di sekolah anak
Apa bentuk keterlibatan Ayah dan bunda di sekolah anak
Gambar Ilustrasi : Alasan perlunya Ayah dan Bunda terlibat aktif pada paguyuban orang tua kelas anak kita
Alasan perlunya Ayah dan Bunda terlibat aktif pada paguyuban orang tua kelas anak kita:
1. Agar anak kita akan merasa bangga atas keaktifan Ayah dan Bundanya
2. Paguyuban orang tua merupakan wadah untuk membantu sekolah dalam memajukan pendidikan anak
3. Paguyuban orang tua juga dapat berpartisipasi dalam upaya meningkatkan mutu PAUD, seperti melalui program :
- jajanan Sehat
- Halaman yang Hijau
- Toilet yang Bersih

Itulah Manfaat Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Ayah dan Bunda, silahkan share kepada teman-teman sobat di sosial media. Gambar di atas bisa sobat simpan pada Handphone untuk mengingatkan kita dalam mendidik anak di rumah maupun di sekolah. 

Informasi Pemerataan Penempatan Guru dan Tenaga Kependidikan

Halo Sahabat semuanya kali kami akan membagikan kembali Informasi tentang Pemerataan Penempatan Guru dan Tenaga Kependidikan melalui surat yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor 36186/MPK/KP/2016 yang bersumber dari website www.kemdikbud.go.id
Informasi Pemerataan Penempatan Guru dan Tenaga Kependidikan
Gambar Ilustrasi 
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan nasional memiliki fungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban manusia yang bermartabat. Adapun salah satu tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Masa Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara demokrasi serta bertanggungjawab.

Sejalan dengan Tujuan pendidikan nasional tersebut di atas serta mengacu pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, antara lain dinyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, baik melalui sekolah negeri maupun swasta.

Demi terlaksananya serta peningkatan pemerataan pendidikan yang bermutu di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia, kami menghimbau kepada Saudara selaku Kepala Daerah untuk berpartisipasi aktif dengan menempatkan Aparatur Sipil Negara yang berfotensi sebagai guru dan tenaga kependidikan pada sekolah negeri maupun swasta secara merata tanpa membedakan latar belakang politik, ras warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

Untuk Lebih jelasnya silahkan Download Informasi Pemerataan Penempatan Guru dan Tenaga Kependidikan di bawah ini :

Download Pemerataan Penempatan Guru dan Tenaga Kependidikan


Demikian Informasi kali ini yang bisa kami bagikan kembali melalui blog paud ini, semoga informasi tersebut bermanfaa bagi bapak ibu guru di Nusantara ini. Jangan Lupa share kembali apabila bermanfaat. Terimakasih

Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk PAUD

Hallo sahabat Blog PAUD mudah-mudahan kita dalam lindungan Allah swt. kali in kami akan mengulas sedikit tentang Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada pembahasan ini kami sertakan sebuah Ilustrasi Video Pembelajaran yang bisa sobat simak dan pelajari.
Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk PAUD
Gambar Ilustrasi : Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk PAUD

Metode Belajar Menulis Untuk Anak Usia Dini

1. Metode Eja

Metode Eja di dasarkan pada pendekatan harfiah, artinya belajar membaca dan menulis dimulai dari huruf-huruf yang dirangkaikan menjadi suku kata. Oleh karena itu pengajaran dimulai dari pengenalan huruf-huruf. Demikian halnya dengan pengajaran menulis di mulai dari huruf lepas, dengan langka-langkah sebagai berikut:
a. Menulis huruf lepas
b. Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
c. Merangkaikan suku kata menjadi kata
d. Menyusun kata menjadi kalimat (Djauzak, 1996:4)

2. Metode Kata Lembaga

Metode kata lembaga di mulai mengajar dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mengenalkan kata
b. Merangkaikan kata antar suku kata
c. Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya
d. Menggabungkan huruf menjadi kata (Djauzak, 1996:5)

3. Metode Global

Metode global memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar, menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata (Djauzak, 1996:6).

4. Metode SAS

Menuryut (Supriyadi, 1996: 334-335) pengertian metode SAS adalah suatu pendekatan cerita di sertai dengan gambar yang didalamnya terkandung unsur analitik sintetik. Metode SAS menurut (Djuzak,1996:8) adalah suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa. 

Teknik pelaksanaan pembelajaran metode SAS yakni keterampilan menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan kartu kalimat, sementara sebagian siswa mencari huruf, suku kata dan kata, guru dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti (Subana). Proses operasional metode SAS mempunyai langkah-langkah dengan urutan sebagai berikut:
a. Struktur yaitu menampilkan keseluruhan
b. Analitik yatu melakukan proses penguraian.
c. Sintetik yaitu melakukan penggalan pada struktur semula. (Subana:176).

Bagaimana Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Pemula? Nah... berikut ini kami sajikan Langkah-langkah Pembelajaran Menulis Permulaan yang bisa kita Gunakan :

a. Penegenalan Huruf 

Pengenalan Huruf Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembelajaraan membaca permulaan. Penekanan pembelajaran diarahkan pada pengenalan bentuk tulisan serta pelafalannya dengan benar. 

Fungsi Pengenalan ini dimaksudkan untuk melatih indra siswa dalam mengenal dan membedakan bentuk dan lambang-lambang tulisan. 

Mari kita perhatikan salah satu contoh pembelajaran pengenalan bentuk tulisan untuk murid kelas 1 SD. Misalnya, guru hendak memperkenalkan huruf a, i, dan n. 

Langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :
  1. Guru menunjukkan gambar seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki. Kedua gambar anak tersebut diberi nama “nani” dan “nana”.
  2. Guru memperkenalkan nama kedua anak itu sambil menunjukkan tulisan “nani” dan “nana” yang tertera di bawah masing-masing gambar.
  3. Melalui proses tanya jawab secara berulang-ulang anak diminta menunjukkan mana “nani” dan mana “nana” sambil diminta menunjukkan bentuk tulisannya.
  4. Selanjutnya, guru memindahkan dan menuliskan kedua bentuk tulisan tersebut di papan tulis dan anak diminta memperhatikannya. Guru hendaknya menulis secara perlahan-lahan dan anak diminta untuk memperhatikan gerakan-gerakan tangan serta contoh pengucapan dari bentuk tulisan yang sedang ditulis guru.
  5. Setiap tulisan itu kemudian dinalisis dan disintesiskan kembali. Perhatikan contoh tulisan berikut.

nani  nana
na  ni   na  na
n   a   n   i     n   a   n   i
na  ni   na  na
nani  nana

Demikian seterusnya, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang bersamaan dengan pembelajaran membaca permulaan.

b. Latihan

Proses pemberian latihan dilaksanakan dengan mengikuti prinsip dari yang mudah ke yang sukar, dari latihan sederhana menuju latihan yang kompleks. Ada beberapa bentuk latihan menulis permulaan yang dapat kita lakukan, antara lain:
a) Latihan memegang pensil dan duduk dengan sikap dan posisi yang benar
Tangan kanan berfungsi untuk menulis, tangan kiri untuk menekan buku tulis agar tidak mudah bergeser. Pensil diletakkan diantara ibu jari dan telunjuk. Ujung ibu jari, telunjuk, dan jari tengah menekan pensil dengan luwes, tidak kaku. Posisi badan ketika duduk hendaknya tegak. Dada tidak menempel pada meja, jarak mata antara mata dengan buku kira-kira 25-30 cm.

b) Latihan gerakan tangan
Mula-mula melatih gerakan tangan di udara dengan telunjuk sendiri atau dengan bantuan alat seperti pinsil, kemudian dilanjutkan dengan latihan dalam buku latihan. Agar kegiatan ini menarik, sebaiknya disertai dengan kegiatan bercerita, misalnya untuk melatih membuat garis tegak lurus guru dapat bercerita yang ada kaitannya dengan pagar, bulatan dengan telur.

c) Latihan mengeblat, yakni menirukan atau menebalkan suatu tulisan dengan menindas tulisan yang telah ada
Ada beberapa cara mengeblat yang bisa dilakukan anak, misalnya dengan menggunakan kertas karbon, kertas tipis, menebalkan tulisan yang sudah ada. Sebelum anak melakukan kegiatan ini, guru hendaknya memberi contoh cara menulis dengan benar di papan tulis, kemudian menirukan gerakan tersebut dengan telunjuknya di udara. Setelah itu, barulah kegiatan mengeblat dimulai. Pengawasan dan pembimbingan harus dilakukan secara individual sampai seluruh anak memberikan perhatiannya.

d) Latihan menghubung-hubungkan tanda titik-titik yang membentuk tulisan
Latihan dapat dilakukan dalam buku-buku yang secara khusus menyajikan latihan semacam ini.

e) Latihan menatap bentuk tulisan
Latihan ini dimaksudkan untuk melatih koordinasi antara mata, ingatan, dan jemari anak ketika menulis sehingga anak dapat mengingat bentuk kata atau bentuk huruf dalam benaknya dan memindahkannya ke jari-jemari tangannya. Dengan demikian, gambaran kata yang hendak ditulis tergores dalam ingatan dan pikiran siswa pada saat dia menuliskannya.

f) Latihan menyalin, baik dari buku pelajaran maupun dari tulisan guru pada papan tulis
Latihan ini hendaknya diberikan setelah dipastikan bahwa semua anak telah mengenal huruf dengan baik. Ada beragam model variasi latihan menyalin, di antaranya menyalin tulisan apa adanya sesuai dengan sumber yang ada, menyalin tulisan dengan cara yang berbeda, misalnya dari huruf cetak ke huruf tegak bersambung, atau sebliknya dari huruf tegak bersambung ke huruf cetak.

g) Latihan menulis halus/indah
Latihan dapat dilakukan dengan menggunakan buku bergaris untuk latihan menulis atau buku kotak. Ada petunjuk berharga yang dapat Anda ikuti, jika mrid-murid Anda tidak memiliki fasilitas seperti itu. Perhatikan petunjuk berikut dengan cermat.
  1. Untuk tulisan/huruf cetak, bagilah setiap baris pada halaman buku menjadi dua. Untuk ukuran dan bentuk tulisan, lihat pedoman yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Untuk tulisan tegak bersambung. Bagilah setiap baris pada halaman buku menjadi tiga bagian. Untuk ukuran dan bentuk tulisan lihat pedoman dari Depdiknas.

h) Latihan Dikte/Imla
Latihan ini dimaksudkan untuk melatih siswa dalam mengkoordinasikan antara ucapan, pendengaran, ingatan, dan jari-jarinya ketika menulis, sehingga ucapan seseorang itu dapat didengar, diingat, dan dipindahkan ke dalam wujud tulisan dengan benar.

i) Latihan melengkapi tulisan (melengkapi huruf, suku kata, atau kata) yang secara sengaja dihilangkan. Perhatikan contoh berikut!
Gambar Melengkapi Huruf
Jika sobat sudah membaca dan memahami penjelasan di atas mari kita simak Video Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk PAUD di bawah ini :


Pada Video tersebut menunjukan pembelajaran penulisan huruf besar atau kapital yang bisa kita salurkan kepada Anak Usia Dini di Satuan Pendidikan Masing-masing.

Itulah pembahasan tentang Belajar Menulis Huruf Kapital Untuk PAUD yang bisa kami bagikan pada blog sederhana ini dan jangan lupa berikan tanggapannya melalui komentar-komentar yang relevan.

Simak-simak Juga Video Belajar Membaca Huruf Alfabet Untuk PAUD di bawah ini :


Batasan Usia Minimal dan Maksimal Peserta Didik SD, SLTP, SMA

Hallo sahabat Blog PAUD di Nusantara, Pernahkah sobat ditanya, Berapakah Batasan Usia Minimal dan Maksimal untuk Peserta Didik? Sudahkah Sobat Membaca Peraturan Bersama antara menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama dengan Nomor 04/VI/PB/2011 dan Nomor MA/111/2011 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak (TK)/Raudhatul Athfal/Bustanul Athfal dan Sekolah/Madrasah? Kami yakin sobat sudah mengetahui Batasan Usia Minimal dan Maksimal Peserta Didik SD, SLTP, SMA tersebut.

Berdasarkan Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan (Mohammad Nuh) dan Menteri Agama (Suryadharma Ali) nomor 04/VI/PB/2011 dan nomor MA/111/2011, yang dimaksud dengan Pendaftaran peserta didik baru adalah proses seleksi administrasi untuk mendaftar menjadi calon peserta didik pada TK/RA/BA dan sekolah/madrasah. 

Penerimaan Peserta Didik baru adalah penerimaan peserta didik pada TK/RA/BA dan sekolah/madrasah yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru. 
Batasan Usia Minimal dan Maksimal Peserta Didik SD, SLTP, SMA
Gambar Ilustrasi : Surat Batasan Usia Minimal dan Maksimal Peserta Didik SD, SLTP, SMA
Maka dengan demikian mari kita simak Peraturan Bersama antara menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama dengan Nomor 04/VI/PB/2011 dan Nomor MA/111/2011 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Dan kami di sini tidak menjelaskan secara rinci surat tersebut, sobat bisa langsung mendownloadnya pada Link yang sudah kami sediakan di bawah ini :

Batasan Usia Minimal dan Maksimal Peserta Didik SD, SLTP, SMA


Di atas adalah File yang bisa sobat pahami, file tersebut berekstensi PDF, jika sobat belum meng installnya silahkan instal terlebih dahulu, kemudian silahkan buka file tersebut. 

Itulah pembahasan kali ini tentang batasan minimal dan maksimal usia peserta didik yang bisa kami bagikan melalui Link Download yang sudah kami sediakn, sebelumnya kami ucapkan terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa berikan komentarnya.

Download Formulir Dapodik Tahun Pelajaran 2016-2017

Hallo sahabat semuanya, kali ini kami kan membagikan Formulir Dapodik Tahun Pelajaran 2016-2017, formulir ini sudah disesuaikan dengan Format Dapodik Versi 2016 yang bisa sobat gunakan, dengan Formulir ini kita bisa secara mudah dalam penginputan data baik data sekolah, data siswa, data ptk, data sarpras dan lain sebagainya.

Dalam Format Dapodik ini terdapat 2 File Excel, dimana format tersebut diperuntukan SD_SMP_SLB dan SMA_SMK. 
Download Formulir Dapodik Tahun Pelajaran 2016-2017
Ilustrasi : Formulir Dapodik Tahun Pelajaran 2016-2017
Setelah saya buka dan pelajari format tersebut sebenarnya bisa di gunakan untuk tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), perbedaanya dalam format mata pelajaran yang diampuh. tidak ada salahnya Operator Dapodik PAUD-DIKMAS juga mendownload Format Dapodik Tahun Pelajaran 2016-2017 ini.

Bagi sahabat Operator Dapodik yang berminat untuk memiliki format tersebut silahkan soabat Download pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini :

Download Formulir Dapodik Tahun Pelajaran 2016-2017


Demikian Informasi kali ini yang bisa kami bagikan kembali semoga bermanfaat dan bisa membantu pekerjaan kita sebagai operator sekolah. sebelumnya kami ucapkan terimakasih telah membacanya dan jangan lupa berikan komentarnya. Terimakasih

Info Pembukaan Kembali Pemberkasan Kesetaraan Guru TK Bukan PNS Tahun 2016

Hallo Sahabat Blog PAUD di Nusantara, malam ini kami akan menginformasikan kembali tentang Info Pembukaan Kembali Pemberkasan Kesetaraan Guru TK Bukan PNS Tahun 2016 yang sebelumnya ditutup sementara, dengan demikian sobat bisa melakukan beberapa tahap yang sudah ditentukan melalui surat resmi tentang Pembukaan Kembali Pemberkasan Kesetaran Guru TK tersebut.

Adapun Isi dari Surat Tersebut kami rangkum sebagai berikut :

Pada surat Pembukaan Kembali Pemberkasan Kesetaran Guru TK bukan PNS Tahun 2016 dengan Nomor :254/B2.3/KP/2016 diterangkan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2014 yang telah dirubah dengan Permendikbud Nomor 12 tahun 2016 tentang Pemberian Kesetaraan Jabatan dan Pangkat bahi Guru bukan Pegawai Negeri Sipil, disebutkan bahwa tidak adanya keterangan prihal batas waktu untuk pengusulan berkas penyetaraan, maka dengan ini disampaikan bahwa 
  1. Pengusulan Pemberkasan penyetaran jabatan dan pangkat bagi guru TK bukan PNS yang sebelumnya ditutup sementara akan dibuka kembali mulai bulan Juli 2016 
  2. Bagi yang akan megusulkan berkas penyetaran wajib dikirim Via PO BOX 4644 JKP 10046, tidak dibolehkan datang langsung ke kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika ada yang mengirimkan kangsung ke Kantor Kemdikbud, maka tidak akan diterima.

Persyaratan dan mekanisme pengusulan dan penyetaraan guru TK bukan PNS adalah sebagai berikut:

1. Guru menyiapkan berkas usul pemberian kesetaraan kepada kepala sekolah satuan pendidikan masing-masing. Berkas usulan yang dimaksud terdiri atas:
  1. Foto copy surat keputusan sebagai guru tetap yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau madrasah dan diketahui oleh dinas pendidikan propinsi/kabupaten/kota/kanwil agama/ kementerian lain/LPNK
  2. Surat keterangan aktif mengajar dari kepala sekolah/madrasah
  3. NUPTK
  4. NRG bagi yang sudah memiliki
  5. Salinan atau poto copy ijazah yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  6. Asli surat pernyataan dari kepala sekolah/madrasah bahwa guru yang bersangkutan masih melaksanakan kegiatan proses pembelajaran/pembimbingan paling sedikit 24 jam tatap muka perminggu.
  7. Salinan atau poto copy sertifikat pendidik yang diketahui oleh pejabat yang relevan pada perguruan tinggi yang menerbitkan sertifikat pendidik atau pejabat yang menangani pendidik pada dinas pendidikan/kanwil kemenag
  8. Salinan atau poto copy surat keputusan dari kepala sekolah/madrasah tentang pembagian tugas mengajar/ bimbingan dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/propinsi/kanwil kemenag/kementerian lain/LPNK

2. Kepala sekolah TK / TKLB / RA, SD / SDLB / MI, SMP / SMPLB / MTs, SMA / SMALB / MA / SMK / MAK atau yang sederajat memeriksa kelengkapan dan keabsahan berkas usul

3. Kepala sekolah/madrasah mengusulkan daftar guru beserta berkas usul sebagaimana yang dimaksud pada angka 2 kepada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan atau Direktorat Jenderal Pada kementerian Agama sesuai kewenangannya melalui Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan terkait, dengan menggunakan contoh format 1 dengan tembusan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota/ Kantor Wilayah Kementerian Agama/Pimpinan Kementerian Lain/LPNK melakukan validasi berkas usul.

4.Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan / Direktorat pada Kementerian Agama yang sesuai/ unit kerja yang menangani pendidik yang sesuai pada kementerian lain/LPNK melakukan validasi berkas usul

5. Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan / Direktorat pada Kementerian Agama yang sesuai/ unit kerja yang menangani pendidik yang sesuai pada kementerian lain/LPNK menetapkan angka kredit pemberian kesetaraan dengan menggunakan format 2, atau format 3, atau format 4

6. Pejabat lain yang ditunjuk pada biro kepegawaian kementerian/biro kepegawaian Kemenag/biro kepegawaian pada kementerian lain/LPNK, untuk dan atas nama menteri/menteri agama/pimpinan kementerian lain/LPNK, Menetapkan keputusan pemberian kesetaraan dengan menghunakan contoh format 5.

Untuk Lebih Jelasnya silahkan sobat Download Surat Pembukaan Kembali Pemberkasan Kesetaraan Guru TK Bukan PNS Tahun 2016 di bawah ini :

Download Surat Pembukaan Kembali


Demikianlah informasi ini yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat bagi bapak ibu guru di Nusantara tercinta ini, jangan lupa bagikan kepada sahabat guru melalui jaringan sosial yang anda gunakan.