-->

Download Instrumen untuk Pengisian Aplikasi PMP

Download Instrumen untuk Pengisian Aplikasi PMP ini bisa sobat Download untuk kepentingan Pengisian Kuesioner dalam Aplikasi PMP, baik Kuesioner Kepala Sekolah, Pengawas, Komite, Dewan Guru maupun Peserta Didik yang sudah terintegrasi dengan Dapodik Tahun Pelajaran 2016/2017.

Dengan Instrumen ini, kita sebagai Operator akan mudah dalam pengisian kuesioner tersebut tanpa harus membaca, tinggal menyamakan apa yang mereka pilih dalam Instrumen Kuesioner tersebut.
Download Instrumen untuk Pengisian Aplikasi PMP
Tampilan Aplikasi PMP
Bahkan kita sebagai operator akan menginput secara ril tidak ada indikasi manipulasi ceklisan yang terdapat dalam Aplikasi PMP.

Kami Anggap File ini wajib sobat miliki dan dibagikan kepada setiap Guru dan Siswa ketika sarana prasarana tidak mendukukung, artinya komputer / laptop tidak mencukupi.

Sebenarnya Aplikasi PMP ini tidak jauh beda dengan Aplikasi Dapodik, bisa digunakan dengan beberapa User dengan memakai satu IP Adres Komputer. 

Bahkan saya sudah pernah membahas bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Dapodik Lebih dari Satu User/Pengguna untuk mempercepat pendataan yang begitu banyak siswa/siswinya di satuan pendidikan.

Nah... Jika sobat memiliki jumlah guru dan siswa lebih dari 100 akan mudah jika trik di atas anda gunakan, sehingga guru dan siswa bisa mengisi secara bersamaan pada Aplikasi Dapodik atau Aplikasi PMP.

Saya Anggap sobat sudah bisa menggunakan Satu Aplikasi Dapodik dengan Beberapa Komputer. Ok.. Kita Langsung saja ke Pokok Pembahasan Download Instrumen untuk Pengisian Aplikasi PMP, silahkan Download di bawah ini :

Download Instrumen untuk Pengisian Aplikasi PMP


Demikian pembahasan kali ini yang bisa kami bagikan kembali, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa Like dan Bagikan. Terimakasih

Download Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Hallo sahabat semuanya pernahkah sobat disuruh membuat Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan? untuk kebutuhan tertentu baik untuk siswa tidak mampu maupun kebutuhan lainnya.

Sebenarnya Surat Keterangan tersebut bisa sobat dapatkan langsung dari Kantor Kelurahan, tinggal pergi langsung meminta surat keterangan tersebut.

Tetapi biasanya kita membuatnya terlebih dahulu kemudian menyerahkannya ke Kantor Desa, hal ini adalah untuk mempercepat dalam pembuatannya sehingga Lurahpun tinggal kasih tanda tangan dan setempel.

Nah... Surat Keterangan ini biasanya digunakan untuk siswa untuk keperluan beasiswa kurang mampu yang tidak memiliki kartu KPS atau sejenisnya.
Download Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu
Gambar Ilustrasi
Adapun Bentuk Surat Keterangan Tidak mampu tersebut kami sajikan sebagai contoh di bawah ini :

PEMERINTAH KEBUPATEN CONTOH

KECAMATAN CONTOH

DESA CONTOH

Alamat : Jl. Raya Contoh No. 0 Kec. Contoh Kab. Contoh Kode Pos 423.....

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
NOMOR : ………. / ………. /……………

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa ………………………… Kecamatan ……………………………. Kabupaten …………………………………
Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : ………………………………………..
Tempat/Tanggal Lahir : ………………………………………..
Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan
Nama Orang Tua : ………………………………………..
Alamat Orang Tua : …………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………….

Yang bersangkutan adalah benar-benar warga Desa ……………………….. yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


…………….., 30 Agustus 2016

Kepala Desa Contoh



Contoh

Jika sobat Ingin Mendownloadnya yang berformat Microsofot Word, silahkan Download Langsung di Web Download Gratis DI SINI ....

Cukup Sekian Postingan Kali ini yang bisa kami bagikan kembali, mudah-mudahan bermanfaat. Jika tidak keberan Silahkan Share kembali ke sosial media yang sobat Gunakan. Terimakasih

Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online

Hallo Sahabat Blog PAUD, Dana BOP sudah di Transfer ke Satuan Pendidikan masing-masing dengan Nominal berbeda-beda, dengan demikian kita wajib membuat sebuah SPJ dari Dana BOP tersebut.

Selain Itu Lembaga PAUD Juga akan disajikan sebuah Aplikasi Pelaporan Dana BOP secara Online yang wajib diisi oleh satuan pendidikan masing-masing.

Baca Juga : Download RKAS PAUD Terbaru Hasil Revisi

Mungkin hal ini sudah dilakukan oleh satuan pendidikan tingkat SD, SLP dan SLTA, disamping melaporkan manual ke Dinas Pendidikan, mereka juga wajib melaporkannya secara Online Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tersebut, begitu juga pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mendapatkan Dana BOP tersebut wajib melaporkan secara Online.
Sudahkah sobat mendapatkan Informasi ini? Sudahkah sobat melaporkan Dana BOP secara Online? Dengan demikian saya akan menginformasikan bagaimana Cara Lapor Dana BOP secara Online.

1. Pertama silahkan masuk ke alamat Aplikasi Pelaporan BOP DI SINI Kemudian sobat akan diarahkan ke tampilan Login Pelaporan BOP, seperti Gambar di bawah ini :
Tampilan Login Aplikasi Pelaporan BOP
2. Jika sudah seperti di atas, silahkan sobat masukkan Username dan Passwordnya. Jika sudah masuk maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Tampilan Lapor BOP Online
3. Langkah selanjutnya, silahkan sobat Isi Formulis Realisasi, kemudian silahkan tentukan Namsa Stuan, Jumlah Peserta Didik, Tanggal Realisasi, dan Jumlah Dana akan Terisi Secara Otomatis Jika sobat sudah Memasukan Jumlah siswa. seperti tampilan di bawah ini :
Gambar Ilustrasi
4. Nah... dari langkah diatas sobat tingkah pilih Simpan. Kemudian langkah selanjutnya, silahkan pilih Formulir Evaluasi, tampilannya seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustasi Formulir Evaluasi
Silahkan Pilih Nama Satuan, Jenis Komponen, Tanggal, Jumlah, dan No. Bukti kemudian terakhir silahkan Pilih Jenis Pengguna.
Gambar Ilustrasi Pengisian / Pelaporan Formulir Evaluasi
Silahkan sobat Laporkan Perjenis Komponen dan Jenis Penggunaan, sesuai dengan Realisasi Penggunaan Dana BOP sobat. dan jangan lupa simpan setelah pengisian dan kembali memilih Jenis Komponen atau Jenis Pendukung dan lain sebagainya.

5. Langkah selanjutnya, sobat sobat lihat bagian Laporan Realisasi, disana akan terlihat Nama Satuan Pendidikan PAUD masing-masing dari Propinsi, Kabupaten NPSN, Jumlah Peserta Didik dan Jumlah Dana. Lebih jelasnya lihat Gambar di bawah ini :
Gambar Laporan Realisasi Dana BOP
Jika sobat ingin mengunduhnya, silahkan pilih Format yang diinginkan seperti Format PDF atau Excel di atas Action seperti terlihat pada gambar di atas, kemudian File pun akan terunduh. 

Itulah Gambaran Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online yang akan kita kerjakan setelah mendapatakn Bimbingan Teknis dari Dinas Pendidikan Masing-masing.

Baca Juga : DOWNLOAD CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN AKREDITASI PAUD

Dengan demikian sobat sudah mempunyai gambaran bagaimana Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online yang akan dilakukan oleh Lembaga PAUD masing-masing. 

Jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan langsung pada kotak komentar yang sudah disediakan, dan jangan lupa Like dan Bagikan informasi ini kepada teman-teman lembaga PAUD yang belum mengetahui informasi mengenai Cara Pelaporan BOP secara Online.

Cara Registrasi Guru Pembelajar

Hallo Sahabat Guru Blog PAUD semunya mudah-mudahan kita dalam lindungan allah swt, kali ini saya akan menginformasikan baik Guru PAUD maupun Seluruh Guru di Nusantara ini yang mengikuti UKG Tahun 2015 sekarang sudah bisa melakukan Registrasi di Web Guru Pembelajar.

Mungkin informasi ini sebelumnya sudah sobat ketahui, tetapi tidak ada salahnya kami bagikan kembali. Sudahkah Sobat melakukan Registrasi Guru Pembelajar? Masih ingatkan No. Peserta UKG 2015? 

Nah.. kami yakin sobat sudah mengetahuinya dan mungkin sudah melakukan registrai? Bagi sahabat Guru PAUD, mari kita melakukan Registrasi untuk RESMI TERCATAT SEBAGAI PTK di dalam layanan GPO.

Perlu diketahui, untuk mendafarkan diri di Guru Pembelajar, sobat harus ingat dengan Nomor Peserta UKG Tahun 2015. Nomor Peserta tersebut akan dijadikan sebagai User dan Password nya adalah tanggal lahir.

Nah... Jika persyaratan di atas sudah sobat catat dan masih ingat, mari kita akan melakukan ketahap Registrasi.

Jika sobat belum mengetahui Bagaimana Cara Registrasi Guru Pembelajar, mari kita lihat langkah demi langkahnya di bawah ini :

1. Pertama silahkan sobat masuk ke alamat paspor.gurupembelajar.id. Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman Guru Pembelajar seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi : Tampilan Tahapan Registrasi
2. Jika sudah tampil seperti gambar di atas, silahkan sobat melakukan tahapan selanjutnya yaitu Registrasi Akun seperti terlihat pada gambar di atas. Kemudian sobata akan diarahkan ke menu selanjutnya yaitu Registrasi Akun Guru Pembelajar. Tampilannya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Regustrasi Akun Guru Pembelajar
Dari Gambar di atas sudah jelas sobat diminta memasukan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir. Sebelumnya saya sudah katakan silahkan Ingatkat dengan Nomor Peserta UKG Tahun 2015. Jika sudah ingat silahkan masukan No. Peserta UKG nya.

3. Langkah terakhir silahkan Pilih Registrasi, kemudian sobat akan mengungduh lembaran Surat Pemberitahuan Layanan Pembelajan secara Online dan sobat dinyatakan RESMI TERCATAT SEBAGAI PTK di dalam layanan GPO dengan Akun sebagai berikut, lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Username dan Password
Pada lembaran tersebut tercantum Username dan Password untuk digunakan Login di Guru Pembelajar. Silahkan Gunakan Username dan password tersebut di halaman paspor.gurupembelajar.id

Bagaimana Cara Login di Guru Pembelajar Daring ?


Cara Loginnya sobat silahkan masuk lagi ke alamat paspor.gurupembelajar.id. kemudian silahkan Masukan Email dan Password yang tertera di Surat Pemberitahuan yang sobat Download tadi. Lebih jelasnya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Login di Guru Pembelajar
Dengan demikian sobat bisa login di Guru Pembelajar dengan mudah, dan jangan lupa simpan tanpa bukti Registrasi Guru Pembelajar tersebut untuk kepentingan disaat Lupa ketika mengakses Guru Pembelajar atau untuk kepentingan lainnya.

Demikian Informasi tentang Cara Registrasi Guru Pembelajar yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan mudah untuk pahamai, jika masih ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan tuliskan pada kotak komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

Cara Update Otomatis Dapodik PAUD Ke Versi 3.0.1

Cara Update Otomatis Dapodik PAUD Ke Versi 3.0.1 - Kurang lebih belum satu minggu dirilisnya Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru yaitu Versi 3.0.0 dengan cepatnya pembaharuan Aplikasi Dapodik PAUD sudah tersedia dengan Versi 3.0.1.

Hal ini jangan dijadikan keanehan.. ini sudah biasa dilakuan setiap Aplikasi yang di luncurkan, baik Dapodikdas maupun Dapodikmen yang sudah di satukan menjadi Dapodikdasmen.

Jangan Lewatkan Baca Juga : Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online

Mungkin sobat bertanya-tanya bagaimana Cara Update Dapodik PAUD Terbaru Ke 3.0.1 secara otomatis pada Aplikasi Dapodik?

Baca Juga : Cara Mengisi Tambah User PTK di Dapodik PAUD Terbaru

Update Aplikasi Dapodik PAUD secara Otomatis inilah yang saya sukai, kenapa? karena disamping tidak perlu mendownload hal ini juga bisa meminimalisir jebolnya Data Kuota Internet.

Jika sobat ingin melakukan manual silahkan kunjungi web resmi manajemen dapodik paudnya, kemudian silahkan Download dan kemudian menginstallnya.

Pada artikel kali ini saya tidak membahas Cara Update Otomatis Dapodik PAUD Ke 3.0.1 secara Manual tetapi saya akan menyajikan Tata Cara Otomatis pengupdatenya.

Cara Update Dapodik PAUD Terbaru Ke 3.0.1


1. Pertama silahkan sobat buka Aplikasi Dapodik PAUD seperti biasanya, kemudian perhatikan di beranda, kemudian silahkan Pilih Menu Cek Pembaruan. Tampilannya seperti Gambar di bawah :
Gambar Ilustrasi Cara Cek Pembaruan Aplikasi Dapodik PAUD
2. Jika sobat sudah melakukan Langkah di atas, kemudian sobat akan ditampilkan pemberitahuan bahawa Aplikasi Terbaru sudah tersedia :
Pembaruan Tersedia (Dapodikpaud 3.0.1).
Apakah Anda ingin melanjutkan?
Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
Tampilannya seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Tersedianya Pembaruan
3. Langkah selanjutnya silahkan Pilih Lanjutkan, kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi
Untuk Lebih Jelasnya, silahkan simak Video Cara Update Otomatis Dapodik PAUD Ke Versi 3.0.1 di bawah ini :


Baca Juga : Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016

Dengan Video di atas sobat akan terasa mudah untuk memahami pembahasan bagaimana Cara Update Otomatis Dapodik PAUD Ke Versi 3.0.1, dan jangan lupa tanyakan jika masih ada kejanggalan. Terimakasih

Cara Mengisi Tambah User PTK di Dapodik PAUD Terbaru

Hallo Sahabat Blog PAUD di Nusantara, taukah sobat mengenai Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru tahun 2016? Sudahkah sobat Mengerjakan hal tersebut? Sudahkan Anda Paham Cara Mengisinya? Taukah Anda Manfaatnya? 

Hal tersebut wajar saja ditanyakan pada diri seorang Operator Dapodik, jangan malu bertanya, jangan malu dianggap banyak tanya dan sebagainya.

Sebenarnya sebelumnya saya sudah menuliskan sebuah artikel yaitu Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi artikel tersebut sudah bisa menjawab pertanyaan sobat yang diatas? 

Jangankan artikel ini ada keterkaitan, cara pengisiannya juga ada keterkaitan ko... sobat tidak usah mengisikan kembali pada Tab "Tambah User PTK" di Dapodik PAUD Terbaru

Sobat tinggal mengisi di bagian data rincian PTK/Guru, kemudian sobat tinggal memasukan Passwordnya oada Tambah User PTK.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi

Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas bagaimana Cara Mengisi Tambah User PTK di Dapodik PAUD Terbaru untuk Kepentingan Verval GTK.

1. Langkah pertama adalah silahkan sobat buka Aplikasi Dapodik Terbarunya, kemudian silahkan langsung pilih Tabulasi PTK.
Gambar Ilustrasi Memilih PTK Yang akan dijadikan User PTK
2. Kemudian silahkan sobat pilih Tab Tambah User PTK yang berada di bawahnya, seperti tampilan pada Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Tambah User PTK di Dapodik
 3. Jika sobat sudah memilih PTK yang akan di tambah User PTK, sobat akan ditampilkan dengan kolom Isi Pasword disana sobat bisa membaca keteranganya :
*) Diharapkan agar PTK sendiri yang memasukan password
*) Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang di kelola oelh Ditjen GTK
Adapun Tampilannya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi
Nah... dari Gambar di atas sobat sudah mengetahui Untuk Apa Email PTK di Masukkan/diisikan, dan cara memasukan email kata saya juga sudah di bahas pada artikel sebelumnya. Jika masih bingung tidak ada salahnya silahkan baca Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi

Cukup sekian artikel tutorial Cara Mengisi Tambah User PTK di Dapodik PAUD Terbaru yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah untuk dipahami, jangan lupa berikan tanggapannya atau pertanyaannya. Terimakasih

Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi

Hallo sobat selamat malam, bagaimana Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi ? nah hal ini membuat bingung Operator Sekolah baru, mungkin hal ini sudah tidak biasa lagi bagi OPS lama, ini adalah Warning biasa bukan warning yang mengakibatkan Gagal Sinkron atau tidak bisa sinkron.

Seiring berjalannya pendataan Dapodik PAUD Terbaru 2016 ini banyak perubahan yang harus diperhatikan oleh operator salah satunya adalah "Warning Email Harap Diisi".

Mungkin pada diri sobat bertanya-tanya kenapa Email PTK / Guru Wajib diIsi, pada postingan sebelumnya saya sudah menggambarkan apa manfaat dari email PTK/Guru yang di isikan di Aplikasi Dapodik, dan kenapa harus di isikan oleh PTK/Guru Masing-masing.

Baca Dulu : Informasi Tentang Verval NUPTK di Web GTK

Email yang dimasukan dalam Dapodik kegunaannya adalah untuk kepentingan ketika sudah dimulai Verval PTK oleh PTK masing-masing, kemudian email yang dimasukan dalam dapodik digunakan untuk Login pada Web GTK.Kemdikbud. 

Nah.. artinya setiap PTK/Guru wajib memiliki Email untuk kepentingan yang akan dibutuhkan ketika sudah dimulai verval setiap guru/ptk.

Baca Dulu  : Panduan Cara Verval PTK / Verval NUPTK Tahun 2016

Nah.. Jika sobat sudah memahami maksud dan tujuannya,mungkin bertanya-tanya juga dimana saya untuk mengaktifkan Email tersebut? dan Bagaimana cara memasukkan EMail PTK untuk menghilangkan Warning Email Harap Diisi pada Validasi Dapodik?

Cara Menghilangkan Warning Email Harap Diisi


1. Buka Aplikasi Dapodik PAUD

Pertama silahkan sobat buka Aplikasi Dapodik Terbaru 2016 sobat seperti biasanya baik Online atau Ofline tidak ada masalah yang penting Login Ke Aplikasi Dapodik.

Langkah selanjutnya silahkan sobat Klik Tab Validasi yang ada dibagian Beranda Dapodik Anda, dan jika hasilnya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Validasi Data PTK
Nah.. Jika tampilannya seperti di atas, berarti sobat wajib memasaukan email ptk/guru pada data rincian Guru/PTK yang dimaksud.

2. Memasukan Email

Langkah kedua adalah Operator / Guru memasukan Email masing-masing yang belum dimasukkan, jika Guru tersebut belum memili Email silahkan minta bimbingan kepada Operator Sekolah.

Dan Ingat Email yang dimasukan adalah email aktif bukan email asal buat dan tidak mempunyai akses (Email Piktif).

3. Menyimpan Email

Langkah terakhir silahkan sobat simpan perubahan data email ptk tersebut, dan kemudian silahkan lakukan Validasi Kembali.

Jika sudah hilang Warning Email Harap Diisi, silahkan Lakukan Sinkronisai kembali, dan silahkan tunggu Informasi selanjutnya.

Dibawah ini adalah Tutorial Menghilangkan Warning Email Harap Diisi di Aplikasi Dapodik PAUD :

1. Silahkan Tab Buka Bagian Validasi yang berada di sebelah kanan atas, seperti Gamabar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Validasi
2. Kemudian sobat akan menemukan keterangan seperti gambar di bawah, kemudian silahkan sobat perhatikan dan kemudian catat guru /ptk mana saja yang harus yang belum memiliki Email :
Gambar Ilustrasi Keterangan Validasi Data
3. Langkah selanjutkan silahkan sobat buka Tab PTK, kemudian cari nama PTK/Guru yang sudah dicatat sebelumnya, dan silahkan pilih PTK tersebut kemudian Pilih Tab Ubah :
Gambar Ilustrasi Edit Rincian PTK
4. Kemudian sibat akan dibawah ke Data Rincian PTK, silahkan sekrol ke bagian bawah dan silahkan isikan Emailnya :
Gambar Ilustrasi Mengisikan Email
5. Terakhir jangan lupa simpan, dan kemudian silahkan sobat Validasi lagi, dan hasilnya pun tidak akan ada tanda Warning lagi pada PTK yang dimaksud.

Baca Juga : Cara Mengisi Tambah User PTK di Dapodik PAUD Terbaru

Demikian artikel kali ini yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan mulai sekarang jangan bingung lagi Menghilangkan Warning Email Harap Diisi, pada Aplikasi Dapodik PAUD.

Dan silahkan tanyakan di sini mengenai permsalahan Dapodik PAUD-DIKMAS, saya akan membantu para sahabat Operator Dapodik PAUD. Terimakasih

Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016

Hallo Sahabat Blog PAUD, kali ini saya akan memberikan Tips manjur buat sobat-sobat Opertaor Dapodik PAUD, dimana Tips ini tidak diragunkan dalam mengatsi Gagal Isntalasi dan tidak akan menemukan kegaglan dalam Registrasi dan lain sebagainya.

Baca Dulu : Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016

Kenapa saya bilang tidak akan menemukan Gagal Instalasi dan Gagal Registrasi? karena saya yakin ketika ada kegagalan dalam Install Dapodik PAUD 2016, maka bisa disebabkan beberapa kemungkinan :
Gambar Ilustrasi Berfikir Itu Pekerjaan yang Mulia

1. Operator Dapodik PAUD 

Operator Dapodik PAUD adalah User pengguna yang sangat penting kehadirannya dalam pendataan melalui Aplikasi Dapodik, dimana Opertor Dapodik mempunyai peran yang sudah diamanatkan :

Peran Operator Sekolah :
  • Mendistribusikan formulir pendataan kepada Sekolah, PTK, dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk diisikan ke dalam aplikasi.
  • Mengisi aplikasi Dapodik sesuai dengan formulir pendataan yang telah terisi.
  • Mengirim data ke server Pusat melalui Aplikasi Dapodik

Artinya Jika Operator Dapodik sebelum membaca dan memahami sudah melakukan tindakan, dimana hal tersebut tidak disarankan untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang dialamai. 

2. Aplikasi Dapodik Sebelemunya Belum di Unistall

Nah... Poin yang kedua ini adalah Poin yang sangat Fatal dilakukan, ketika Penginstalan Dapodik PAUD Baru Tahun 2016 dan Dapodik sebelumnya tidak dilakaukan Unistall terlebih dahulua, Kenapa Sampai Demikian?

Baca Dulu : Cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD

Mungkin mereka mengaggap Aplikasi Dapodik bisa di pasang walaupun Aplikasi sebelumnya tidak dihapus, karena beberapa alasan Data Takut Hilang, Gimana Kalau Gagal Install Data Otomatis akan Hilang... Padahal Jika dipahami, Data tidak akan hilang apabila sudah melakuna sinkronisasi sebelum batas waktu ditentukan tahun kemarin, dan datapun tersimpan di server pusat.

Jika sobat sudah memahami 2 hal di atas, mari kita langsung ke tofik pembahasan yaitu Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016 :

1. Sebelum Installer

Sebelum menginstall Versi Baru yakni Versi 3.0.0, silahkan lakukan terlebih dahulu uninstalasi/penghapusan Aplikasi DAPODIK versi terdahulu atau sebelumnya  (2.x.x ke bawah).

2. Menonaktifkan Anti Virus Sementa

Beberapa Anti Virus dapat menghambat Instalasi. Oleh karenanya dianjurkan untuk mematikan sementara antivirus yang terinstall di komputer selama proses instalasi berjalan, baik pertama memuka apliksai maupun ketika berjalannya installasi.

3. Gunakan Browser yang di Sarankan

Silahkan sobat Gunakan Browser yang disarankan. Browser yang disarankan dalam menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD 2016 adalah menggunakan Browser Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge tanpa Plugin/Aplikasi tambahan browser.

Plugin adalah sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan browser, yang dapat digabungkan dengan browser menggunakan akses poin dan metode yang disediaka

4. Gunakan Registrasi Online

Poin inilah yang suka saya gunakan ketika melakukan Registrasi Dapodik baik Dapodik PAUD maupun Dapodikdasmen. 

Bagi yang memiliki koneksi internet memadai, disarankan untuk melakukan registrasi online saja dan sobat sudah mengetahuinya bahwa registrasi online "Tidak Perlu Menggunakan File Prefil"

5. Kode Registrasi

Kode Registrasi ini bisa anda dapatkan dari Dinas Pendidikan setempat, dimana  Kode Registrasi ini sangat rahasia, dan perlu sobat ketahui Jangan Peranah Secrean Shot Kode Registrasi Anda ketika mempunyai masalah Dapodik dan di Upload ke Facebook atau media Online sejenisnya.

Baca Juga : Download Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Kode Registrasi yang lama dari Tahun Ajaran/semester sebelumnya masih dapat digunakan, untuk dipakai di Tahun Pelajaran 2016/2017 ini.

6. Pengguna Baru

Untuk pengguna baru Dapodik PAUD, mungkin butuh proses dalam memahami mulai dari Unduh Aplikasi, Unistall, Installer, dan lain sebagainya sangat disarankan untuk membaca Buku Panduan atau membaca Isi dari Blog Solusi Dapodik ini.

Silahkan Baca : Kategori Dapodik PAUD-DIKMAS

Pengguna Baru (pertama kali menggunakan DAPODIK) silahkan meminta Kode Registrasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.

Demikian Informasi yang bisa kami bagikan Tips Jitu Untuk Kelancaran Instalasi DAPODIK PAUD 2016, semoga bermanfaat dan bisa membantu sahabat Operator Dapodik di Nusantara ini.

Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016

Hallo sahabat Blog PAUD Baitul Fiqri, mudah-mudahan kita dalam lindung Allah swt. kali ini kami akan membuatkan sebuah tutorial bagaimana Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016. dan sebelumnya kami telah membahas Ada Dua Cara Registrasi Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0.

Ketika saya melihat dan menjawab seorang Operator Dapodik PAUD yang ada masalah ketika peng installan dan ketika melakukan registrasi, kebanyakan mereka belum membaca dan memahami apa yang harus dilakukan oleh seorang operator Dapodik PAUD - DIKMAS.

Padahal jika mereka memahami dan mau membaca dan mecari informasi sebelum Exen, maka mereka tidak akan menemukan kesalahan yang dialami baik Gagal Installer maupun Registrasi.

Baca Dulu : Cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD

Perlu dikethaui Dapodik mempunyai pekerjaan yang terstruktur dimana Aplikasi ini membutuh kan pekerjaan yang ekstra keterkaitan, ketika kita salah dalam pengerjaan penghapusan atau Unistal Aplikasi Dapodik PAUD sebelumnya maka akan ditemukan kegagalan ketika melakukan Pengisntallan.

Dan ketika kita melakukan kesalahan dalam Penginstallan maka akan dipastikan Registrasi pun akan mengalami kegagalan... dan sebagainya, betul yang sudah saya bicarakan sebelumnya bahwa Pengerjaan Dapodik harus terstruktur.

Ok.. kita langsung ket Topik Permasalahan bagaimana Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016 ? Nah.. ini yang ingisn saya share kepada Para Operator Dapodik PAUD, jangan sampai terlewatkan jika sobat tidak mau ada masalah pada Dapodik PAUD nya.

Disini saya akan menjelaskan dan memberikan sebuah tutorial Registrasi secara Online, dan sobat pun sudah mengetahui sebelumnya, bahwa Registrasi Dapodik PAUD bisa dilakukan dengan Dua Cara. 

Jangan Lupa Baca Dulu : Ada Dua Cara Registrasi Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0

Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016 


1. Membuka Aplikasi Dapodik PAUD

Pertama silahkan Sobat Buka Aplikasi Sobat, apabli sudah menginstallnya tetapi belum melakukan Regustrasi, kemudian akan muncul pengisian Dapodik seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Tampilan Registrasi Online
Dari Gambar di atas ketika sobat melakukan Registrasi Online tampilannya seperti Gambar di atas, artinya sobat tidak pinta memasukan Data Prefill, biasa langsung sobat simpan saja.

2. Mengisi Biodata Operator dan Kode Registrasi

Langkah selanjutnya yaitu mengisi Biodata Operator Dapodik PAUD, seperti Nama, Username, Nomor HP, Nomor TLP, bahkan Kode Registrasi, intiny silahkan anda isi yang bertanda bintang itu tandanya wajib sobat isi, ketika tidak di isi maka registrasipun akan gagal dilakukan.

3. Memperhatikan Kecepatan Jaringan Internet

Perhatikan Jaringan Internet Anda, ketika melakukan Registrasi Online, sebab jika Kecepatan internet nya lamabat alias Lemot, Loading, Regisrasi Online ini tidak disarankan untuk menghindari kegagalan ketika registrasi.

Registrai Dapodik PAUD secara online ini adalah Registrasi Pavorit saya, dimana Registrasi Online ini simpel tanpa harus Generate Prefill dan bisa dilakukan dengan satu langkah saja artinya Isi Biodata dan Langsung Kirim atau Simpan dan Aplikasi pun sudah siap digunakan.

Bagi sahabat Blog PAUD ini saya rasa sudah jelas, tetapi jika sobat masih bingung dan masih saja bertanya-tanya bagaimana Cara Registrasi Online Dapodik PAUD Terbaru 2016 dengan benar ? saya sudah menyediakan jawabannya yang bisa sobat simak melalui Video Tutorialnya.

Video ini sudah saya siapkan mulai dari Cara Unistall dan Cara Installer Dapodik yang benar tanpa ada Gejala, saya sarankan ikuti langkah saya di bawah ini :


Dengan Video tersebut permasalahan Unistall dan Installer akan terhindari, sebab sobat bisa mempraktikannya pada Laptop yang terpasang Dapodik PAUD sebelumnya.

Dan Ingat, jika Awalnya sudah salah dalam pengerjaan maka sudah dipastingan kedepannya akan melakukan/menemukan kesalahan kembali.

Baca Juga : Cara Verval PTK Terbaru 2016

Inti menghindari kesalahan dalam pengerjaan dapodik adalah silahkan baca dan pahami, kemudian langsung praktikan, kemudian jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan di sini... melalui kotak komentar yang sudah disediakan atau silahkan kunjung Facebook Kami. dan silahkan gunakan fasilitas tersebut untuk bertanya. Terimaksih

Ada Dua Cara Registrasi Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0

Registrasi dalam Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2016 ini bisa sobat gunakan dengan Dua Cara yaitu Cara Offline dan Cara Online, sama halnya dengan ketika registrasi di Aplikasi Dapodikdasmen.

Baca Juga : Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online

Silahkan sobat gunakan mana yang menurut Anda mudah dan yang terbaik intinya sama baik Registrasi Offline maupun Registrasi Online.

Perbedaan Registrasi Offline dan Online :


1. Registrasi Offline

Registrasi Offline adalah registrasi yang dilakukan dengan cara aplikasi tidak terhubung dengan koneksi jaringan internet artinya ketika anda membuka aplikasi dapodik jaringan internet anda harus di Non Aktifkan.

Dan Registrasi Offline ini membutuhkan prefill terbaru yang anda generate sebelumnya, dan saya yakin anda sudah mengetahui bagaimana cara Generate Prefill.
Gambar Ilustrasi Cara Generate Prefill
Baca Juga : Tata Cara Generate Prefill Dapodik PAUD-DIKMAS 

Jika anda sudah Men-Generate Prefill, kemudian prefill tersebut sudah anda Download/unduh, prefill yang tadi anda unduh wajib dimasukan / Panggil melaui Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, tampilan Registrasi Offline seperti gambar di bawah ini :
Ada Dua Cara Registrasi Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0
Gambar Ilustrasi Tampilan Registrasi Offline

2. Registrasi Online

Registrasi Online adalah Registrasi yang dilakukan secara terhubung dengan jaringan Internet ketika anda melakukan registrasi.

Registrasi Online ini tidak membutuhkan Prefill hasil Generate terbaru, anda tidak akan melihat Pilih File Prefill seperti Gambar di atas, dan bisa langsung mengirim/menyimpan biodata registrasi ketika melakukan registrasi online.

Registrasi Online ini membutuhkan jaringan internet yang super ngebut supaya ketiga registrasi tidak ada kegagalan. Saran kami silahakan lakukan Registrasi Online ini ketika anda memiliki jaringan internet yang suoer ngebut.

Adapun tampilan Registrasi Online seperti Gambar di bawah ini :
Ada Dua Cara Registrasi Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0
Gambar Ilustrasi Registrai Online Dapodik PAUD-DIKMAS
Jika anda sudah mengetahuinya, silahkan ambil salah satu Registrai yang menurut anda mudah dilakukan.

Baca Juga : Cara Registrasi Onlien Dapodik TP. 2016/2017

Itulah Dua Cara Registrasi Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0 Tahun Pelajaran 2016/2017 yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat. Terimakasih

Cara Install Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0

Cara Install Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0 - Hallo Sahabat Blog PAUD, Sudahkah Anda memasang Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2016 ini? Sudahkah Anda Meng-Unistall Dapodik sebelumnya? jika dua hal tersebut sudah dilakukan berarti anda sudah sukses dalam menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru.

Nah... Disini kami akan menyajikan sebuah tutorial Bagaimana Cara Install Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0 dengan Benar?

Baca Juga : Silahkan Download Dapodik PAUD-DIKMAS V.3.0.0 Sudah Dirilis

Ada yang harus diperhatikan dalam penginstallan Dapodik terbaru, yaitu anda wajib mengunistall Dapodik sebelumnya supaya tidak ada bentrokan dalam sebuah aplikasi baru dengan aplikasi sebelumnya, maka dengan demikian silahkan anda terlebih dahulu Unistal Aplikasi sebelumnya.

Baca Juga : Cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD

Jika anda sudah mengunistall nya, mari kita simak bagaimana Cara Install Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0 di bawah ini :

1. Persiapkan Aplikasinya

Pertama saya rasa anda sudah mendownload Aplikadi Dapodik PAUD Versi Terbaru yakni V.3.0.0, jika belum mendownloadnya silahkan Download di SINI ....

Langkah Selanjutnya, silahkan buka aplikasi dapodiknya, dengan cara Klik Mouse kanan kemudian Pilih 
Cara Install Dapodik PAUD Terbaru V.3.0.0
Gambar Ilustrasi Cara Membuka Installer Dapodik PAUD
Kemudian Anda akan diarahkan Waring apakah anda akan menginstallnya... Silahkan anda Pilih Ya, kemudian Aplikasi Dapodik PAUD Akan Menginstall dengan Cara silahkan Anda Klik Next.... 

2. Centang Untuk Menyetujui Installer

Langkah selanjutnya anda akan dipinta menyetujui Pemasangan Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru, untuk lebih jelasnya baca keterangan tersebut.

Silahkan Tunggu sampai selesai penginstallannya, jika sudah selesai silahkan anda buka aplikasi dapodiknya melalui shotcut jika aplikasi tersebut tidak jalan secara otomatis ketika selesai penginstallan.

Bagaimana Cara Mengatasi Dapodik PAUD ketika selesai penginstallan tidak secara otomatis terbuka? sebenarnya jika hal tersebut terjadi pada Aplikasi Anda, ada dua cara membukanya yakni dengan :
1. Membuka Aplikasi Dapodik PAUD Melalui Shotcut dan
2. Membuka Langsung Aplikasi Dapodik PAUD Melalui Pemanggilan localhost:9000
Saya akan menyajikan Cara Membuka Aplikasi Dapodik PAUD Melalui Shotcut di Laptop Anda, ini adalah tampilannya :
Gambar Ilustrasi Cara Membuka Aplikasi Dapdoik Melalui Shotcut
Dan yang kedua adalah Cara Membuka Langsung Aplikasi Dapodik PAUD Melalui Pemanggilan localhost:9000, di bawah ini adalah tampilanya :
Gambar Ilustrasi Membuka Aplikasi Dapodik dengan Cara Pemanggilan Langsung Localhost 

Kesimpulan :

Dari Penjelasan di atas kami menyajikan sebuah Video Tutorial Cara Unistall dan Install yang Benar Dapodik PAUD-DIKMAS terbaru V.3.0.0 di bawah ini, dengan tujuan untuk mempermudah para pembaca dan pelanggan kami.


Jangan Lewatkan Baca Juga : Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online

Cukup sekian artikel kali ini yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan mudah dipahami dalam pengerjaan Installer Dapodik Sobat, sebelumnya kami ucapkan terimakasih. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan melalui kotak komentar yang sudah disediakan.

Silahkan Download Dapodik PAUD-DIKMAS V.3.0.0 Sudah Dirilis

Setelah sekian lama kita menunggu kelahiran Dapodik PAUD yang sering disebut DapoPAUD Versi 3.0.0 kini sudah bisa anda Download.

Bahkan sudah diperbincangkan di Grup Operator Dapodik PAUD-DIKMAS, Kapan Keluarnya? Kapan Dirilis? Nah... Maka dari itu bagi sahabat Blog PAUD ini sekarang sudah biasa mendownloadnya, kemudian menginstal Aplikasi Dapodik PAUD.

Dimana Saya Mendownloadnya ?


Anda bisa mendownload Aplikasi tersebut di Web Ini yang di Tautkan ke Web Resmi Data Pokok Pendidikan PAUD-DIKMAS yang ber alamat di dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id.

Kemudian sobat akan ditampilkan seperti Gambar di bawah ini :
Download Dapodik PAUD Sudah Dirilis
Gambar Ilustrasi Tempat Download DapoPAUD.
Dari Gambar di atas sobat bisa mendownloadnya melalui Link yang sudah di sediakan baik Link Alternatif 1 maupun Link Alternatif 2, artinya jika Link satu ada masalah silahkan Gunakan Link kedua untuk mengunduh Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.0.0.

Dan jangan lupa silahkan Download Petunjuk Teknis Dapodik PAUD-DIKMAS, supaya ketika anda mengunistal dan mengisntalnya tidak ada permasalahan. Intinya sebelum bertindak maka silahkan baca buku pedomannya.

Apa Yang Harus saya Lakukan sebelum Meng - Install Dapodik PAUD-DIKMAS V.3.0.0 ?

Sebelum anda melakukan Install / Pemasangan Aplikasi, terlebih dahulu Anda Wajib menghaspus atau Meng-Unistall Aplikasi Dapodik PAUD sebelumnya.

Silahkan Baca : Cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD

Jika anda sudah membaca panduan Cara Unistal tersebut, silahkan anda langsung praktikan pada komputer/laptop yang terpasang DapoPAUD sebelumnya.


Atau Sobat Bisa menyimak Video Cara Unistalnya di Bawah ini :


Jika masih ada pertanyaan silahkan jangan sungkan-sungkan tanyakan langsung di sini, melalui kotak komentar yang sudah disediakan atau bisa langsung Chat Melalui Facebook Kami di SINI....

Dan Kami Menyajikan Video Tutorial Dapodik PAUD-DIKMAS Terbaru Versi 3.0.0 dengan Judul Tidak Mau ada Masalah - Ini Cara Unistall Sampai Install Kembali Dapodik PAUD DIKMAS Terbaru V.3.0.0, silahkan simak Videonya :


Video Tutorial di atas adalah menyajikan Dua Tutorial Yakni Cara Unistall dan Install Dapodik PAUD-DIKMAS V.3.0.0. dengan Benar.

Download Gratis 10 File Modul Guru Pembelajar Jenjang PAUD

Hallo Sahabat Blog PAUD, kali ini kami akan memberikan sebuah File Modul Pembelajar Jenjang PAUD, File ini berformat PDF. 

Pernahkah sobat mempelajari Guru Pembelajar Daring? Kami yakin sobat sudah mendengarnya bahkan sudah mempelajarinya dan mungkin saja dari sobat ada yang menjadi Admin Guru Daring, sebelumnya kami akan memberikan Gambaran tentang Guru Pembelajar Daring melalui Video di bawah ini :


Dari Video di atas sudah jelas Bagaimana Cara Menggunakan Guru Pembelajar daring.  Nah jika sobat sudah ada gambaran, maka dengan demikian kami akan membagikan File yang bisa sobat Download secara Gratis 10 File Modul Guru Pembelajar Jenjang PAUD di bawah ini :

Download Gratis 10 File Modul Guru Pembelajar Jenjang PAUD


Sebelumnya kami akan tampilkan kembali Video Tutorial Kelanjutan dari Video di Atas yaitu Kegiatan Belajar Guru Daring


Nah... Itulah Video tentang Gambaran dari Guru Pembelajar Daring yang bisa kita simak dan pelajari, baru kemudian mendownload 10 File Modul Guru Pembelajar Jenjang PAUD.

Cara Verval PTK Terbaru

Cara Verval PTK Terbaru - Hallo sahabat blog PAUD kali ini kami akan meng informasikan kepada sahahabat setia, bagaimana Cara Verval PTK Terbaru yang akan dilakukan oleh semua PTK di Nusantara ini.

Pernahkah sobat melakukan Verval PTK melalui akun Padamu Negeri tahun sebelumnya? Nah... Verval PTK Terbaru ini tidak jauh perbedaannya, sobat disuruh menyiapakan Dokumen-Dokumen yang di butuhkan di Web PTK PDSP Kemdikbud nantinya.

Adapun Dokumen yang harus sobat sediakan adalah KTP, SK PNS, SK Penugasan dari Dinas (SPT), 4 Buah Ijazah (SD, SMP, SMA, SI/D4).

Dokumen tersebut silahkan sobat Scan dalam Format PDF, kemudian silahkan sobat Upload di alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Dengan demikian Dokumen yang sibat Upload akan di verifikasi oleh tim PDSP Kemdikbud. 

Bagaimana Cara Verval PTK Terbaru ?


Mungkin hal ini akan di pertanyakan oleh semua Guru/PTK di Nusantara ini, tetapi bago Operator Sekolah ini adalah pekerjaan yang sudah biasa dilakukan, bahkan mereka mengganggap pekerjaan ini tidak dijadikan hambatan Verval PTK Melalui Situs / Web PDSP Kemdikbud.

1. Langkah Pertama 

Langkah pertama Verval PTK Terbaru adalah silahkan sobat Login/Masuk ke situs resmi vervalptk.data.kemdikbud.go.id. atau silahkan sobat masuk di sini.

Apabila sobat, menemukan pernyataan Menu tambahan Verval Dokumen, silahkan sobat pilih OK, tampilannya seperti Gambar di bawah ini :
Verval PTK Versi 1.3
Gambar : Verval PTK Versi 1.3
Kemudian silahkan sobat pilih Menu Verval Dokumen, kemudian silahkan Pilih Menu Verpal Arsip, seperti yang terlihat pada Gambar di bawah ini :
Verval PTK Terbaru
Gambar : Pemilihan PTK yang Akan di Verval

2. Langkah Ke Dua

Jika sobat sudah memilih melakukan langkah di atas, maka sobat akan ditampilakan beberapa PTK yang memiliki NUPTK, dan Upload Dokumen Verval Arsip pun masih tidak aktif. Seperti yang terlihat pada Gambar di atas atau bawah ini :
Gambar Upload Dokumen masih tidak aktif

3. Langkah Ke Tiga

Langkha Ketiga adalah sobat dipinta memilih salah satau PTK/Guru yang kan di Verval, kemudian silahkan Pilih Upload Dokumen Verval Arsip seperti terlihat pada Gambar di atas, kemudian sobat akan diarahkan ke tampilan tab baru yaitu dipinta mengupload sperti :

Dokumen 1 (KTP)
Dokumen 2 (SK GTY)
Dokumen 4 (Ijazah Setara SD)
Dokumen 5 (Ijazah Setara SMP)
Dokumen 6 (Ijazah Setara SMA / SMK )
Dokumen 7 (Ijazah Setara S1 / D4 )

Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
Cara Verval PTK Terbaru
Gambar Peng Uploadan Dokumen PTK

4. Langkah Ke Empta

Langkah Ke Empat adalah Upload Dokumen, apabila dokumen sudah sobat masukan ke dalam Aplikasi Verval PTK Terbaru tersebut, silahkan sobat pilih Upload Dokumen seperti terlihat pada Gambar di atas.

Demikian Langkah demi langkah Cara Verval PTK Terbaru yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua. 

Untuk mempermudah Chating, Kunjungi Fanspage Informasi PAUD Terbaru Kami DI SINI .... Silahkan Tuliskan Pertanyaannya pada Artikel yang di Maksud. Seperti Gambar di Bawah ini :
Gambar Tata Cara Chating Cepat dengan Admin
Jangan sungkan-sungkan, silahkan tanyakan apabila masih ada yang kurang dimengerti, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.


Download Modul Perencanaan Pembelajaran PAUD

Download Modul Perencanaan Pembelajaran - Malam ini kami akan membagikan Modul Perencanaan Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini.
Gambar Ilustrasi
Sebelum kami membagikan Link Downloadnya, kami akan menggambarkan Seperti Apa Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini.

Baca Juga : Download RKH Semester 1 dan Semester 2 Kelompok Belajar (KB)

Dalam Modul ini terdapat Konsep Perencanaan Pembelajaran, dimana konsep ini meliputi beberapa Komponen seperti :

A. Kompetensi 

Peserta Pelatihan dapat :
1. Memahami pentingnya penyusunan rencana pembelajaran
2. Menyusun program semester
3. Menyusun renacana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPM)
4. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RKH).

Baca Juga : Perbedaan Kurikulum KBK dengan KTS Kelompok Belajar (KB) PAUD

B. Lingkup

1. Program Semester
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

Untuk lebih jelasnya silahkan sobat Download Modul Perencanaan Pembelajaran PAUD pada Link di Bawah ini :


Dengan demikian sobat bisa mempelajari modul tersebut untuk membuat sebuah konsep dalam Perencanaan Pembelajaran di Satuan Pendidikan Masing-masing. 

Apabila sobat kesulitan dalam mendownloadnya, jangan sungkan-sungkan silahkan masukan pertanyaannya di kotak komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

Video Senam Pinguin Versi Bunda dan Panda PAUD

Hallo Sahabat semuanya kali ini kami akan membagikan sebuah Video Senam Pinguin Versi Bunda dan Panda PAUD yang bisa sobat lihat untuk menghibur bahkan bahkan bisa dijadikan sebagai contoh Senam Pinguin Versi Bunda-Bunda PAUD di Satuan Pendidikan masing-masing.

Saya rasa video ini sangat menghibur sekali ketika kita mengalami stres, senam pinguin inilah bisa dijadikan obat yang efektif... Hee,,,

Video ini berdurasi kurang lebih 3 Menit dan berukuran 22 MB ukuran normalnya, ukuran tersebut tidak begitu besar jika sobat mendownloadnya dengan kecepatan internet yang setabil.

Personil dalam Video ini adalah sembilan orang, 6 Orang Bunda-bunda PAUD dan 3 Orang Lagi Panda-Panda PAUD. 

Adapun Grakannya juga sangat mudah untuk ditiru jika sobat ingin mempraktikannya di lembaga masing-masing. 

Mari kita simak Video Senam Pinguin Versi Bunda dan Panda PAUD di bawah ini :


BTW .... Lucu Ga ni Video tersebut dan bisa mengobati stres tidak ? Saya yakin anda akan terhibur dengan Video ini.

Di samping menghibur sobat juga bisa mempraktikannya kepada anak-anak di lebaga PAUD masing-masing, mari kita ajak anak PAUD kita bersenam ria.

Untuk Lebih jelasnya, silahkan sobat lihat Video tersebut Via Youtube.com di Sini ....

Apakah Sobat ingin mendownloadnya ? di akhir artikel ini saya akan menyediakan Link Download Video Senam Pinguin Versi Bunda dan Panda PAUD. Beikut adalah Link Downloadnya :

Download Video Senam Pinguin Versi Bunda dan Panda PAUD


Cukup sekian artikel kali ini yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat bagi bunda atau pamda PAUD. Terimakasih