-->

Cara Cetak Kartu NISN dengan Aplikasi Dapodik Helper

Hallo Sahabat Blog PAUD, kali ini saya sebagai Mitra User Blog PAUD ini yang sudah diberikan ijin untuk menuliskan sebuah Tutorial Bagaimana Cara Cetak Kartu NISN dengan Aplikasi Dapodik Helper yang sudah sobat Download sebelumnya.

Baca Dulu : Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik Secara Otomatis

Sebelum menggunakan Aplikasi Dapodik Helper ini ada beberapa yang harus sobat siapkan diantaranya adalah :
1. Sudah Terinstallnya Aplikasi Dapodik baik Aplikasi Dapodikdasmen maupun Dapodik PAUD pada komputer/laptop sobat.
2. Sudah Terinstallnya Aplikasi Dapodik Helper pada perangkat komputer/laptop sobat.
3. Sudah Terisinya semua NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) pada Aplikasi Dapodik 

Saya yakin sobat sudah melakukan hal tersebut sebelumnya, selanjutnya bagaimana cara menggunakannya, berikut adalah tahapannya :

1. Jika sobat belum mendownload Aplikasi Dapodik Helpernya, kami sudah menyediakannya pada Blog Download Gratis silahkan Download Di SINI.

2. Langkah Kedua adalah Menginstall Aplikasi Dapodik Helper dengan Cara Klik Mouse Kanan Kemudian Run As Administrator, tetapi sebelumnya silahkan Extract terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya lihat Gambar di bawah ini :
Gambar : Meng Extract File Rar Dapodik Helper
3. Silahkan Sobat selesaikan penginstallan nya seperti biasa.
Gambar : Langkah Pertama Installer
4. Jika sudah selesai peng Installan, silahkan Anda jalankan Dapodik Helper, kemudian silahkan anda pilih File ---> Atutentikasi kemudian silahkan Anda masukan User Name dan Passwor Anda seperti halnya anda masuk pada Aplikasi Dapodik.
Gambar : Halaman Login Aplikasi Dapodik Helper
5. Langkah selanjutnya jika anda sudah login, silahkan pilih File => Data Pokok, kemudian akan muncul nama-nama siswa secara lengkap. Lebih jelasnya silahkan lihat Gambar di bawah ini : 
Gambar : Langkah Pertama Setelah Login
6. Langkah selanjutnya anda akan di arahkan ke Tampilan Isi Dari Dapodikdasmen maupun Dapodik PAUD, kemudian silahkan anda pilih Peserta Didik, lebih jelasnya seperti Gambar di bawah ini :
Gambar : Memilih Siswa yang akan dibuatkan Kartu NISN
7. Next.. silahkan Anda pilih siswa yang mau dieksekusi, dengan cara klik Mouse Kanan kemudian silahkan pilih Kartu NISN, silahkan perhatikan lagi gambar di atas. 

8. Jika anda sudah mengikuti langkah seperti Gambar di atas langkah selanjutnya anda akan di arahkan ke tampilan Kartu NISN, seperti gambar di bawah ini :
Gambar : Pencetakan atau Print Out
Dari gambar di atas anda dipinta apakah kartu NISN tersebut mau disimpan dalam bentuk PDF? apakah mau Anda langsung cetak..? silahkan anda gunakan menu dalam tampilan tersebut, tetapi biasanya saya menyimpan dulu dalam komputer/laptop kemudian mencetaknya sekaligus setelah pembuatan kartu NISN beres semuanya.

Demikian Tutorial Bagaimana Cara Cetak Kartu NISN dengan Aplikasi Dapodik Helper yang bisa saya tuliskan pada Blog PAUD sederhana ini, sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Admin Blog ini telah mengijinkan saya untuk memposting sebuah artikle. dan semoga tutorial ini bermanfaat dan mudah dipahami, jangan sungkan-sungkan silahkan tanyakan jika ada yang belum dipahami. Terimakasih

Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik Secara Otomatis

Hallo Sahabat Blog PAUD, semoga kita dalam lindungan Allah swt, sudah lama sekali saya tidak membuat sebuah artikel yang berkaitan dengan Dapodik PAUD. 

Sudah banyak teman-teman yang menanyakan bagaimana cara memasukan NISN PAUD pada Aplikasi Dapodik PAUD.

Nah... pada artikel ini saya bertujuan untuk mengulas dari pertanyaan tersebut, tetapi sebelumnya ada yang sobat ketahui bahwa yang sudah bisa ditarik ke Aplikasi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah NISN Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Jenajang TK (Taman Kanak-Kanak).

Baca Juga : Cara Cetak Kartu NISN dengan Aplikasi Dapodik Helper

Bagaimanadengan KB, SPS dan lain sebagainya? 

Untuk KB kita masih menunggu apakah akan diberikan NISN apa Tidak...? Belum ada jawaban yang pasti, kita menunggu saja, tetapi dilihat dari perkembangan dalam situs VervalPD sebelumnya saya sudah mengeposkan bahwa List Siswa KB sudah masuk pada Situs VervalPD.

Baca Dulu : Informasi Penerbitan NISN PAUD

Pada Artikel tersebut saya memberikan Secreanshot Nama-nama Peserta Didik KB sudah masuk pada Tahapan VervalPD, kemungkinan besar KB Juga akan diberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).


Tahap Pertama, sudah pastinya sobat mengecek Apakah siswa sudah masuk pada situs / web pengelolaan NISN yang beralamat di Kemdikbud Login - sdm.
Halaman Login VervalPD / Kemdikbud SDM

Jika sudah Login silahkan Lihat Peserta Didik Sobat apakah sudah masuk apa belum, jika sudah maka anda sudah bisa memasukan secara otomatis ke Aplikasi Dapodik PAUD yang anda kelola.
Calon Siswa Penerima NISN

Gambar di atas adalah Peserta Didik PAUD jenjang KB, jadi Kolom NISN belum tersisi sehingga NISN siswa tidak akan bisa ditarik ke Aplikasi Dapodik. 

Tetapi jika Lembaga Anda adalah TK (Taman Kanak-kanak) seharusnya Kolom NISN sudah terisi dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Tahap Kedua, jika sudah dipastikan kolom NISN terisi, yang perlu anda lakukan adalah mengeksekusi memasukan NISN Siswa secara Otomatis pada Aplikasi Dapodik PAUD.

Sebenarnya ada dua Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik ini, pertama dengan cara Unistall Aplikasi Dapodik PAUD kemudian Install kembali dan Registrasi Kembali dan yang Kedua adalah yang sering saya lakukan adalah TANPA MENGUNISTAL APLIKASI DAPODIK PAUD, artinya anda tinggal membuka Aplikasi Dapodik PAUD kemudian Registrai kembali.

Dua cara tersebut bisa anda Gunakan tetapi silahkan anda pilih yang menurut anda tidak memberatkan atau menggunakan cara kedua yang sering saya lakukan yaitu Registrasi Kembali tanpa Unistal Aplikasi Dapodik PAUD, intinya semuanya sama.

Tahap Ketiga, tahap terakhir adalah mengecek apakah NISN sudah masuk masuk Aplikasi Dapodik apa masih tidak ada perubahan pada Aplikasi Dapodik...?? 

Jika pengerjaannya sudah sesuai dengan langkah diatas seharusnya NISN masuk secara otomatis pada Aplikasi Dapodik Anda seperti pada Gambar di Bawah ini :
Gambar : NISN Terinput pada Aplikasi Dapodik PAUD
Pada Gambar di Atas sudah jelas bahwa NISN diberikan kepada siswa mulai dari Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kita sebagai pengelola jangan berkecil hati bahwa pemerintah membuktikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini sangat dibutuhkan di Nusantara tercinta ini.

Jika Belum Terdaftar : Cara Cek Status Pendaftaran Operator Dapodik PAUD DIKMAS di SDM.DATA.KEMDIKBUD.GO.ID

Demikian artikel kali ini yang bisa saya tuliskan semoga bermanfaat dan menjadikan hal yang bermanfaat dalam mengelola sebauh pendataan melalui Aplikasi Dapodik PAUD Cara Memasukan NISN PAUD Ke Aplikasi Dapodik Secara Otomatis.