-->
Home » » 10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD

10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD

Hallo Sahabat Semunya semoga kita dalam lindungan Allah swt. pada kesempatan ini kami akan membagikan 10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD, kami yakin sobat sudah mengetahui dari 10 cara tersebut, tetapi tidak ada salahnya kami membagikan kembali artikel ini untuk kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini.
Dalam kegiatan pembelajaran di PAUD terdapat beberapa teknik dan cara mengajar yang baik yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik PAUD, teknik dan cara mengajar yang baik ini menyangkut kompetensi dan kemampuan profesional yang harus dimiliki seorang pendidik dalam kegiatan pembelajaran dan pengasuhan anak usia dini. 
10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD
Gambar Ilustrasi : 10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD
Berikut ini ada beberapa Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD dengan baik dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengasuhan di Lembaga PAUD masing-masing :
  1. Cintai dan sayangi anak didik seperti anak kita sendiri.; seorang pendidik yang baik akan dapat meresapi di dalam hatinya bahwa ia sangat mencintai dan menyayangi anak didiknya disekolah seperti ia mencintai dan menyayangi anak-anaknya sendiri di rumah.
  2. Mengajar dengan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak; apa yang dilakukan pendidik di sekolah dan lembaga PAUD berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak, pendidik yang baik akan selalu memperhatikan kebutuhan anak dalam belajarnya. Setiap anak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan keinginan yang ditanggapi dengan antusias yang sama oleh pendidik.
  3. Berikan Penampilan yang terbaik dan terindah dalam mengajar; Seorang pendidik harus memberikan penampilan dan kemampuan yang terbaik dalam mengajar, misalnya dalam menyanyi seorang pendidik PAUD harus berusaha menyanyi dengan suara yang baik dan merdu didengar anak. demikian juga dalam aspek-aspek lainnya, seperti pakaian, cara bersikap, dan sebagainya.
  4. Mengajar dengan penuh semangat dan antusias; pendidik harus terlihat bersemangat dan penuh motivasi dalam mengajar, semangat keceriaan yang sesuai dengan dunia anak harus dilakukan agar anak juga termotivasi untuk belajar di kelasnya.
  5. Perhatikan setiap sudut keberadaan anak; pendidik harus jeli mengawasi dan memperhatikan anak sampai kesetiap sudut, agar dapat menangkap setiap gerakan anak. Dalam situasi tertentu kontak mata dengan anak tidak lagi dibutuhkan, lihat seluruh anak dengan rata-rata air diseluruh kepala mereka saja untuk mengetahui keberadaan kawanan secara lebih cepat.
  6. Jangan berteriak-teriak mengulang perintah yang sama; kita jangan berteriak-teriak kepada anak untuk mengulang perintah yang sama kepada anak, karena semakin kita berteriak dan  ulangi maka anak akan semakin mengabaikannya di hari berikutnya. Jadi lebih baik tunggu jeda ketika anak sudah tenang barulah kita lakukan satu kali perintah dengan jelas dan tegas.
  7. Gunakan prinsip iklan "kesan pertama begitu menggoda" ; tariklah perhatian anak dengan sesuatu yang menggoda untuk mengajak anak memperhatikan kita, misalnya dengan bunyi-bunyian, lagu, bentuk, cahaya, gerakan dll. Sehingga pendidik tidak perlu berteriak-teriak memanggil anak-anak untuk menarik perhatiannya.
  8. Tegas tapi tidak marah; dalam menerapkan disiplin dan peraturan pendidik harus tegas dan konsisten tetapi tidak terlihat emosi apalagi dengan marah-marah. Kepada anak berikan sebuah komitmen bahwa kita mempunyai aturan dan batasan tindakan yang harus diperhatikan anak.
  9. Tanggap terhadap keluhan anak tapi tidak pada kemalasan; pendidik harus menanggapi setiap keluhan anak yang bersifat kemajuan dalam perkembangan belajar anak, tetapi kadang kita harus tahu ada anak tertentu yang bersikap malas, keluhannya karena rasa malas yang dimiliki anak tidak kita berikan toleransi dalam rangka penegakan disiplin pada anak.
  10. Kreatifitas yang tinggi; Kretifitas yang tinggi dan selalu up to date harus selalu jadi ciri pendidik PAUD yang baik. Setiap hari kita harus selalu berfikir ide apa yang menarik, efektif, dan membantu perkembangan belajar anak supaya lebih baik. Pendidik PAUD harus selalu berusaha meninggkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar dan mendidik anak-anaknya.

10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD di atas adalah sebuah pembelajaran untuk kita semua dimana hal tersebut harus dimiliki pada Pendidik untuk Mendidik dan Mengajar Anak di Usia Dini.

Kunci dari keberhasilan, kesuksesan pendidik PAUD dalam mengajar dan mendidik anak-anak adalah komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang baik akan terjalin hubungan yang baik antara kita sebagai pendidik dengan anak-anak didik kita lembaga dan sekolah PAUD.

Demikian 10 Cara Mengajar an Mendidik Anak PAUD untuk guru dan pendidik dilembaga PAUD masing-masing. Semoga 10 Cara tersebut bermanfaat bagi kita semua, sebelumnya kami ucapkan terimakasih dan jangan lupa share kembali.

Disclaimer :
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Disini

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang 10 Cara Mengajar dan Mendidik Anak PAUD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment