-->
Home » » Download Perhitungan Persentase Dana BOP PAUD

Download Perhitungan Persentase Dana BOP PAUD

Hallo sahabat semuanya kali ini saya akan membagikan file format excel dimana file tersebut digunakan untuk menghitung komponen-komponen yang akan tertuang pada Rencana Kerja Anggaran Satuan yang sering disebut RKAS.
Berbicara tentang persentase dalam penggunaan dana BOP PAUD ini sudah dipastikan sobat mahir dalam membagi komponen-komponen yang ada pada juknis BOP, tetapi terkadang ada sebagian lembaga yang masih bingung dalam pembagian persentase yang dilakukan dalam komponen yang harus dipenuhi dalam pembuatan RKAS maupun penggunaan dana.
Cover
Pada postingan kali ini saya memberikan gambaran bagaimana cara Menggunakan dana DAK Non Fisik BOP PAUD di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Non Formal yang sudah tercantum dalam juknis BOP Tahun 2017.

Baca Juga : Download Juknis BOP 2017

Adapun yang harus sobat perhatikan Dana tersebut harus tertuang dalam sebuah RKAS dan didasarkan pada Rencana Kerja Anggaran Satuan (RKAS) PAUD yang telah disusun dengan memperhatikan komponen kegiatan-kegiatan, dimana sudah tertuang dalam Juknis.

Komponen Kegiatan Pembelajaran dan Bermain, Penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Bahan bermain dan bahan belajar PAUD yang dibutuhkan;
  2. Peralatan pembelajaran seperti kertas, krayon, spidol, pensil, bahan pakai habis dan bahan pembelajaran sejenis lainnya;
  3. Kegiatan pertemuan dengan orang tua/wali murid, kunjungan ke rumah anak. 

Dimana komponen di atas yang harus kita perhatikan dan penuhi adalah dimana komponen tersebut harus didanai Minimal 50% dari dana BOP PAUD.

Komponen Kegiatan Pendukung, Penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Penyediaan buku administrasi;
  2. Pembelian alat-alat Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), pembelian obat-obatan ringan, dan isi kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K);
  3. Biaya pertemuan guru di kegiatan Gugus PAUD, menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas pendidik, dan transport petugas kesehatan kunjung;
  4. Menambah transport pendidik;
  5. Penyediaan makanan sehat.

Dari komponen Kegiatan Pembelajaran di atas yang harus didanai dari dana BOP Minimal 50%, kemudian kita harus mengalokasikan dana untuk komponen kedua yaitu Komponen Kegiatan Pendukung dimana kegiatan pnedukung ini didanai dari Dana BOP Maksimal 35%.

Komponen Kegiatan Lainnya, Penggunaannya adalah sebagai berikut :

  1. Perawatan sarana dan prasarana termasuk perbaikan dan pengecatan ringan;
  2. Dukungan penyediaan alat-alat publikasi PAUD;
  3. Langganan listrik, telepon/internet, air;

Setelah mengalokasikan komponen satu dan dua, kita harus mengalokasikan dana untuk komponen Kegiatan Lainnya, dimana komponen tersebut sudah ditulis di atas. Komponen Kegiatan Lainnya ini harus didanai Maksimal 15% dari Dana BOP PAUD.

Dari komponen dan pengalokasian dana di atas saya yakin sobat sudah memahami persentase penggunaan dana tersebut baik mengenai Maksimal Dana dan Minimal Dana.

Dengan demikian saya membuat Perhitungan Persentase Otomatis Dana BOP PAUD untuk memudah sobat dalam pembagian dana, tetapi perhitungan ini menggunakan setiap komponennya menggunakan perhitungan pas yaitu :
1. 50 % untuk Kegiatan Pembelajaran dan Bermain
2. 35 % untuk Kegiatan Pendukung
3. 15 % untuk Kegiatan Lainnya.
Jika sobat berminat untuk mendownload Perhitungan Persentase Dana BOP secara otomatis, silahkan Download di bawah ini :

Download Perhitungan Persentase Dana BOP


Jika sobat sudah mendownloadnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan di lembaga masing-masing asalkan jangan melebihi atau mengurangi yang sudah tercantum dalam Juknis BOP.

Demikian postingan kali ini, sebelumnya kami ucapkan terimakasih telah berkunjung pada Blog PAUD sederhana ini, mudah-mudahan file tersebut bermanfaat.


Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Download Perhitungan Persentase Dana BOP PAUD. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment