-->
Home » , , » Tips Mendukung Kepintaran Si Kecil di Sekolah

Tips Mendukung Kepintaran Si Kecil di Sekolah

Memulai sekolah bisa menjadi tantangan tersendiri bagi si kecil. Dengan bersekolah, anak belajar untuk menjalani kegiatan belajar-mengajar mengikuti sistem yang ada. Ia harus mengikuti berbagai mata pelajaran yang disediakan, alih-alih melakukan sesuatu yang disenanginya. Hal ini penting untuk mengembangkan dan mensinergikan kepintaran anak .
Gambar Illustrasi Tips Mendukung Kepintaran Si Kecil di Sekolah
Bila selama ini ia menjalani proses belajar di lingkungan paling nyaman, yaitu di rumah bersama Mam, orang terdekatnya, kini ia harus beradaptasi dengan lingkungan, situasi, dan orang-orang baru. Selain itu, bisa jadi selama ini ia sudah memiliki kepintaran tertentu dan lebih senang menekuni kepintaran tersebut.
Si Picture Smart misalnya mungkin lebih senang menggambar ketimbang belajar berhitung. Sementara itu, si Body Smart lebih memilih bermain bola atau berlarian di luar daripada membaca buku. Anak dengan kepintaran intrapersonal (self smart) biasanya memilih untuk bermain sendiri ketimbang bersama teman sebayanya.

Mam dapat menyinergikan kepintaran si kecil dengan cara membantunya mengembangkan kepintaran akal, fisik, dan sosial. Tahukah Mam? Anak yang memiliki gabungan kepintaran akal, fisik, dan sosial dapat meraih  kehidupan yang sukses kelak. Nah, berikut adalah sejumlah tips untuk mendukung kepintaran si kecil di sekolah.

Tanyakan perasaan si kecil tentang sekolahnya 

Setiap hari, tanyakan bagaimana perasaan si kecil terhadap sekolahnya serta kegiatan belajar yang ia lakukan di sekolah. Pancinglah agar ia mau bercerita tentang apa saja yang ia lakukan, hal apa yang paling ia sukai dan yang paling tidak ia sukai di sekolah. Dengan begitu, ia akan merasa Mam tetap memiliki perhatian tinggi terhadap dirinya, meski selama di sekolah tidak didampingi oleh Mam.

Manfaat: mengembangkan kepintaran intrapersonal

Dorong si kecil agar berani berteman

Sebelum hari pertama masuk sekolah, sampaikan kepada si kecil bahwa sekolah adalah tempat menyenangkan. Sampaikan juga bahwa di sekolah ia bisa mempunyai banyak teman baru. Di sana ia akan belajar mengalah, bergantian, dan bekerja sama.

Dorong si kecil agar berani berkenalan dengan teman baru. Katakan juga guru-guru di sekolah adalah orang-orang baik yang akan membantunya menjadi lebih pintar. Katakan bahwa ia harus selalu mendengarkan ucapan gurunya.

Manfaat: mengembangkan kepintaran interpersonal

Menjajal aneka permainan

Di sekolah terdapat bermacam-macam permainan yang fungsinya merangsang seluruh aspek perkembangan anak usia dini , yaitu perkembangan fisik, kognitif, bahasa, dan sosio-emosional. Motivasi si kecil agar ia mau mencoba berbagai permainan yang ada di sekolah ya, Mam. Dengan menguasai permainan baru, kepintarannya pun bertambah. 


Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Tips Mendukung Kepintaran Si Kecil di Sekolah. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment