Belajar Huruf Hijaiyah

Hallo sahabat semunya kali ini saya akan memberikan sebuah pelajaran bagaimana Belajar Huruf Hijaiyah mulai dalam dari pengenalan hurufnya, tapi sebelumnya saya minta maaf jika artikel ini kurang berkenan. 

Pernah saya membaca penjelasan dari salah satu web bahwa belajar membaca alquran hal yang mendasar adalah mengetahui Huruf Hijaiyah dan cara bacanya. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mengenal 29 huruf hijaiyah.

Dalam postingan ini saya sarankan dalam mempelajari huruf hijaiyah dan tau cara membaca nya, sebaiknya sobat print out hurup-hurup hijaiyah yang sudah saya bagikan dalam postingan ini.

Berikut Huruf Hijaiyah Lengkap dengan Latinnya:


Huruf-huruf di atas sangat bagus untuk diperkenalkan kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lembaga kita, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti Tanda Baca dan Tatanan Huruf Hijaiyah. Berikut saya jelaskan sedikit apa yang dimaksud Tanda Baca.

Tanda Bacanya yang dimaksud adalah tanda harakat untuk menandai sebuah huruf Hijaiyah tersebut, apakah dibaca ‘a / an’ (fath}ahtain), ‘i /in’ (kasrah/ kasrahtain), ‘u /un’ (d}amah / d}amahtain), atau huruf tersebut dibaca dengan bacaan dobel (tasydid) atau mati (sukun).

Ibarat kata, tanda baca di sini adalah huruf vokal dan huruf hijaiyahnya adalah huruf konsonannya, nggak jauh beda dengan pelajaran Bahasa Indonesia, yang ada huruf konsonan dan huruf vokalnya.

Tatanan Huruf Hijaiyah, jika dalam tatanan bahasa Indonesia kita dikenalkan dengan tatanan huruf  a, b, c, d, e sampai akhir, yakni huruf z. Maka, dalam tatanan huruf hijaiyah inipun juga ada tatanannya.

Tatanan huruf hijaiyah ini adalah huruf Arab, maka penulis ingin memberikan keterangan lebih dahulu mengenai penyalinan atau penggantian huruf Arab tersebut ke bahasa Indonesia (transliterasi).

Hal ini penulis maksudkan, agar semuanya tahu, bahwa ada huruf-huruf yang aslinya dibaca dengan akhiran huruf ‘O’, karena sudah di salin atau di ganti (transliterasi), maka hurufnya tertulis menjadi ‘A’. Contoh: huruf …, yang aslinya dibaca ro, tetapi dalam penulisan diganti atau terbaca menjadi ‘ra’.

Mungkin cukup sekian artikel kali ini yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media yang sobat punya.

0 Response to "Belajar Huruf Hijaiyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel