Seputar Pertanyaan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS
Saturday, 10 October 2015
67 Comments
Sumber : Pak Danu Prayoga |
Salam Sejahtera - mungkin kita bingung dengan adanya Apliksi Dapodik PAUD-DIKMAS, bahkan pertanyaan bermunculan, tapi tenang sobat Pak Danu Prayoga telah memposting Seputar Pertanyaan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS. silahkan pahami di bawah ini :
T: Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS?
J: Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
T: Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa
koneksi internet?
J: Bisa. Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada
saat Registrasi dan Sinkronisasi.
Baca Juga : Apa Sistem Dapodik itu....!!
T: Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode registrasi?
J: Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
T: Apa syaratnya memiliki kode registrasi?
J: Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
T: Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
J: Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat,
mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya
dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP PDSP.
T: Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak terdapat
di Verval SP. Apa yang harus dilakukan?
J: Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke
grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/
dan bertanya disana
T: Aplikasi yang digunakan sekarang yang versi berapa?
J: Aplikasi v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj
T: Yang mana yang harus diinstall Aplikasi v.1.1.2 atau patch
v.1.1.3.uj?
J: Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj
T: Apa bedanya registrasi online dan offline
J: Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet,
Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet,
sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan
file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
Baca Juga : Tata Cara Generate Prefill Dapodik PAUD-DIKMAS 2015
T: Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak lembaga di satu
laptop?
J: Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua,
keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.
T: Apakah boleh sinkron berkali-kali
J: Boleh.
T: Apa bedanya sinkronisasi online dan offline
J: Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet,
Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan
internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang
offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer
yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
T: Dimana bisa mengecek status sinkronisasi?
J: Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
T: Aplikasi saya gagal sinkron terus, berhenti di 20%
J: Biasanya karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu
install aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur
mengisi dan sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update
instalasi dengan membackup data terlebih dahulu https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/
T: Aplikasi saya sudah berhasil sinkron, tapi statusnya Gagal
Proses terus.
J: Biasanya karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang patch-nya
lalu sinkronisasi lagi.
T: Kalau saya jalankan update patch v.1.1.3 apakah data saya akan
hilang?
J: Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
T: Sinkronisasi saya statusnya "Diterima" apa artinya?
J: Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima (Hijau): Data sudah terkirim ke server dan siap untuk
masuk antrian proses memasukkan ke database pusat
Proses (Ungu): Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat
Selesai (Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database
pusat.
Selesai * (Oranye): Data sukses diproses dan sudah masuk ke
database pusat, dalam pemrosesan terdapat pembersihan data.
Gagal Proses (Merah): Data gagal diproses masuk ke database pusat.
Baca Juga : Tata Cara Cek Hasil Sinkron dan Perbaikan Data Dapodik PAUDDIKMAS Terbaru
Baca Juga : Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodik PAUD melalui Akun Manajemen PAUD
T: Kalau statusnya Selesai * apa berarti datanya belum aman?
J: Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi
dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
T: Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke aplikasi
manajemen?
J: Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan
terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen,
silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga
tersebut.
T: Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke Aplikasi Manajemen data
Peserta Didik dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
J: Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan
PTK nya belum diberi penugasan.
Cukup sekian Informasi Seputar Pertanyaan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS yang bisa saya bagikan mudah-mudahan semua pertanyaan kita sudah terjawab oleh beliau. Terimakasih
Kalau dapopaudni sudah di uninstall tanpa memback up, apakah datanya hilang
ReplyDeleteJika bapak meng Unistal sesudah Sinkron 100% dan diterima oleh server dengan status selesai... maka Data Bapak tidak akan hilang... Silahkan Generate Prefill Baru dan Pasang pada Aplikasi yang barus bapak instal.
DeleteYang kedua... Sebaliknya.. Jika bapk Unistal Aplikasi bapak sebelum sinkron maka status Isi Dapopaudni bapak kembali ke semula...
Data Dapodik sudah benar, validasi dan sinkron sudah selesai. Sinkron terakhir tgl 18 Mei 2016. Tapi kenapa di Info GTK baru sampe tgl 10 Mei?
DeleteCek secara Berkala, kemungkinan belum ditarik ke server GTK
Deletemaaf mau tanya...validasi data dan sinkronisasi selalu berhasil dan 100 % tapi dicek progress pengiriman data di manajemen paud masih gagal proses dan saya coba lagi berstatus diterima ,,selang waktu 1 hari status yang diterima berubah jd gagal proses,,,ada solusi gak pak?
ReplyDeleteSolusinya :
Delete1. Silahkan Klik "Gagal Prosesnya" --> Silahkan Lihat Ket. Penyebabnya.
2. Silahkan Perbaiki pada Aplikasi Dapodik PAUD
3. Jika sudah diperbaiki tapi Gagal Proses Kemungkinan Bapak Masih menggunakan Versi Lama... Solusinya Silahkan Instal Patch V.1.1.3.uj
4. Silahkan sinkronkan...
keterangannya pada prasaranalongitudinal katanya pak,,dan saya sudah instal patch v.1.1.3 ,,lalu saya validasi dan sinkronisasi ulang,,berhasil juga 100 % tp di progres pengiriman tidak ada laporan pengirimannya nya pak
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletecerita awalnya gini pak,,,awalnya saya instal versi 1.1.1 dan saya isi datanya,,setelah itu saya sinkronkan dan saya cek gagal proses katanya pak,,,jd saya browsing di internet katanya bisa offline,,dan saya undul frefilnya lalu saya upload ,,kan ada tu pak di manajemen paud,,dan hasilnya selesai dan sukses tp offline,,jd saya nggak yakin dan saya sinkron dengan cara online tp ggal proses lagi pak,, dan td bapak bilang install patch v 1.1.3 dan saya sdh instal tp sudah divalidasi dan di sinkronkan hasil nya baru diterima pak,,,dan saya sinkronkan lagi,,baru tu pak di daftar pengiriman tidak ada laporan gagal dan lainnya ,,cuman ada stus "diterima" yang td pak
ReplyDeletemohon keterangan dan bantuannya pak
Nah Jika sudah ada keterangan "Selesai" Berarti sinkron Dapodik Bapak dah Selesai Walaupun dengan cara Ofline...Silahkan Klik Nama KB/TK nya pak apakah datanya sudah tersimpan di Server Pusat Apa Belum ...? Jika masih kosong silahkan tunggu 1 x 24 Jam...
DeleteSinkron Ofline dan Online tidak ada perbedaan jangan Bingung2... yang penting status "Selesai"....
tp klw saya coba tes kirim lagi dengan online statusnya gagal lagi gimana pak? apa gk apa2 pak? dan cara cek tersimpan atau belum di server pusat gimana?
ReplyDeleteAyo siap2 kita akan kedatangan aplikasi Dapodik TP. 2016/2017
Deletedan apa karena saya ulang sinkron padahal sudah selesai dengan offline malah hilang data saya dipusat pak?
ReplyDeleteGa jadi masalah yang ditarik data ke server yang terakhri "SELESAI"... pak...
Deletepengaruh gak pak klw sinkronisasi berulang ulang,,karena saya takut tidak masuk ke server pusat karena dengan secara online gagal terus ,,sedangkan secara offline sudah sukses,,jd apa yg hrs sebenarnya saya lakukan,,? mohon penjelasan nya lagi pak?
ReplyDeleteGa ngaruh Data yang di tarik ke server adalah data yang terakhir sinkron dan berstatus "SELESAI"..
DeleteSilahkan Cek disini pak Apakah datanya sudah ditarik ke server apa blom...http://118.98.233.177:616/#/laman/monitoring/0/000000
mau tanya lagi pak
Deleteklw data yg sudah ditarik ke server bentuk nya gimana di laman monitoring pak?
Ini Pak
Deletehttps://4.bp.blogspot.com/-OkQbwE7NmlA/Vi9UgUa704I/AAAAAAAADnU/4KWhyt8R3N0/s320/contoh1.jpg
thanks atas bantuan bapak..sekarang KB Saya sudah selesai dengan online pak,,ternyata permasalahannya ada pada versi aplikasinya,,saya sudah uninstall aplikasi 1.1.1 dan install v 1.1.2 dg patch v.1.1.3 ..walaupun saya hrs entry ulang data2 sekolah saya tp sekarang sudah sukses dengan status online,,sekali lag terima ksih
DeleteOk Sama-sama pak....
Deletemaaf pak saya mau bertanya kenapa ketika mau unduh profil lembaga suka gagal terus padahal sudah di sinkron dan sudah selesai ?
ReplyDeletemohon penjelasannya pak
Saya tanya lagi.... Bapak Terhubung dengan Jaringan internet tidak sewaktu unduh profil...???
Deleteterhubung pak tapi selalu gagal terus
Deletevalidasi sudah kosong pak tidak ada apa apa sudah beres semua, tapi kenapa waktu mau unduh profil lembaga selalu gagal terus ? mohon bantuannya pak tolong saya
DeleteAyo siap2 kita akan kedatangan aplikasi Dapodik TP. 2016/2017
DeleteMalam pak , Sy mw tanya saya mw tambah data PTK dan data murid , apakah masih bisa ? karna data Dapodik saya sudah selesai di proses
ReplyDeletedan kenapa ya ketika saya klik data kecamatan dan data kota di data pengiriman tidak bisa , kenapa pak , mohon solusinya.
Malam Bun..
DeleteYa Bisa Bun setiap ada perbaikan/penambahan Data Baik itu PTK/Siswa dan sebagainya... silahkan lakukan penambahan atau perbaikan... jika sudah selelsai silahkan Sinkronkan kembali
Untuk melihat riwayat sinkronisasi silahkan pilih rentangnya (sudah jelas)... Pilih Dari Propinsi dan seterusnya.......
Jika sudah dilakukan kemungkinan jaringan ibu kurang stabil... silahkan ulangi lagi dengan benar
Selamat pagi pak,salam kenal.saya sudah sinkronisasi dan sudah dicek statusnya diterima dengan warna hijau.Terus proses selanjutnya apa ya? Maklum saya baru pertama pakai aplikasi ini..terima kasih
ReplyDeleteStatus Diterima belom tentu selesai Bu..
DeleteSilahkan pantau terus data ibu sampaik ber status "Selesai" Jika Gagal diproses silahkan cari titik permasalahannya
data sudah saya isi semua tapi kenapa kolom guru masih terisi angka 0?
ReplyDeleteDitunggu aja dulu... 1 x 24 Jam atau lebih
DeleteAyo siap2 kita akan kedatangan aplikasi Dapodik TP. 2016/2017
Deletepak ni saya sudah selesai ngentry semua datanya, proses sinkronisasinya pun sudah 100%.. tp ketika saya cek di webnya kenapa kok ada data yang masih kosong, pdahal di aplikasinya masih ada.. mohon solusinya
ReplyDeletePsti skarang dah masuk...
Deletepak,,bagai mana kalau awal registrasi pake v.1.1.4 gagal terus padahal langkah langkah registrasi sudah sesuai perintah,, mhon pencerahan nya trmkasih
ReplyDeleteReg. Online apa ofline ...??
DeleteMaaf baru blS sya skit dh 4 hari pak..
saya ingin merubah data tanggal pendirian sekolah pada dapodik.
ReplyDeletepada aplikasi sudah saya betulkan datanya dan lakukan sinkronisasi ulang dengan status selesai.
tapi, mengapa data yang tertera pada laman dapodik masih sama seperti data yang belum dibetulkan??
Ayo siap2 kita akan kedatangan aplikasi Dapodik TP. 2016/2017
Deletesaya ingin merubah data tanggal pendirian sekolah pada dapodik.
ReplyDeletepada aplikasi sudah saya betulkan datanya dan lakukan sinkronisasi ulang dengan status selesai.
tapi, mengapa data yang tertera pada laman dapodik masih sama seperti data yang belum dibetulkan??
Sangat mudah sekali... Silahkan Ibu Lakukan Verval SP..
DeletePersyaratan Verval SP adalah :
1. Ibu harus terdaftar di SDM Kemdikbud ... (Tata Cara Registrasi OPS sudah saya Tulis) silahkan cari Artikel Tersebut
2. Jika sudah terdaftar silahkan ibu Login pada Akun Verpal SP. (Tutorial sudah ada)
3. Silahkan lakukan Perbaikan ... Jika sudah tunggu 1 x 24 Jam, apabila sudah masuk di Manajemen PAUD silahkan Lakukan Unistal Aplikasi dan Instal Kembali Aplikasi Dapodiknya.
4. Silahkan Lakukan Registrasi Onlien yang disarankan, bisa saja ibu melakukan Registrasi Ofline tetapi ibu harus Generate Prefil baru dan memasukkan secara manual...
5. Jika sudah berhasil silahkan Cek Data Yang di perbaiki di Aplikasi nya.
Mungkin itu yang bisa saya jawab, jika ada kekurangan mohon mahaf. Wassalam
Assalamualaikum...
ReplyDeleteSelamat pagi pak, saya mau tanya. Status "selesai" setelah sy sinkronisasi tiga kali tetapi di cek di monitoring pengiriman belum tampil
Ditunggu aja dulu pak... 1 x 24 Jam
DeleteAssalamu'allaikum,
ReplyDeletePermisi pak numpang tanya. jika data sudah sinkron dan sudah muncul di manajemen PAUD, tetapi di vervalPD tidak muncul data peserta didik itu bagaimana ya pak solusinya? saya sudah berkali-kali mencoba sinkron dan hasilnya selesai. terima kasih sebelumnya pak.
Verval PD untuk tingkat PAUD belum ada Intruksi... Baru rencana.. Kita tunggu aja dari Tim pengembang pak... mungik itu yang bisa saya jawa.. Jika sudah ada intruksikan saya akan Posting lagi disini. Terimakasih
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAss.. Pak mohon Bantuannya kenapa gak tampil di cek Monitoring pengiriman padahal sy sudah sinkron berkali dan status selesai di sinkron Online.. mohon pak..
ReplyDeleteWaalaikumsalam
Deletesudah benarkah ceknya..?
Nama PAUD Apa pak..?
Ass...pak mohon bantuannya,TK saya sudah saya sinkron 3mingguan.tapi gak pernah cek di server paudni.Ini baru saya lihat tapi koq data PTK,PD sama Rombel koq nol (0).saya sinkron lagi berkali kali dan selalu berhasil tapi koq tetap (0).Mohon solusinya.Terima kasih...
ReplyDeletesaran saya coba bpk lakukan sinkron ofline pak
DeleteBagaimana cara mengatasi lupa password kebetulan versi lama sudah saya uninstall, jd tidak bisa d buka d file runtime yg d local disk C
ReplyDeleteCoba Menggunakan Paswor Baru saja.. mudah-mudahan bisa pak..
Deletemau tanya pak, data sudah tersingkron 100% tapi dicek ke pusatnya kok belum tersingkron masalahnya apa ya pak ??? mohon jawabanya
ReplyDeleteBiasanya menggunakana versi lama
Deletemau tanya kalau lupa usernama/password bisa minta bantuan ke siapa dan no telpnya berapa?
ReplyDeletesejak laptop kami hilang kami tidak bisa masuk ke aplikasi pendataan paud dengan laptop yang baru. mohon bantuannya
Jika terjadi demikian, yang harus dilakukan adalah silahkan bunda hubungi langsung dinas setempat atau uptd setempat jangan Via Telpon,
Deletedan secepatnya harus ditindak lanjuti sebab Dapodik adalah pendataan satu pintu
mau tnya pak,data sudah sinkron tp data "sarpras" pd aplikasi dapodik dengan data di manajemen paud berbeda(cth.Kls A data pelengkap 'meja siswa' muncul 3x)itu kenapa ya pak?trima ksih.
ReplyDeleteCek Lagi dapodiknya... dan pastikan Serverdapodik tidak sedang perbaikan ...
DeleteJika ingin memastikan ISI DTA Lembaga KITA pada SERVER DAPODIK ... Bisa menggunakan Cara UNISTAL kemudian INTSAL Kembali, Registrasi Kembali, Nah... Ntar DTA yang masuk Ke DAPODIK Beratri itu Data yang sebenarnya Data Lembaga KITA (Trik ini KHUSUS Bagi Operator Handal)
klo unistal,kemudian regis kembali apa data yang sudah kita kerjakan tidak ilang ya pak?
DeleteSilahkan Login Ke Manajemen Dapodik PAUD DIKMAS, kemudian silahkan lihat rician data lembaga bunda...
DeleteNah.. Data tersebutlah yang nantinya masuk setelah ibu Unistall --> Install--> Registrasi kembali...
baik pak..trima kasih.
DeleteOk sama-sama bun
Deletesaya ingin tanya
ReplyDeletekenapa saya waktu membuka manajemen helpdesk
termuncul error
tulisnya something went wrong dan sudah beberapa hari
gimana ya solusinya?
Manajemen Helpdesk yang mana? Coba minta Alamat yang dimaksud..
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekalau ga muncul tahun pelajarannya di awal buka aplikasi dapodik kenapa ya
ReplyDeletemohon bantuannya
ReplyDeleteSy baru mengisi dapodik baru paud, ktika mau mengisi pembagian rombek data siswa nya tdk ada pdhal smua siswa sudh sy register, mhon pencerahannya
ReplyDelete