-->

Sponsor

Postingan Artikel

Home » , » 10 Nama-Nama Malikat dan Tugas-Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui

10 Nama-Nama Malikat dan Tugas-Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

10 Nama-Nama Malikat dan Tugas-Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui - Pada malam ini saya akan membuat artikel sederhana yang sebelumnya Blog ini banyak membahas tentang Pendataan Paud melalui Dapodik PAUD-Dikmas, tetapi kali ini saya menyempatkan diri untuk menulis sebuah artikel tentang 10 Nama-Nama Malikat dan Tugas-Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui. 

Para sahabat juga sudah mengetahui dengan keadaan jaman sekarang ini orang lebih akrab dengan internet dan teknologi terkini, sehingga lupa dengan kewajibannya untuk mengetahui 10 Malaikat dan Tugas-tugasnya, sebenarnya dengan majunya teknologi di negeri kita seharusnya tidak mengurangi kaidah islam yang sudah melekat pada diri kita sendiri dan untuk menyalurkannya kepada anak-anak kita.

Banyak remaja yang sering kelepekan sewaktu ditanya tentang agama, bahkan dari hal terkecil seperti ada Berapa Jumlah Malaikat yang wajib kita ketahui sebagai umat islam ?? merekapun menjawab tidak tahu, maka dari itu saya ingin memposting 10 Nama-Nama Malikat dan Tugas-Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui.

Pengertian Malaikat adalah ciptaan Allah yang Ghaib, yang tidak mempunyai nafsu dan pikiran, tidak berbapak dan tidak beribu, juga tidak beranak. Malaikat hanya mengerjakan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka. Malaikat ada baaaaanyak banget, tapi yang wajib diimani hanya ada sepuluh.

Keimanan kepada malaikat masuk ke dalam rukun Iman yang kedua, maka setiap orang Islam yang mengaku muslim harus mengimani keberadaan malaikat. Adapun Nama-Nama 10 Malaikat dan Tugasnya yang Wajib diketahui oleh orang Islam adalah sebagai berikut:

1. Malaikat Jibril 
Bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan rasul.

2. Malaikat Mikail 
Bertugas memberi rizki / rejeki pada manusia.

3. Malaikat Israfil 
Bertugas meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.

4. Malaikat Izrail 
Bertugas mencabut nyawa.

5. Malikat Munkar 
Bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.

6. Malaikat Nakir 
Bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.

7. Malaikat Raqib / Rokib 
Bertugas untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup.

8. Malaikat Atid
Bertugas untuk mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup.

9. Malaikat Malik 
Bertugas untuk menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan 
Bertugas untuk menjaga pintu sorga / surga.

Adapun Perbedaan Malaikat dengan Jin, Setan / Syetan dan Iblis adalah Malaikat terbuat dari cahaya atau nur sedangkan jin berasal dari api atau nar. Malaikat selalu tunduk dan taat kepada Allah sedangkan jin ada yang muslim dan ada yang kafir. Yang kafir adalah syetan dan iblis yang akan terus menggoda manusia hingga hari kiamat agar bisa menemani mereka di neraka.

Malaikat tidak memiliki hawa nafsu sebagaimana yang dipunyai jin. Jin yang jahat akan selalu senantiasa menentang dan menjalankan apa yang dilarang oleh Tuhan Allah SWT. Malaikat adalah makhluk yang baik dan tidak akan mencelakakan manusia selama berbuat kebajikan, sedangkan syetan dan iblik akan selalu mencelakakan manusia hingga hari akhir.

Demikian artikel sederhana ini yang bisa saya bagikan mudah-mudahan dengan ini semuanya bisa mengigat kembali para Malikat-Malaikat kita & tugas-tugas-Nya dan bisa menyebarkannya ke penjuru dunia. Amin....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang 10 Nama-Nama Malikat dan Tugas-Tugasnya yang Wajib Kita Ketahui. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment