-->
Home » » Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online

Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online

Hallo Sahabat Blog PAUD, Dana BOP sudah di Transfer ke Satuan Pendidikan masing-masing dengan Nominal berbeda-beda, dengan demikian kita wajib membuat sebuah SPJ dari Dana BOP tersebut.

Selain Itu Lembaga PAUD Juga akan disajikan sebuah Aplikasi Pelaporan Dana BOP secara Online yang wajib diisi oleh satuan pendidikan masing-masing.

Baca Juga : Download RKAS PAUD Terbaru Hasil Revisi

Mungkin hal ini sudah dilakukan oleh satuan pendidikan tingkat SD, SLP dan SLTA, disamping melaporkan manual ke Dinas Pendidikan, mereka juga wajib melaporkannya secara Online Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tersebut, begitu juga pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mendapatkan Dana BOP tersebut wajib melaporkan secara Online.
Sudahkah sobat mendapatkan Informasi ini? Sudahkah sobat melaporkan Dana BOP secara Online? Dengan demikian saya akan menginformasikan bagaimana Cara Lapor Dana BOP secara Online.

1. Pertama silahkan masuk ke alamat Aplikasi Pelaporan BOP DI SINI Kemudian sobat akan diarahkan ke tampilan Login Pelaporan BOP, seperti Gambar di bawah ini :
Tampilan Login Aplikasi Pelaporan BOP
2. Jika sudah seperti di atas, silahkan sobat masukkan Username dan Passwordnya. Jika sudah masuk maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Tampilan Lapor BOP Online
3. Langkah selanjutnya, silahkan sobat Isi Formulis Realisasi, kemudian silahkan tentukan Namsa Stuan, Jumlah Peserta Didik, Tanggal Realisasi, dan Jumlah Dana akan Terisi Secara Otomatis Jika sobat sudah Memasukan Jumlah siswa. seperti tampilan di bawah ini :
Gambar Ilustrasi
4. Nah... dari langkah diatas sobat tingkah pilih Simpan. Kemudian langkah selanjutnya, silahkan pilih Formulir Evaluasi, tampilannya seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustasi Formulir Evaluasi
Silahkan Pilih Nama Satuan, Jenis Komponen, Tanggal, Jumlah, dan No. Bukti kemudian terakhir silahkan Pilih Jenis Pengguna.
Gambar Ilustrasi Pengisian / Pelaporan Formulir Evaluasi
Silahkan sobat Laporkan Perjenis Komponen dan Jenis Penggunaan, sesuai dengan Realisasi Penggunaan Dana BOP sobat. dan jangan lupa simpan setelah pengisian dan kembali memilih Jenis Komponen atau Jenis Pendukung dan lain sebagainya.

5. Langkah selanjutnya, sobat sobat lihat bagian Laporan Realisasi, disana akan terlihat Nama Satuan Pendidikan PAUD masing-masing dari Propinsi, Kabupaten NPSN, Jumlah Peserta Didik dan Jumlah Dana. Lebih jelasnya lihat Gambar di bawah ini :
Gambar Laporan Realisasi Dana BOP
Jika sobat ingin mengunduhnya, silahkan pilih Format yang diinginkan seperti Format PDF atau Excel di atas Action seperti terlihat pada gambar di atas, kemudian File pun akan terunduh. 

Itulah Gambaran Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online yang akan kita kerjakan setelah mendapatakn Bimbingan Teknis dari Dinas Pendidikan Masing-masing.

Baca Juga : DOWNLOAD CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN AKREDITASI PAUD

Dengan demikian sobat sudah mempunyai gambaran bagaimana Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online yang akan dilakukan oleh Lembaga PAUD masing-masing. 

Jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan langsung pada kotak komentar yang sudah disediakan, dan jangan lupa Like dan Bagikan informasi ini kepada teman-teman lembaga PAUD yang belum mengetahui informasi mengenai Cara Pelaporan BOP secara Online.

Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Pelaporan BOP PAUD Secara Online. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

37 komentar:

  1. saya coba masukkan email dan pasort dapodik tapi ko ga bisa ya ? keterangan " maaf paswort dan user name salah "

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah pernah Ganti Username dan Pasword Dapodik sebelumnya??

      Delete
    2. belum. saya coba masuk ke manajemen paud bisa. bagaimana solusinya ya bu ???

      Delete
    3. Sudah Sinkron Blom Dapodiknya Tahun Pelajaran 2016/2017 nya Pak...??

      Coba Sinkron Kemudian Login Ke Lapor BOP..?

      Delete
  2. kalo udah diganti terus kita log in dengan email lama tapi tetep gak masuk gimana itu ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. no bukti itu di isi nomor apaan ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah kami mengikuti pelatihan.. bahwa no bukti sementara bisa dikosongkan atau bisa di isi no. poin yang tertera di RKAS..

      Delete
  4. Saya coba login dengan menggunakan email dan pass dapodik tapi kok tidak bisa ya?
    Padahal Saya sudah sinkron dapodiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya BISA pak.. Gak mungkin tidak bisa jika emang benar sesuai dengan akun dapodik..
      Coba Login di Manajemen PAUD, bisa Ga,,,,>>

      Delete
  5. Kami login utk aplikasi BOP menggunakan email+pass Dapodik,tapi tdk bisa,keterangan "Maaf, username atau password salah". Padahal sudah sinkron dapodiknya. Dan sedangkan login ke Manajemen PAUD bisa menggunakan email+pass Dapodik. Apa krn emal+pass thn ajrn ini kmi ganti ya pak?trima ksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Sinkron lagi... silahkan Update ke Apliksi Terbaru dulu...

      silahkan Login ke Laporan BOP PAUD bun..
      atau bisa tunggu 1 x 24 Jam setelah sinkron

      Delete
  6. kenapa punya saya ada warning 'maaf,evaluasi mlebihi realisasi' padahal klo di jumlah dengan yang mau saya input jumlahnya pas.tp selalu ada notifikasi "maaf,evaluasi melebihi realisasi". dan yang membingungkan... saya baru input 31 item,,tp di web tertera 32 itu gimana yah. please yang tahu dong kasih saran. trims

    ReplyDelete
  7. cek di tab laporan evaluasi mungkin ada item yang ter save dua kali ataupun bisa lebih , pengalaman saya , saya menulis pengeluatan perawatan gedung harusnya hanya 1 kali ternyata yang tersimpan sampai 3 kali item dan tanggal yg sama , jika di temukan hapus saja dengan klik tempat sampah bagian kanan item

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul pak.. itulah masalahnya.. Delete dulu yang ganda laporannya..

      Delete
  8. hatur nuhun min.
    sy baru mau buat, jd ada gambaran buat cara ngisinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas... silahkan pak dan silahkan tanyakan kembali jiga ada yang tidak dipahami

      Delete
  9. Kenapa Laporan Evaluasi poin poin yang harus di isinya tidak muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mungkin tidak muncul pak silahkan lihat dilaporan

      Delete
  10. gak bisa masuk ke aplikasi pelaporan nya...???? gmn ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah benar Username dan paswordnya pastinya bisa masuk.. sudahkah sesuai dengan user dan pasword dapdoik paudni..??

      Delete
  11. sdh entry datanya dan save smua.tp kini mau lihat laporannya kok gak kluar datanya.padahal td bisa ada smua.aoakah oergantian tahun berpengaruh?

    ReplyDelete
  12. sdh entry datanya dan save smua.tp kini mau lihat laporannya kok gak kluar datanya.padahal td bisa ada smua.aoakah oergantian tahun berpengaruh?

    ReplyDelete
  13. saya mengisi pelaporan online tanggal 31 desember.. saat pergantian tahun.. saya tidak bisa lagi melihat laporan evaluasi atau data yg tersimpan yg sebelumnya di input.. itu bagaimana bu?? dan apakah setelah tanggal 1 atau tahun 2017 masih bisakah membuat pelaporan online lagi?? yg dananya keluar pada tannggal 3 agustus 2016..

    ReplyDelete
  14. saya mau tanya ya ;
    1. dalam melakukan pelaporan online tdk sekaligus, maksudx saya cicil, apakah ada resiko ?
    2. setelah sy cicil ahirx kelar, semua item sdh sy masukkan, ternyata setelah sy lihat ada item yang ganda, ada juga yang terlewat,lalu sy hapus sy entri lagi, ternyata masih juga ada yg ganda bahkan ada yg hilang, gimana solusix. trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Ganda di Delete yang Hilang diinput Ulang... Jika sudah beres jangan lupo Reaload Browsernya... atau bisa Close dulu Baru Masuk Lagi dan lihat kembali apakah sudah sesuai dan jangan lupa Unduh Format Excelnya kemudian Jumlahkan apakah sudah sesuai..?? dan jangan lupa perahatikan persentasi tiap itemnya apakah sudah sesuai dg juknis yg sudah ditetapkan

      Delete
  15. Cara cek......kita berhasil/ tidak lap onlineY gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Unduh Format Excelnya bun.. dan silahkan Cek apakah sudah sesuai dengan jumlah yg diterimda dan jangan lupa cek persentasi tiap item yg sudah ditentukan

      Delete
  16. Assalamualaikum wr.wb Bunda
    Saya mau tanya, untuk input tanggal di laporan itu sesuai nota toko apa nota dinas ya ? Dilembaga kami dana bop masuk rekening per 30 Nov'16, sedangan pembelanjaan dr bulan Juli-Nov

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nota Dinas Seperti Apa ya..?? Ko saya baru dengar

      Delete
  17. mbak, di formulir realisasi setelah di isi jumlah penerimaan sudah benar, trus di pengisian formulir evaluasi juga sudah benar Jumlahnya sama. tapi setelah di download Jumlah Totalnya kok banyak sekali melebihi jumlah penerimaan.itu gimana ya ? mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Itu Hasilnya, perbaiki kembali

      Coba Reload dulu Browsernya, kemudian lihat kembali biasanya ada yg ganda dalam pengisian

      Delete
  18. Saya mau Tanya di panduan ada menu upload SK tetapi di halaman bop nya kok tidak ada ya. Itu bagaimana? Terimakasih. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  19. sya mau tanya knpa pelaporan BOP tidak bisa buka sudah masuk email sama paswordnya tpi tidak loading mohon solusinya

    ReplyDelete