Cara Cetak Kartu NUPTK Resmi Bukan dari Aplikasi Lain

Hallo sahabat semunya, kali ini Admin akan memberikan sebuah tutorail Bagaimana Cara Cetak Kartu NUPTK Resmi. Adanya postingan ini setelah mimin melihat diberbagai Grup-Grup PTK di Facebook. banyak pertanyaan-pertanyaan yang menanyakan mulai dari Cara Pengajuan NUPTK, bahkan Cara Mencetak NUPTK-nya.

Setelah Admin perhatikan jawabannya sangat berpariasi, ada yang menyarankan menggunakan Aplikasi Ketiga, bahakan ada juga Cara Cetak Kartu NUPTK di SIM PKB.

Padahal jika teman-teman menanyakan langsung ke Operator Dapodik/Sekolah, meraka pasti punya jawaban hal tersebut. Cara Cetak Kartu NUPTK tidak perlu menggunakan Aplikasi Cetak Kartu NUPTK dari Pihak Ketiga, teman-teman bisa langsung meminta kepada Operator, agar Kartu NUPTK Bapak-Ibu bisa dicetak.

Kemudian Opertaor Dapodik/ Sekolah akan masuk ke web Verval PTK, di alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id. untuk mencetakan kartu NUPTK Bapak-ibu secara resmi.

Bagaimana Cara Cetak Kartu NUPTK Resmi Bukan dari Aplikasi Lain? 


Berikut Admin sajikan tutorialnya di bawah ini:


1. Langkah Pertama

Langkah pertama ini, sudah mimin jelaskan di atas, Operator Dapodik/ Sekolah Login Ke Verval PTK di alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Jika sudah muncul halaman Login, seperti biasa silahkan masukan User dan Passwor nya. Lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini:
Gambar : Illustrasi Cetak Kartu NUPTK Resmi

2. Langkah Kedua

Jika bapak ibu, sudah masuk ke Laman Verval PTK, dan diperlihatkan Data GTK dan Notifikasi Informasi Update (Silahkan Close Saja). Kurang lebih sepeti gambar di bawah ini:
Gambar: Illustrasi Cetak Kartu NUPTK Resmi

3. Langkah Ketiga

Selanjutknya silahkan Sorot Menu "NUPTK" sejajar dengan Data GTK dan Pengelolaan, kemudian akan muncul sub menu, Status Penerimaan NUPTK, Calon Penerima NUPTK, Upload Ulang Berkas, Penonaktifan NUPTK dan yang terakhir adalah Kartu NUPTK. Silahkan di pilih Kartu NUPTK, kemudian akan muncul Daftar List PTK/Guru yang sudah mempunya NUPTK, lebih jelasnya seperti Gambar di bawah ini:
Gambar: Cetak Kartu NUPTK Resmi

4. Langkah Keempat

Jika sudah tampil seperti gambar pada langkah ketiga, silahkan bapak-ibu Klik "Lihat NUPTK". kemudian akan muncul Kartu NUPTK Resmi yang dikeluarkan oleh Dirjen GTK. sepeti gambar di bawah ini:
Gambar: Cetak Katu NUPTK Resmi

5. Langkah Kelima

Dari Kartu NUPTK di atas terdapat poto yang masih kosong, jika bapak ibu mau menambahkan poto, silahakn lakukan terlebih dahulu Ke Menu Pengelolaan kemudian pilih Perbaiki Poto.


Tahap terakhir, apabila bapak ibu ingin mencetak Kartu NUPTK, bapak ibu silahkan pilih tanda panah di tas pojok kanan, kemudian akan muncul seeprti gambar di bawah ini:
Gambar; Cetak Kartu NUPTK Resmi
Apabila Laptop bapak ibu tidak terkoneksi dengan printer, silahakn lakukan Download terlebih dahulu, dan apabila terkoneksi dengan Printer, bapak ibu bisa langsung pilih Print. Nah... Sekarang bapak ibu tidak repot repot lagi mencari Aplikasi untuk Mencetak Kartu NUPTK

Mungkin cukup sekian artikel kali ini yang bisa mimin bagikan tentang Bagaimana Cara Cetak Kartu NUPTK Resmi Bukan dari Aplikasi Lain. semoga bermanfaat dan mudah untuk difahami. 

Jangan Lupa Bagikan Artikel ini ke jaringan sosial yang bapak ibu gunakan, untuk kelancaran mimin dalam memberiksn sebuah tutorail atau artikel yang bermanfaat.

Silahkan berkomenta, apabila masih ada pertanyaan, mulai dari Pengajuan NUPTK Sampai Penerbitan NUPTK atau pertanyaan lainnya. Terimakasih

3 Responses to "Cara Cetak Kartu NUPTK Resmi Bukan dari Aplikasi Lain"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel