Perangkat Akreditasi PAUD Standar 1 Pencapaian Perkembangan

Hallo bunda-bunda PUAD, semoga kita dalam lindungna Allah swt, pada kesempatan ini mimin akan membagikan Perangkat Akreditasi PAUD Standar satu yaitu Standar Percapaian Perkembangan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomer 137 tahun 2014 Tentang Standar pendidikan AnakUsia dini. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disebut Standar PAUD adalah kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didalamnya tercantum Standar tingkat Pencapaian Perkembangan anak ( STTPA).
Gambar: Perangkat Akreditasi PAUD Standar 1 Pencapaian Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini selanjutnya disebut STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni.
Sedangkan  Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rancangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Satuan atau program PAUD adalah layanan PAUD yang dilaksanakan pada suatu lembaga pendidikan dalam bentuk Taman Kanak-kanak (TK)/Raudatul Athfal (RA)/Bustanul Athfal (BA), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Kurikulum PAUD adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pengembangan serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pengembangan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Pembelajaran adalah proses interaksi antar anak didik, antara anak didik dan pendidik dengan melibatkan orangtua serta sumber belajar pada suasana belajar dan bermain di satuan
atau program PAUD.

Dengan mempertimbangkanuraian diatas maka lembaga PAUD kami merumuskan STTPA untuk anak usia 4- 5 sesuai isi Peraturan Menteri,dimana STPPA merupakan acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. STPPA merupakan acuan yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD.

Pada standar ini mimin akan bagikan secara lengkap mulai dari bukti fisik ke 1.1.1 Buku Berat Badan, Tinggi Badan dan Lingkar Kepala Anak.

Teman-teman bisa langsung download pada situ paudbfqnaskdb.blogspot.com secara gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun, tinggal bunda-bunda edit langsung kemudian print out di lembaga masing-masing.

Tujuan artikel ini, kami ingin sekali membantu kepada semua lembaga yang masih kesulitan dalam pembuatan perangkat Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Untuk bunda-bunda PAUD yang membutuhkan Dokumen di atas, silahkan langsung Download saja pada Link yang sudah disediakan di bawah ini:

1. BUKU BUKU KESEHATAN
2. BUKU DATA BB TB STATUS GIZI
3. BUKU KUNJUNGAN TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS
4. BUKU KUNJUNGAN TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS
5. BUKU PENGOBATAN GURU DAN SISWA
6. BUKU RUJUKAN
7. CATATAN RIWAYAT KESEHATAN ANAK

Jika File di atas bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini ke jaringan sosial yang bunda pakai, dan apabila ada kekurangan dalam format yang kami bagikan, silahkan sesuaikan dengan lembaga PAUD masing-masing.

0 Response to "Perangkat Akreditasi PAUD Standar 1 Pencapaian Perkembangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel