Kegiatan Pengembangan Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015
Sunday, 6 September 2015
Add Comment
Perancangan Instrumen
& Struktur Database PAUD
DAPODIK yang valid dan
akurat serta terintegrasi secara Realtime ke DAPODIK melalui Pusat
Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemendikbud sangat dibutuhkan kementerian. Integrasi data PAUDNI ke DAPODIK
dilakukan untuk semua program PAUDNI meliputi program PAUD, DIKMAS, dan LKP, walaupun saat ini masih diprioritaskan untuk
program PAUD.
Sebagai tahap awal
pelaksanaan pengembangan DAPODIK PAUDDIKMAS tahun 2015, sekaligus untuk mereview formulir/instrument DAPODIK dan pemetaan mutu
yang telah disusun pada tahun 2014, perlu disusun dan dirancang formulir / instrumen serta struktur
data basenya. Persiapan ini
dilakukan melalui kegiatan review pengembangan formulir/instrumen, serta fi nalisasi struktur DAPODIK PAUDNI dengan melibatkan unsur
terkait, antara lain Tim DAPODIK Ditjen PAUDNI (Setditjen PAUDNI dan Direktorat terkait, tim DAPODIK PDSP dan Tim Pengembang
DAPODIK Kemendikbud).
Gambaran Aplikasi Dapodik PAUDNI |
Review formulir/instrumen
ini dilakukan untuk merancang dan memfi nalkan formulir/instrumen pendataan program PAUD yang terintegrasi dengan
DAPODIK, memfi nalkan struktur database PAUDDIKMAS, menyusun
formulir/instrumen LKP dan DIKMAS yang terintegrasi serta melakukan review untuk formulir/instrumen
pemetaan
mutu
PAUDNI yang didasarkan formulir/instrumen tahun 2014. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada
bulan Januari 2015 dan Februari 2015.
Perancangan struktur
database meliputi rancangan, penyesuaian struktur data, pengisian data
referensi dan MOCK UP aplikasi DAPODIK. Untuk mempersiapkan pengembangan pendataan Dikmas dan LKP yang terintegrasi dengan
DAPODIK juga akan dirancang dan disusun formulir/ instrumen untuk program
dikmas meliputi lembaga PKBM, TBM dan RUMPIN serta formulir / instrumen untuk lembaga kursus dan
pelatihan.
Pengembangan Apliksi Back-end
& Front-end PAUD
1. Aplikasi front-end untuk
satuan PAUD-DIKMAS meliputi pengembangan aplikasi DAPODIK PAUD (client/lembaga). Aplikasi back-end meliputi
pengembangan migrasi data existing dengan struktur database DAPODIK dan pengembangan aplikasi\ sinkronisasi antara
database PAUD-DIKMAS dengan PDSP.
2. Aplikasi Sinkronisasi
merupakan aplikasi yang berfungsi melakukan/ pengiriman data dari client ke server DAPODIK. Hal ini meliputi pengembangan siknronisasi
di sisi client maupun di sisi server.
3. Aplikasi manajemen
DAPODIK merupakan aplikasi yang digunakan oleh Tim DAPODIK PAUD-DIKMAS provinsi, kabupaten/kota dan satuan
PAUD-DIKMAS. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor kemajuan/perkembangan pengiriman data dari satuan
pendidikan. Selain itu juga menyediakan installer dan updater aplikasi
serta berita seputar DAPODIK.
4. Aplikasi Manajemen Helpdesk,
merupakan aplikasi yang memberikan layanan konsultasi pengguna DAPODIK untuk operator di tingkat dinas
pendidikan provinsi dan kabupaten/kota maupun di tingkat satuan pendidikan.
Penyiapan SDM dan
Infrastruktur DAPODIK PAUD
Penyiapan Sumber Daya
Manusia (SDM) dan infastruktur DAPODIK PAUD berupa Tim DAPODIK merupakan salah
satu bagian yang penting di dalam pengembangan DAPODIK PAUD-DIKMAS.
Tugas tim DAPODIK antara
lain mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan pengelolaan DAPODIK di
tingkat provinsi, kabupaten/ kota dan satuan pendidikan. Kegiatan pertama
adalah pembentukan tim DAPODIK yang meliputi : (1) Penanggung
jawab/koordinator; (2) Tim DAPODIK Pusat yang terdiri dari tim DAPODIK Ditjen
PAUDNI; (3) Tim pengembang DAPODIK; (4) Tim help desk (manajemen help desk yang
didukung oleh Aplikasi help desk dan panduan sistem aplikasi); (5) Tim DAPODIK
provinsi; (6) Tim DAPODIK kabupaten/kota.
Untuk Lebih jelasnya silahkan Download Petunjuk Teknis DAPODIK PAUD-DIKMAS di Bawah ini :
0 Response to "Kegiatan Pengembangan Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015"
Post a Comment