Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Salam Sejahtera - Pada kesempatan ini saya akan membagikan Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Silahkan sobat Download Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD dan Lampirannya. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Adapun Struktur kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memuat program-program pengembangan yang mencakup diantaranya :
a. Nilai agama dan moral;
b. Fisik-motorik;
c. Kognitif;
d. Bahasa;
e. Sosial-emosional; dan
f. Seni.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong perkembangan peserta didik secara optimal sehingga memberi dasar untuk menjadi manusia Indonesia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Pentingnya Kurikulum PAUD 2013 sebab PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur. Salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

Adapun Lampiran Permendikbud 146 Tahun 2014 teng PAUD Adalah Sebagai Berikut :
1.  Kerangka Dasar Kurikulum dan Struktur Kurikulum PAUD 2013
2.  Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
3.  Pedoman Pengembangan KTSP
4.  Pedoman Pembelajaran
5. Pedoman Penilaian
Silahkan sobat Downliad Permendikbud 146 dan Lampirannya di bawah ini :

DOWNLOAD Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD + Lampirannya


Kurikulum untuk anak berkelainan atau berkebutuhan khusus merupakan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan potensi dan kebutuhan anak.

Belajar melalui bermain adalah kegiatan belajar anak yang dilakukan melalui suasana dan aneka kegiatan bermain. Program pengembangan digunakan untuk pencapaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki peserta didik PAUD pada usia 6 tahun.
Jadi Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi dari STPP dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki anak dengan berbagai kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD. Kualitas tersebut berisi gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selengkapnya download Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD melalui tautan diatas Penilaian

Demikian yang bisa saya bagikan tentang Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel