Rangkuman Permasalahan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS Semester Ganjil
Wednesday, 13 January 2016
4 Comments
Salam Sejahtera – Malam ini saya akan merangkum seputar
pertanyaan pada permasalahan Dapodik PAUD DIKMAS Semester Ganjil, saya harap Pertanyaan
dan Jawaban ini membawa sebuah movifasi untuk meningkatkan pendataan pada
Semester Genap yang akan mendatang.
Mungkin kita bingung dengan adanya Apliksi Dapodik
PAUD-DIKMAS, bahkan pertanyaan bermunculan, tapi tenang sobat di sini saya akan
merangkum Pertanyaan dan Jawaban Seputar Permasalahan Dapodik PAUD-DIKMAS silahkan
simak dan pahami di bawah ini :
Pertanyaan : Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK
PAUD-DIKMAS …??
Jawab : Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
Pertanyaan : Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa
dijalankan tanpa koneksi internet?
Jawab : Bisa ..!! Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya
membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan Sinkronisasi.
Pertanyaan : Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan
kode registrasi …???
Jawab : Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
setempat.
Pertanyaan : Apa syaratnya memiliki Kode Registrasi …???
Jawab : Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
Pertanyaan : Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak
terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
Jawab : Mungkin masuk Residu/Perlu Konfirmasi. Kontak
Dinas Pendidikan Setempat, mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut
NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP PDSP.
Pertanyaan : Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar
di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga
tidak terdapat di Verval SP. Apa yang harus dilakukan?
Jawab : Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau
Coba join ke Grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan
bertanya disana
Pertanyaan : Aplikasi yang digunakan sekarang versi terakhirnya
berapa …??
Jawab : Aplikasi 1.1.4, digunakan pada Semester Ganjil
Pertanyaan : Apa bedanya registrasi online dan offline
Jawab : Registrasi online dilakukan di komputer yang
terhubung dengan internet, Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak
terhubung dengan internet, sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib
memiliki kode registrasi dan file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen
di bagian Manajemen Prefill dan Data ==> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
Pertanyaan : Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry
banyak lembaga di satu laptop?
Jawab : Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar,
registrasikan lembaga kedua, keluar registrasikan lembaga ketika dan
seterusnya.
Pertanyaan : Apakah boleh sinkron berkali-kali ..??
Jawab : Boleh.
Pertanyaan : Apa bedanya sinkronisasi online dan
offline ..??
Jawab : Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang
terhubung dengan internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang
tidak terhubung dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi
di komputer yang offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload
di komputer yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian
Manajemen Prefill dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
Pertanyaan : Dimana bisa mengecek status sinkronisasi …?
Jawab : Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen,
bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
Pertanyaan : Kalau saya jalankan update patch pada
Aplikasi Mendatang, apakah data saya akan hilang?
Jawab : Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan
tidak menyentuh data.
Pertanyaan : Sinkronisasi saya statusnya
"Diterima" apa artinya?
Jawab : Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima (Hijau):
Data sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk
antrian proses memasukkan ke database pusat
Proses (Ungu):
Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat Selesai
(Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
Selesai * (Oranye):
Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat,
dalam pemrosesan terdapat pembersihan data.
Gagal Proses (Merah):
Data gagal diproses masuk ke database pusat.
Pertanyaan : Kalau statusnya Selesai, apa berarti
datanya belum aman?
Jawab : Datanya sudah aman diproses ke database pusat,
ada pembersihan data, tapi dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu
melakukan apapun.
Pertanyaan : Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak
bisa masuk ke aplikasi manajemen?
Jawab : Kalau registrasinya dilakukan secara offline,
maka akunnya tidak akan terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke
aplikasi manajemen, silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode
registrasi lembaga tersebut.
Pertanyaan : Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke
Aplikasi Manajemen data Peserta Didik dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
Jawab : Biasanya karena Peserta Didiknya belum
dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi penugasan.
Pertanyaan : Dimanakah saya mendaftarkan diri saya
sebagai Operator di PDSP ..??
Jawab : Silahkan Registrasi di alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
Pertanyaan : Apakah penting Operator Dapodik PAUD
mendaftar di sana ..??
Jawab : Jika Kita melihat OPS Dapodikdasmes sangat
dianjurkan tuk mendaftarkan disana, maka keberadaan OPS Dapodik PAUD DIkmas
sangat disaranakan.
Pertanyaan : Apa kegunaan OPS registrasi di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
Jawab : Sementara ini kegunaan untuk OPS Dapodik PAUD
DIkmas untuk melakukan perbaikan kesalahan data sekolah seperti salah Alamat
Lemabaga dan SK Ijin Operasioanal dan SK Ijin Pendirian.
Demikian Rangkuman Permasalahan dan Jawaban Dapodik
PAUD DIKMAS Semester Ganjil, mudah-mudahan di Semester Genap ini kita sudah
mempunyai bekal dari pengalaman-pengalaman pada semester sebelumnya. Jika
informasi ini bermanfaat silahkan sebarkan ke teman-teman OPS seperjuangan, dan
jangan lupa tinggalkan komentarnya. Terimakasih
Knpa muncuk wrongs trus ga masuk2 loginlocal host th
ReplyDeletesilahkan hapus history browsernya... atau gunakan browser lain
ReplyDeleteData peserta didik di muncul di tabel rombel, mhon petunjuknya
ReplyDeleteMengirimkan data registrasi gagal ( Gagal registrasi: Lembaga ini sudah melakukan registrasi di tempat lain,atau silahkan reset Penngguna dengan menghubungi dinas setempat ).
ReplyDeleteini maksudnya bagaimana? dalam tampilan waktu registrasi cuma samapi 30%