-->
Home » » Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)

Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)

Salam - Sejahtera - Lama Belajar PAUD/ Jam Belajar PAUD. Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) sesuai Kurikulum 2013 PAUD terbaru Permendikbud 146 Tahun 2014.

Silahkan Download Permendikbud 146 Tahun 2014

Lama belajar merupakan keseluruhan waktu untuk memperoleh pengalaman belajar yang harus diikuti anak dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun. Lama belajar pada PAUD dilaksanakan melalui pembelajaran tatap muka.

Salam Sejahtera - Siang ini mudah-mudahan kita diberikan ke berkahan oleh Allah swt. dan Alhamdulilah pada kesempatan ini saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat pada Kotak Komentar yang begitu ramai diperbincangkan. Silahkan para sahabat www.paudbfqnaskdb.blogspot.com simak dengan secara seksama tentang Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS). Pertanyaan sebelumnya yaitu Berapa jam belajar anak PAUD di sekolah ...??? Tentang durasi lama waktu belajar di sekolah PAUD bagi anak sudah ditetapkan dalam peraturan kurikulum PAUD yang dikeluarkan pemerintah.

Belajar melalui bermain adalah kegiatan belajar anak yang dilakukan melalui suasana dan aneka kegiatan bermain. Pembelajaran pada satuan PAUD dilakukan dengan lama belajar dan pelaksana pengasuhan terprogram.

Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) ditetapkan atas dasar kelompok usia sebagai berikut:
  1. Kelompok usia lahir sampai 2 (dua) tahun dengan lama belajar paling sedikit 120 menit per minggu;
  2. Kelompok usia 2 (dua) tahun sampai 4 (empat) tahun dengan lama belajar paling sedikit 360 menit per minggu; dan 
  3. Kelompok usia 4 (empat) tahun sampai 6 (enam) tahun dengan lama belajar paling sedikit 900 menit per minggu.


Bagaimana jika jam belajar sekolah PAUD tidak mencapai Target ...?

Bagi lembaga PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit perminggu, maka wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram.

Bentuk Pengasuhan terprogram sebagaimana dimaksud adalah kegiatan pengasuhan orang tua yang dibina oleh satuan PAUD (Parenting Education PAUD).

Penelitian menunjukkan bahwa masa peka belajar anak dimulai dari anak dalam kandungan sampai 1000 hari pertama kehidupannya. Menurut ahli neurologi, pada saat lahir otak bayi mengandung 100 sampai 200 milyar neuron atau sel syaraf yang siap melakukan sambungan antar sel.

Sekitar 50% kapasitas kecerdasan manusia telah terjadi ketika usia 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berusia 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi 100% ketika berusia 8 sampai 18 tahun.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa stimulasi pada usia lahir-3 tahun ini jika didasari pada kasih sayang bahkan bisa merangsang 10 trilyun sel otak.  Namun demikian, dengan satu bentakan saja 1 milyar sel otak akan rusak, sedangkan tindak kekerasan akan memusnahkan 10 miliar sel otak.

Contoh Jam Belajar PAUD:
TK Kunjung Anyelir memberi layanan untuk anak usia 4-6 tahun sebanyak 3 kali dari pukul 08.00 – 11.00. Seharusnya layanan untuk anak usia 4-6 tahun selama 90 jam / minggu. Berarti TK Kunjung Anyelir kekurangan 56 jam pelajaran.

Maka kekurangan tersebut dilengkapi dengan program pengasuhan yang disusun oleh TK Guru Kunjung Anyelir untuk orang tua peserta didik agar melanjutkan kegiatan pembelajaranna di rimah melalui proses pengasuhan.


Ditulis Oleh : Azzahra Assyifa ~ www.paudbfqnaskdb.blogspot.com

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Standar Lama Waktu Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) . Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Facebook Admin! ::

0 komentar:

Post a Comment