Download Silabus PAUD Kurikulum 2013

Hallo sahabat semuanya, semoga kita dalam lindungan Allah swt, pada kesempetan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Silabus PAUD Kurikulum 2013, dimana silabus ini menjadi perangkat Administrasi Guru PAUD yang harus dipenuhi oleh Tutor / Guru.
Ilustrasi 
Silabus PAUD harus disusun secara sistematis dan berisikan komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian bidang pengembangan pembentukan perilaku dan kemampuan dasar. Silabus PAUD ini berisi hal-hal sebagai berikut :
  • Seperangkat Rencana dan Pengaturan Kegiatan perkembangan berupa : Program Semester (PROMES), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH)
  • Rencana pengelolaan kelas berupa rencana penataan lingkungan pembelajaran, Rencana Kegiatan Awal, Kegiatan Inti dan Kegiatan Akhir;
  • Rencana Penilaian berupa : Rencana bentuk dan teknik penilaian yang akan digunakan.

Untuk menyusun Silabus PAUD, guru harus memahami komponen-komponen yang ada di dalam Kurikulum yaitu sebagai berikut :

1. Bidang Pengembangan

Bidang Pengembangan mencakup pembentukan perilaku dan bidang pengembangan kemampuan dasar.

2. Tingkat Pencapaian Perkembangan

Tingkat Pencapaian Perkembangan merupakan aktualisasi potensi semua aspek perkembangan yang diharapkan dapat dicapai anak didik pada setiap tahap perkembangannya dalam bidang pengembangan tertentu, bukan merupakan suatu tingkat pencapaian kecakapan akademik.

3. Capaian Perkembangan

Capaian Perkembangan merupakan pernyataan perkembangan aktual yang dicapai oleh peserta didik dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu capaian perkembangan pada lingkup perkembangan tertentu

4. Indikator

Indikator merupakan hasil belajar anak yang lebih spesifik dan terukur dalam suatu potensi perkembangan anak untuk menilai ketercapaian perkembangan.

Dibawah ini kami sediakan contoh pengembangan kurikulum TK yang merupakan penjabaran program pembelajaran/kurikulum dan dikembangkan dengan memperhatikan pengalaman guru, kepala dan para pembina TK di daerah, kebijakan pendidikan dan teori pembelajaran untuk anak usia dini, dengan demikian contoh pengembangan silabus ini bisa diterapkan di lembaga TK.

Download Silabus PAUD Kurikulum 2013

Demikian artikel kali ini yang bisa kami bagikan semoba bermanfaat dan jangan lupa share kembali Contoh Silabus PAUD Kurikulum 2013 ini. Terimakasih

1 Response to "Download Silabus PAUD Kurikulum 2013"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel