Cara Memperbaiki Kesalahan Tempat Tanggal Bulan dan Tahun Lahir Guru di Dapodik

Hallo sahabat semuanya mudah-mudahan kita dalam keadaan sehat wal'afiat, pada postingan kali ini Admin akan membagikan Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Tempat, Tanggal, Bulan dan Tahun Lahir Guru di Dapodik, pertanyaan ini sering muncul dikalangan Operator Sekolah bahkan di kalangan Guru atau Kepala Sekolah.

Mungkin bagi Operator Sekolah SD, SMP, SMA, SMK memperbaiki masalah tersebut sudah biasa dilakukan, tetapi di kalangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hal ini mungkin cukup membingungkan bahkan sangat aneh ko bisa salah biodata di Dapodik.

Perlu diketahui kesalahan yang diperbaikai pada Web Verval PTK adalah Tempat, Tanggal, Bulan dan Tahun lahri, NIK, Jenis Kelamin, dan yang Terakhir adalah Nama Ibu Kandung dan selain kesalahan tersebut Bapak/Ibu bisa memperbaiki langsung di Dapodiknya.

Bagaimana Cara Memperbaiki Tempat Tanggal Bulan dan Tahun Lahir Guru di Dapodik?


Nah.. pada postingan ini Admin akan membimbing kepada Bapak/Ibu Guru atau Operator Dapodik PAUD yang belum pernah melakukan Verval atau Perbaikan Data di Web Verval PTK.

1. Langkah Pertama 

Pertama silahkan teman-teman akses Web Verval PTK di Alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id, atau teman-teman bisa langsung Klik DI SINI. kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan silahkan masukan Usser dan Pasword Data SDM teman-teman yang pernah didaftarkan.
Gambar: Langkah Pertama

2. Langkah Kedua

Setelah teman-teman masuk ke Akun Verval PTK, silahkan pilih Menu Pengelolaan kemudian pilih lagi sub menu Perbaikan Data Master, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Kedua
Setelah memilih Perbaikan Data Master akan muncul nama-nama PTK/Guru di sekolah teman-teman, dan silahkan pilih nama Guru/PTK yang akan diperbaiki Datanya, kemudian pilih Edit, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Kedua

3. Langkah Ketiga

Pada langkah ini teman-teman akan menampilkan Data PTK/Guru yang akan diperbaiki, dan silahkan perbaiki data yang mau diperbaikai, misal Nama, Tempat Lahir, Tanggal, Bulan, dan Tahun Lahir, Jenis Kelamin, dan yang Terakhir Nama Ibu, dan jangan lupa Upload bukti fisik berbentuk file JPEG atau PNG.

Misalkan teman-teman ingin memperbaiki tanggal Lahir, teman-teman bisa Upload bukti fisiknya Ijazah saja. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ketiga
Jika teman-teman sudah melakukan Upload berkas, langkah selanjutnya tinggal menunggu Approve/disetujui Perbaikan Data oleh Operator Kabupaten.

Teman-teman juga bisa melihat status perbaikan yang sudah di Approve oleh Operator Kabupaten dengan cara silahkan Sorot Menu Perbiakan kemudian pilih Status Perbaikan Data Master.Lihat Gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ketiga
Jika sudah di Approve tinggal sinkronkan Dapodik PAUD teman-teman jika menggunakan Aplikasi Dapodik Offline, tetapi jika menggunakan Dapodik PAUD Online, teman-teman cukup Login Ke Aplikasi Dapodik Online dan silahkan Lihat data yang diperbaiki.

Mungkin cukup sekian dari Admin Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Tempat Tanggal Bulan dan Tahun Lahir Guru di Dapodik dengan tepat, semoga postingan ini bermanfaat dan apabila masih ada yang belum jelas, silahkan tanyakan langsung pada kotak komentar yang sudah disediakan. Terimakasih

2 Responses to "Cara Memperbaiki Kesalahan Tempat Tanggal Bulan dan Tahun Lahir Guru di Dapodik "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel