Download Manual Book Penggunaan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD

Hallo sahabat Blog PAUD Baitul Fiqri Nasional, pada kesempatan ini mimin akan bagikan Manual Ebook Cara Penggunaan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD. Mimin sangat terkejut dengan pertanyaan-pertanyaan dari berbagai lembaga setiap daerahnya, mengenai Aplikasi SIMDAK BOP ini.

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Berdasarkan RPJMN 2005-2019 peningkatan akses dan kualitas PAUD secara holistik dan integratif merupakan pondasi terwujudnya pendidikan dasar 12 tahun yang berkualitas. Kebijakan Direkorat Jendral PAUD dan Dikmas adalah memperluas layanan pendikan anak usia dini berkualitas melalui ketersediaan Satuan PAUD yang mudah diakses, pendidik yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, peningkatan kualitas partisipasi masyarakat dalam pendidikan anak usia dini, dan dukungan penyelenggaraan anak usia dini, dan dukungan penyelenggaraan PAUD dari pusat, daerah, serta masyarakat.
Gambar: Book Manual Panduan Aplikasi SI BOP PAUD
Program Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dapat meringankan biaya pendidikan terutama bagi anak dari keluarga tidak mampu untuk memperoleh layanan PAUD yang lebih bermutu. Dalam rangka mewujudkan pengelolaan, pertanggungjawaban dan pelaporan pengguan dana BOP PAUD yang akuntabel, tepat sasaran dan tepat waktu maka diperlukan cara yang lebih efektif dan efisien dalam melakukan pemantauan dan evaluasi dana BOP PAUD. Salah satu cara meningkatkan efektifitas dan efisiensi tersebut dengan memanfaatkan teknologi internet

Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemantauan dan evaluasi dana BOP dengan mengembangkan Sistem Informasi pemantauan pelaporan BOP PAUD.

Ada sebagian lembaga di daerahnya, belum pernah mendengar informasi Aplikasi ini, ada juga lembaga menunggu intruksi dari kabupaten masing-masing, ada juga lembaga sudah mengetahui Aplikasi ini tapi malas untuk melaporkan BOP-nya. Ada juga lembaga mau menerima Dana BOP tapi ogah melaporkannya, dan sebagainya.

Download Manual Book Penggunaan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD


Pada postingan kali ini mimin akan bagikan langsung Manual Booknya untuk dipelajari secara mandiri padahal sebelumnya saya sudah posting Cara Input SIMDAK BOP PAUD Tahun 2019.

Perlu diketahui juga yang dilaporkan di Aplikasi SIMDAK BOP ini, bapak ibu menginputkannya komponen saja yang sesuai dengan Juknis BOP PAUD Tahun 2019 

Komponen dan Penggunaan Dana BOP yang Harus dilaporkan sebagai berikut:

1. Kegiatan Pembelajaran dan Bermain

  • Bahan Bermain dan Bahan Belajar PAUD yang dibutuhkan sesuai dengan kegiatan dan tematik
  • Penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE)
  • Penyediaan Alat Mengajar Bagi Pendidik

2. Kegiatan Pendukung

  • Penyediaan Makan Tambahan
  • Pembelian alat-alat Deteksi Tumbuh Kembang (DDTK), Pembelian obat-obatan ringan, dan Isi Kotak P3K.
  • Kegiatan Pertemuan dengan Orang Tua/Wali Murid
  • Memberi Transport Pendidik
  • Penyediaan Buku Administrasi

 3. Kegiatan Lainnya

  • Perawatan Sarana dan Prasarana 
  • Dukungan alat-alat penyedia publikasi PAUD
  • Langganan Listrik, Telepon/Internet atau Air

Itulah 3 Komponen dan Kegiatan di atas yang harus bapak ibu laporkan atau Inputkan pada Aplikasi SIMDAK PAUD, semoga bapak ibu lebih memperhatikan lagi pada Laporan BOP secara online ini, di samping SPJ yang diserahkan ke Dinas Pendidikan masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, silahkan download langsung Manual Book Penggunaan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD di bawah ini:
Dropbox
GDrive

*Jika link mati / tidak dapat diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia
LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!
Mungkin cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan apabila masih ada yang harus ditanyakan silahkan tuliskan pada kotak komentar yang sudah disediakan, baik mengenai Aplikasi ataupun yang berkaitan dengan PAUD. Terimakasih

0 Response to "Download Manual Book Penggunaan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel